Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Indonesian Scammers

0degYRoqkPekerjaan saya banyak dilakukan melalui internet atau telepon. Internet diperlukan untuk bolak-balik mengirim e-mail atau pencarian berbagai data dan kontak yang diperlukan. Setelah sekian tahun menekuni pekerjaan semacam ini, saya menemukan banyak sekali scammer asal Indonesia di berbagai website bisnis. Saking banyaknya scammer alias penipu yang berpura-pura berada dalam suatu bisnis tapi tak punya kontak apa-apa, seorang client pernah menulis begini di salah satu forum bisnis: ‘Jangan pernah percaya pada eksportir dari Indonesia atau Malaysia karena mereka semua cuma scammer’.

Pengalaman pribadi saya membuktikan hal itu nyaris benar. Satu contoh, setelah wara-wiri di dunia maya untuk mengumpulkan berbagai kontak yang menyediakan alamat e-mail atau nomor telepon, saya menghubungi mereka satu per satu. Dari 44 nomor telepon atau HP yang terpasang di berbagai website bisnis, hanya 5 yang tersambung.

Lucunya, suatu siang sekitar jam 12, saya menghubungi salah satu nomor yang tersambung dan menanyakan apakah itu nomor telepon kantor PT. X. Si wanita yang menjawab telepon saya tak mengiyakan. Saya tanya kedua kali, si wanita bilang: ‘Eeenggg… Tunggu bentar, ya, Mbak’. Saya menunggu beberapa menit. Kemudian saya dengan jelas mendengar wanita itu berbisik-bisik keras: ‘Pa, Pa, Pa bangun’. Segera saja saya tutup telepon. Itu pasti bukan kantor sebuah PT. Masa’ jam 12 siang masih tidur di kantor?

E-mail scammer yang ngaku pebisnis itu pun sama tak aktifnya. Salah satu e-mail yang aktif, membalas e-mail saya dengan pertanyaan lucu. Ini yang ditanyakan: ‘Maaf Pak, apa yang Bapak maksud L/C, FOB, dan Quote?’ Wah, gila!

Menurut saya, Indonesia belum siap berbisnis global melalui internet kecuali untuk katagori online shopping untuk fashion. (Sorry, I’m proud of being an Indonesian but I shouldn’t hide a truth about my lovely country, should I?).

15 December 2013 - Posted by | Internet | ,

2 Comments »

  1. bisnisnya apa bu… no kontak saya kok gak pernah dihubungi….?

    Comment by Budisastro | 22 December 2013

  2. Klo ke bandung kontak sy di bb 26da7f89

    Comment by Bangcakrud | 2 November 2014


Leave a Reply

