Persiapan Jalan-jalan ke LN

Jika ingin jalan-jalan ke luar negeri tanpa ikut tour guide, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Tentu saja dokumen perjalanan adalah hal yang paling penting.

1) Passport
Harus dipastikan bahwa passport masih berlaku hingga enam bulan ke depan.

2) Visa
Aplikasi visa biasanya dibuat tiga bulan sebelum keberangkatan. Tetapi hal ini tergantung negara tujuan. Ada negara yang menerapkan bebas visa bagi pemegang passport Indonesia, ada juga yang mengeluarkan Visa on Arrival (VoA). Untuk VoA dapat dibayarkan di bandara negara tujuan. Beberapa negara bahkan telah memberlakukan e-visa. Pembuatan e-visa hanya memerlukan waktu kurang dari sepuluh menit. Jadi bisa dibuat beberapa hari sebelum keberangkatan. Pembayaran e-visa biasanya menggunakan kartu kredit (credit card).
Jika penerbangan mengharuskan transit cukup lama dan kita berniat jalan-jalan ke luar bandara selama waktu itu, maka visa negara transit juga diperlukan. Tetapi jika hanya akan berada di bandara, hanya diperlukan visa negara tujuan

3) Tiket perjalanan
Perhatikan tiket perjalanan ke luar negeri dengan benar agar tidak terlalu mepet dengan waktu kedatangan sementara kita sudah harus melanjutkan penerbangan berikutnya. Paling aman adalah menggunakan maskapai yang sama (connecting flight) jika penerbangan ke negara tujuan tidak bisa ditempuh dengan penerbangan langsung.
Jika waktu transit terlalu mepet untuk untuk penerbangan berikutnya, maka maskapai bersangkutan akan memindahkan jadwal yang sesuai tanpa perlu membayar lagi. Bahkan beberapa maskapai asing bersedia menunggu pesawat yang sedikit terlambat atau jika penumpang transit harus melalui imigrasi yang cukup lama.
Di beberapa negara, penumpang transit tetap harus melalui proses imigrasi meskipun tidak serumit imigrasi jika kita telah keluar dari bandara.

4) Uang tunai
Uang tunai yang dibawa tergantung negara tujuan. Saya cenderung membawa dolar Amerika (USD) meskipun ke Eropa. USD mudah ditukarkan. Saya hanya membawa USD secukupnya sekedar pegangan awal untuk makan selama transit (jika transit cukup lama) dan transportasi menuju hotel.

5) Kartu kredit atau ATM atau kartu debit
Pastikan kartu yang akan digunakan mempunyai logo mastercard atau visa. Kartu dengan logo tersebut dapat menarik tunai di semua ATM berlogo sama di negara mana pun. Uang yang ditarik tentu saja mata uang negara tempat melakukan transaksi. Beberapa negara menyediakan ATM yang dapat mengeluarkan beberapa jenis mata uang, misalnya USD, euro, dan mata uang lokal negara bersangkutan.
Saya selalu hanya menyediakan saldo secukupnya di dalam tabungan yang saya bawa agar tidak kebobolan. Meski bukan tipe pembelanja, cuci mata di negara asing kadang membuat lapar mata. Apalagi jika barang yang dijual tergolong jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Meskipun saya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, bisa jadi saya membelinya.

Persiapan dokumen sudah selesai, selanjutnya adalah barang yang wajib dibawa. Tapi akan dibahas dalam tulisan berikutnya, ya.

Dapat juga dibaca di : http://www.kompasiana.com/wyddyer/persiapan-jalan-jalan-ke-luar-negeri_59288cbcb793737e5e157b6a

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s