Social Media? Thanks, But NO!

Facebook (FB), Twitter, Instagram, Path, dan entah apa lagi nama-nama sosial media lainnya dengan pemakai berjumlah jutaan.
Entah apa menariknya sosial media bagi jutaan penggunanya. Buat saya, ga ada bagian dari empat sosial media yang saya sebutkan di atas -karena hanya itu yang saya tahu- menarik perhatian untuk membuat saya punya akun.

Orang bilang FB bisa menyalurkan hobi menulis, ada ruang untuk itu. Lah, kenapa ga mengelola sebuah blog aja sekalian, kalau memang suka menulis? Bukanlah blog akan memberikan ruang kreativitas lebih besar dengan tulisan jauh lebih panjang? Sayangnya pembaca blog di Indonesia semakin hari semakin sedikit. Jumlah penulis blog yang aktif kelihatannya juga makin berkurang.

Orang bilang, bisa memposting foto di beberapa sosial media. Bukannya itu membahayakan, terutama buat Muslimah? Bukankah menyebarkan foto dan kemudian membuat orang lain (lawan jenis) suka atau tertarik -terutama secara fisik- sama artinya menambah panjang deretan dosa? Akh, itu kan faham yang saya anut, mungkin berbeda dengan orang kebanyakan.

Saya sempat menggunakan Twitter, sempat di-hacked sekali, saya bikin lagi yang baru, sebelum akhirnya keluar.
Saya bergabung dengan Twitter karena sebuah tulisan yang menyebutkan Axl Rose kadang kala menuliskan “sesuatu” di akun Twitter-nya. Saya sepertinya sangat ingin mengetahui berita terbaru tentangnya dan Guns N’ Roses. Untung lah akhirnya mereka aktif kembali. Dan tentu saja saya ga perlu Twitter lagi, karena jutaan website akan berlomba-lomba menuliskan kabar teranyar tentang Axl maupun Guns N’ Roses setelah come back.

Saya pernah meminta anak saya membuat dan mengelola FB ketika setiap orang setengah memaksa. Anak saya bilang: “Ga usah, Ma. Mama ga cocok punya FB.” Huh?!

Jika di sekolah rekan-rekan guru saling sharing gosip dari FB, saya hanya tertawa. Jika pun saya nekat bertanya untuk menuntaskan ‘ke-kepo-an’ saya, paling-paling hanya menerima balasan: “Hanya untuk yang punya FB.”

Leave a Reply

