Mengapa China Dibaca Tiongkok?

The Great Wall - Beijing

Penyebutan nama beberapa negara disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Misalnya, Switzerland menjadi Swiss, Netherland menjadi Belanda, Germany menjadi Jerman, dan seterusnya.  Tetapi China tentu tidak termasuk kategori ini.

Orang-orang China (dari negara China) menyebut diri mereka China. Secara umum, mereka tidak menyebut negara mereka Tiongkok, kecuali daerah yang berbahasa Hokkian. Trus mengapa kita harus mengubah penyebutan negara China menjadi Tiongkok? Apakah ada sentimen rasial dalam pengubahan nama China menjadi Tiongkok? Saya kira, jika kita kuatir warga negara Indonesia keturunan China (saya termasuk di antaranya) tersinggung dengan penyebutan China, rasanya tidak juga. Jarang sekali warga keturunan China menyebut diri mereka keturunan Tiongkok. Paling tidak, saya belum pernah mendengar.

Bukankah setiap ras ada sisi positif dan negatifnya? Orang-orang China terkenal pekerja keras, tidak segan mengerjakan berbagai jenis pekerjaan, tidak malu dengan status sebagai pekerja tertentu. Hasilnya, banyak orang-orang keturunan China di negara ini yang sukses.

Sisi negatifnya, tradisi China sangat kuat kekerabatannya sehingga kadang kala menyulitkan orang luar untuk membaur dalam lingkungan mereka. Maka China town ada di mana-mana. Tetapi bukankah itu tidak sepenuhnya salah? Dengan adanya China town, masyarakat dapat mengerti budaya China yang biasanya masih tetap dipegang teguh oleh keturunannya.

Kecuali memang sudah berlaku di daerah tertentu penyebutan untuk Tiongkok dan Tionghoa, rasanya tidak ada alasan untuk mengubah penyebutan China menjadi Tiongkok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s