Di masa pandemik covid-19 ini banyak karyawan, termasuk para guru, yang bekerja dengan Google, baik Google Docs, Google Sheet, Google Classroom, dan tools Google lainnya. Dalam tutorial ini saya akan membagikan manfaat lain Google Docs yang jarang digunakan.
Untuk yang rada malas ngetik, Google dapat membantu Anda mengubah suara menjadi tulisan. Bahasa singkatnya, Anda bicara, Google yang ngetik. Tools ini namanya Google Docs voice-to-text. Tools (Bahasa Indonesia: perangkat. Tapi saya lebih sreg menggunakan kata ‘tools’ karena lebih familiar di telinga) ini hanya dapat diakses melalui browser Google Chrome, baik melalui PC (komputer), laptop, tablet, maupun smartphone (IOS maupun Android).
Kalau laptop atau HP Anda belum menggunakan Google Chrome, Anda harus install dulu.
Artinya Anda mungkin menggunakan Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, atau lainnya. Anda dapat menginstall Google Chrome dari Mozilla Firefox atau Internet Explorer yang ada di laptop. Untuk HP, cari di playstore atau google play dan install Google Chrome.
Okay, anggap Google Chrome sudah siap di perangkat yang akan digunakan. Langkah berikutnya sebagai berikut.
1. Buka browser Google Chrome.
2. Buka Google Docs google.com/docs/about/ kemudian pilih Docs. Atau langsung ke https://docs.google.com/document/u/0/ kemudian pilih Docs atau Blank. Atau dengan klik link berikut
https://docs.google.com/document/d/1NYHEXQ7fDkWTPaa3jehXm9F5BBcraQIWFI8TbAB4swU/edit
3. Pilih Tools > Voice typing atau bisa dengan menekan ctrl+shift+S.
4. Pilih bahasa yang akan digunakan. Saat ini tersedia 40-an macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
5. Klik click to speak hingga gambar mikrofon berubah menjadi warna merah.
6. Silakan Anda bicara dan biarkan kursor mengetik untuk Anda pada jendela kerja (lembaran kerja dokumen).
Selebihnya mirip saat Anda bekerja dengan MS Word. Misalnya, untuk memisahkan antara kalimat satu dengan lainnya maka tekan spacing di laptop. Begitu juga tanda-tanda baca lainnya, seperti tanda tanya, tanda seru, dan seterusnya. Hal yang sama untuk memindahkan kalimat atau paragraf.
Jika mouse diklik kanan maka akan keluar editing seperti yang berlaku di MS Word, seperti cut, copy, paste, dan seterusnya. Anda juga dapat menambahkan komentar atau catatan (comment), dan editing lainnya melalui klik kanan pada mouse.
Untuk memberi nama dokumen, ada di sudut kiri atas, klik Untitled document dan ganti dengan nama dokumen yang diinginkan. Dalam contoh, dokumen diberi nama Artikel.
Setelah Anda melakukan recording atau mengganti nama dokumen, maka akan keluar konfirmasi di bagian tengah jendela kerja bahwa Google sedang menyimpan dokumen Anda. Setelah dokumen tersimpan maka akan akan muncul All changes saved in drive. File Anda tersimpan di Google Drive secara otomatis dan dapat diambil kapan pun Anda menginginkannya.
Anda juga dapat memindahkan tulisan Anda ke dalam MS Word dengan cara copy-paste seperti biasa atau langsung print.
Jadi…. Untuk yang beralasan tak punya waktu mengetik di depan laptop maka tidak punya alasan lagi dengan adanya Google Docs voice-to-text ini….