Jenderal (Purn) Itu Dituduh Makar

m-tempo-co

Saya adalah salah satu yang bangga Indonesia memiliki Mayjen (Purn) Kivlan Zein. Saya mengenal beliau sejak peristiwa 1998, saat yang sama saya melihat lebih sering Letjen (Purn) Prabowo Subiyanto dan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin di televisi. Yang saya lihat saat itu dengan mata muda saya adalah ketiga jenderal itu adalah orang-orang besar yang darahnya jelas untuk merah putih.

Ketika malam ini saya menonton televisi (sesuatu yang amat jarang saya lakukan), saya terkejut amat sangat. Dan sedih. Jenderal Kivlan Zein ditangkap dengan tuduhan makar. Tanpa mencari tahu di Google, dengan pengetahuan saya yang sangat sempit, saya perkirakan makar menuju penjatuhan presiden. Dan sepengetahuan saya (tanpa bantuan Google juga), pelaku makar -jika terbukti- akan dijatuhi hukuman mati.

wikipedia-co-id
Saya ga mengikuti perkembangan politik dan memang ga pernah tertarik pada politik, sehingga saya ga mengetahui sepak terjang Sang Jenderal setelah kasus 1998. Namun saya kok yakin bahwa jiwa raga Sang Jenderal tetap lah merah putih, meski -misalnya- kejadian terburuk harus dilaluinya setelah peristiwa 1998. Saya kok tetap yakin nasionalisme beliau masih segagah saat masa jayanya. Saya kok tetap yakin bahwa beliau bukan tipe orang yang tergiur menggadaikan perjuangannya membela merah putih dengan sebuah jabatan. Dan saya kok masih yakin bahwa beliau tidak gentar menghadapi tuduhan apa pun asalkan untuk merah putih.

Apa pun perkembangan berita selanjutnya setelah tulisan ini dibuat, saya sebagai salah seorang yang mengenal beliau dari jauh, tentu berharap bahwa tuduhan itu tidak benar dan tidak terbukti benar.  Karena di hadapan murid-murid saya, saya kerap belagak ‘sok’ nasionalis dan berusaha menularkan nasionalisme yang sama. Meski saya dan petugas-petugas yang menangkap Sang Jenderal hari ini mungkin harus mempertanyakan apakah kami mampu mengalirkan merah putih di aliran darah dan denyut nadi kami seperti yang dimiliki Sang Jenderal.

Leave a Reply

