Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dengan Fenugreek

Tulisan ini bukan iklan. Tetapi setelah berhasil mengatasi kerontokan rambut, dan berhasil juga pada orang-orang di sekitar saya, saya ingin membaginya untuk Anda yang sedang mencari solusi mengatasi rambut rontok. Silakan klik di sini atau HERBAL di bagian atas kanan blog ini. 

FenugreekBertahun-tahun saya menyisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang, itu pun masih tetap rontok puluhan lembar setiap kali menyisir. Akhirnya saya menjadi takut menyisir meski dengan sisir bergigi jarang. Saya hanya sesekali, sekitar 2-3 kali dalam seminggu, menyisir menggunakan sisir. Selebihnya, saya menggunakan jari-jari tangan untuk merapikan rambut. Bermacam cara sudah saya lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari menggunakan beragam zat kimia (sampai yang harganya ratusan ribu per botol) dan herbal, menggunakan shampoo anti hair fall, melakukan pemijatan kulit kepala secara rutin, dan sebagainya, dan lain-lain. Hasilnya: NOL BESAR.

Sulit menggambarkan betapa mengerikan kerontokan yang saya alami. Putra bungsu saya beberapa kali berujar: ‘Untung rambut Mama tebal, meski rontok demikian banyak, masih memiliki rambut. Kalau orang berambut tipis dengan kerontokan seperti mama, pastilah sudah botak bertahun-tahun lalu.’ Hasil jalan-jalan, saya membaca di beberapa website luar tentang mengatasi rambut rontok. Semua website itu menyertakan satu zat atau herbal bernama fenugreek. Gila, bahan berkhasiat itu, yang diklaim ampuh mengatasi kerontokan, ada di rumah saya sejak lebih dari setahun lalu, pemberian seorang teman importir dari Mesir. Tapi tak pernah saya sentuh! Saya bahkan memberikan gratis kepada teman yang baru melahirkan untuk memperbanyak air susunya. Dari cerita teman ini, katanya sang ayah juga mengkonsumsi untuk menurunkan kadar gula darahnya. Dan keduanya -memperlancar air susu dan menurunkan gula darah- terbukti buat teman saya dan ayahnya. Namun tak membuat saya bergeming untuk mencoba pada diri sendiri.

Setelah membaca ulasan di berbagai website tersebut, saya mencobanya, meski tak sedikit pun percaya. Saya sungguh kaget, karena di hari ketiga pemakaian, kerontokan sangat berkurang. Memasuki satu minggu, saya benar-benar terbebas dari rambut rontok. Adik ipar yang awalnya mulai terlihat pitak di kepalanya dan keponakan saya yang mengalami kerontokan sejak mengenakan jilbab, akhirnya tertarik mencoba. Begitu juga dengan orang-orang di sekitar saya yang akhirnya mencoba karena tahu parahnya kerontokan yang pernah saya alami. Semua memberikan respon positif. Mereka sekarang bisa tersenyum lebar karena telah terbebas dari kerontokan rambut.

Apa Khasiat Fenugreek?

Selain mengatasi kerontokan dan kebotakan, baik pada pria maupun wanita, fenugreek ampuh mengatasi ketombe dan gatal di kulit kepala.

Fenugreek diakui dunia kedokteran mengandung bahan memperlancar air susu ibu. Fenugreek juga terbukti mengencangkan payudara. Pada beberapa kasus, fenugreek mampu membantu memperbesar payudara, jika pemakaiannya disertai pemijatan payudara. Untuk  membantu memperbesar payudara secara signifikan, bubuk fenugreek lebih disarankan.

Fenugreek dikenal dalam dunia medis mengandung bahan yang mampu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Untuk hal ini, fenugreek biasanya dikonsumsi sebagai bagian dari makanan atau dijadikan teh layaknya teh herbal. Selain itu, pada banyak pengguna, fenugreek bermanfaat membantu mengencangkan kulit dengan membalurkan pasta fenugreek di atas kulit tubuh atau wajah. Treatmen ini harus dihindari oleh orang-orang yang berkulit sensitif.

Saya berbagi cerita ini, karena saya tahu bahwa banyak orang di luar sana masih mengalami kerontokan rambut, bahkan ke tingkat yang mengerikan seperti yang pernah saya alami. Mudah-mudahan apa yang saya buktikan dapat membantu Anda yang sedang memiliki masalah serupa.

16 December 2014 - Posted by | Personal |

10 Comments »

  1. thanks bu wyd, saran dan solusinya sangat membantu.

    Pertama kali membawa fenugreek dan ceritanya ke rumah saya kurang yakin, karena sudah berbagai cara saya tempuh untuk mengatasi masalah kulit kepala. Bukan cuma rontok atau ketombe. Apabila diraba seluruh bagian kepala saya terasa bentol bentol yang sangaaaat gatal. Bahkan sampai ke leher bagian belakang.Entah berapa banyak obat kimia, obat cina, jamu jamuan yang saya konsumsi.

    Justru suami saya yang pertama kali mencoba untuk menghilangkan ketombe dan kerontokan rambutnya. Tiga hari setelah mencoba suami saya tersenyum bahagia karena terbebas dari masalah kepalanya. Barulah saya tertarik mencoba.

    Ajaib… di hari kedua saya mencoba sudah terasa khasiatnya. Bentol bentol dan kemerah merahan di kulit kepala dan leher bagian belakang saya berkurang dan berangsur sembuh.

    Kami sekarang benar-benar tersenyum lebar🙂

    Comment by Indah Detila | 15 January 2015

  2. @Indah Detila: Thanks, Sensei Indah. Fenugreek yang asli memang berkhasiat. Moga makin saling sayang dengan suaminya.

    Comment by wyd | 15 January 2015

  3. anak saya beberapa saat lalu juga mengalami kerontokan,,, coba nanti saya kontaknya.. semoga membantu

    Comment by Budisastro | 21 January 2015

  4. Saya kopi lagi komen saya di sini. Setelah pemakaian 4 hari berturut-turut, saya bebas dari ketombe, gatal di kepala, dan rontok rambut. Saya akan pakai 1-2 kali seminggu untuk yang berikutnya. Semoga rambut saya bisa lebih tebal. Cara murah dan simpel untuk masalah rambut. Terima kasih, pak.

    Comment by Atik - Jakarta | 26 January 2015

  5. info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Adri

    Comment by Eva | 4 February 2015

  6. mbak Wyd, sudah lama ngga jalan-jalan kemari. Btw, itu produknya yg dijual di sms nya ke nomor telepon yg jual produk itukah?

    Dijual berapaan ya?

    Comment by Goda-Gado | 26 March 2015

  7. sist, fenugreek ini diminum ya? sekotak in harganya brpaan ya? thx b4^^

    Comment by @NixRokujuichi | 9 May 2015

  8. @NixRokujuichi: silakan check di sini, mbak https://wydpress.wordpress.com/bisnis/

    Comment by wyd | 10 May 2015

  9. Cara nya gimana klausul untuk rambut

    Comment by suprihatin | 26 September 2016

  10. @suprihatin: ada dalam brosur, Mbak/Bu. Dioleskan ke kepala.

    Comment by wyd | 26 September 2016


Leave a Reply

