Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Bertameng Agama

Seorang teman bertanya dengan terjemahan bebas berikut ini:
“Dulu saat pertama bertemu dan saya bertanya siapa kamu, kenapa kamu menjawab ‘I’m Wyd and I’m a Muslim’. Dan saat kita bertemu dengan orang yang baru dan dia menanyakan hal yang sama, kamu juga menjawab dengan jawaban yang sama. Kenapa kamu selalu menyebutkan agamamu dalam perkenalan pertama?”

Wah, saya tidak tahu harus menjawab apa. Itu hanya kebiasaan memperkenalkan diri, terutama pada orang asing, yang umumnya non Muslim menurut perkiraan saya. Kadang saya juga memperkenalkan diri dengan mengatakan: ‘I’m Wyd and I’m blessed being a Muslim.’

Jangan tanya alasan paling tepat saya melakukan itu. Saya sudah lupa kapan pertama saya lakukan dan kenapa. Mungkin –hanya mungkin- karena saya kuatir adanya perbedaan pandangan antara saya dan teman dari negara liberal tentang hubungan pria-wanita. Mungkin saya merasa aman dan nyaman jika dikenal sebagai Muslim agar tak sibuk menjelaskan ini-itu, karena umumnya orang asing yang tak biasa bergaul dengan Muslim beranggapan adanya batasan-batasan yang membatasi umat Islam. Bukankah akan lebih mudah menolak alkohol yang ditawarkan karena ‘I’m a Muslim’? Atau seorang teman akan dengan mudah saya tolak melakukan ‘macam-macam’ karena ‘It’s not allowed in Islam because I’m a Muslim’.

Waduh, agama malah jadi tameng saya.
Anda punya kebiasaan sendiri untuk memperkenalkan diri?

24 March 2011 - Posted by | Agama |

11 Comments »

  1. Baguslah bila tameng digunakan sesuai fungsinya. Yang buruk ialah bila tameng dipakai untuk memukuli demonstran. Jadi, silakan pakai agama sebagai tameng, asalkan sesuai dengan fungsinya.

    Comment by Ma Sang Ji / 마상지 | 24 March 2011

  2. aku punya ma’am!
    “My name is Ara and i’m not a terrorist. trust me, it works (?)”

    Comment by ara | 24 March 2011

  3. saya setuju bu, tapi saya gak pernah kenalan dengan orang asing sih,…

    Comment by budies | 25 March 2011

  4. seperti kata ara, jadi teringat film “My name is Khan” xD

    Comment by vandeput | 29 March 2011

  5. mantabs, bu..
    kali waktu saya ke palembang, saya ke tempat ibu, ya. salah satu murid ibu, seorang putri ampera, insyAllah jadi saya boyong ke jawa.
    dia banyak cerita soal ibu.
    ternyata ibu galak di kelas, ya.
    dan ternyata, tulisan2 ibu seringkali sejuk. hehehehe..

    Comment by Hafid Algristian, dr. | 30 March 2011

  6. @Hafid Algristian, dr. ditunggu info bahagianya. guru2 17 mendoakan perjalanan kalian lancar dan selalu diberkahi Allah SWT.

    Comment by wyd | 31 March 2011

  7. agama tercermin dari akhlak kita ya, bu…

    Comment by BaNi MusTajaB | 1 April 2011

  8. luar biasa mas.. (sebenare mas/mbak sih?)
    sy bangga dengan mas wyd.
    apa sampeyan sering berhadapan dg orang asing?
    terus apa sampeyan melakukannya hanya kpd org asing atau gimana?
    sy malah pengin mencobanya…

    Comment by Goda-Gado | 3 April 2011

  9. it sounds nice ^_^

    Comment by tiaranr | 15 April 2011

  10. gan boleh tukaran link gak ?? kalo boleh mampir ke blog saya yaw,, sambil tengok sedikit…

    saya tunggu kehadirannya dan berita baiknya.. salam.

    Comment by bludus | 24 April 2011

  11. Assalamu’alaikum, Bu🙂 apa kabar? Rizka kangen sama ibu😥 Rizka pikir semenjak ibu bilang mau beristirahat di blog ibu waktu itu, ibu sudah tidak menulis di blog ini, tapi ternyata dilanjutkan lagi ya Bu.. wah.. berarti banyak tulisan ibu yang terlewatkan oleh Rizka untuk dibaca.

    Agama sebagai tameng? hmm klo itu bisa memperkuat keimanan kita kepada Allah, Rizka setuju😉..

    Semoga Allah selalu memberikan kemudahan kepada ibu dalam setiap urusan A..min.

    Oh iya Bu, Rizka juga baru buat blog di wordpress, Rizka izin untuk membuat link ke blog ibu ya🙂

    Comment by R_H_ | 12 June 2011


Leave a Reply

