Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Thx God, I’m Still Alive!

Kesehatan saya makin memburuk sejak setahun lalu. Diagnosis kelainan genetik dalam darah yang harus saya tanggung seumur hidup makin terasa dampaknya dalam tubuh saya. Sudah terlalu banyak obat yang harus saya telan setiap harinya. Dengan cek Hb terakhir hanya 8,5 dokter meminta saya istirahat panjang. Tapi it’s something impossible. Meninggalkan pekerjaan sama artinya membiarkan tubuh merasakan sakit yang lebih.

Saya tak mau menyerah pada rasa sakit. Kalau sudah tak tertahankan, saya tambahkan dosis pengobatan. Tak berdaya menentang keadaan membuat saya justru makin kuat berupaya memperbaiki kesehatan. Memiliki kesedihan adalah manusiawi sekali, tapi terlarut dalam kesedihan tak berujung hanyalah manusia bodoh.

Seperti ayah saya yang tak pernah mengeluh, yang berjuang mengalahkan analisis dokter bahwa ayah hanya bisa bertahan tiga bulan setelah cek pertamanya di rumah sakit. Meski tubuh ayah akhirnya menyerah tepat seperti prediksi dokter, namun hingga hembusan nafas terakhirnya, ayah tetap tak pernah menunjukkan rasa nyeri itu lewat rongga suaranya. Saya adalah cetakan ayah dalam versi wanita. Mungkin terkesan sok kuat, namun saya memilih tidak menyerah pada diagnosis manusia yang disebut dokter.

Dalam satu kesempatan, saya melakukan napak tilas kehidupan masa muda. Saya mengunjungi dan berbagi beban dengan sahabat-sahabat tercinta masa remaja. Kami mengunjungi tempat biasa kami menghabiskan waktu: pantai. Di sana saya tumpahkan air mata. Di sana saya mendapat pelukan terhangat seperti pelukan yang saya peroleh saat saya tumpahkan lelah hati usia muda. Di sana saya disuguhkan keajaiban alam yang tak disuguhkan-Nya pada banyak orang.

Dengan cinta dan rasa dibutuhkan, saya hidup. Setidaknya, waktu yang telah saya tempuh mengalahkan prediksi dunia kedokteran. Dan setidaknya, perjuangan saya untuk bertahan membuat saya mampu berdiri tegak di saat dokter menyatakan seharusnya dengan kondisi ini saya hanya mampu tergolek di atas pembaringan.

Buat saya, Sang Empunya Kehidupan adalah Maha Penyimpan Rahasia. Dia yang menentukan kapan saya akan dilahirkan. Hanya Dia yang tahu kapan saya harus kembali. Sebelum saat itu tiba, saya tak boleh lengah bersiap namun tak layak berputus harap. Saya mencintai hidup ini sama besar dengan cinta saya bertemu Sang Pencipta.

PS. Thanks buat semua yang telah mendoakan kesehatan saya membaik.

18 October 2010 - Posted by | Personal | , ,

29 Comments »

  1. SEMANGAT…SEMANGAT…SEMANGAT…
    aku ga bisa bantu apa2 ya, mungkin cuma bisa doain aja semoga selalu bisa semangat menjalani hidup yang Tuhan beri ini.
    Badan boleh sakit, tetapi hati jangan jadi sempit…
    Badan boleh lemah, tetapi semangat jangan patah…
    Hidup memang tak selalu hadirkan senyum, tetapi ternyata airmatalah yang lebih mudah membuat kita jadi manusia sebenarnya..semoga🙂

    Comment by dodi3384 | 20 October 2010

  2. Bu Guru Wyd
    Saya ikut prihatin dengan keadaan Ibu.
    Namun demikian saya percaya Ibu dapat mengatasi semua itu.
    Mengatasi rasa sakit dan mengatasi kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul di dada.
    Tuhan Maha Besar…
    Dia lebih mengetahui keadaan hamba-hambaNya
    Karena itu teruslah berprasangka baik kepadaNya.
    Semoga Ibu dapat menerima ujian ini dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
    Semoga Dia memilihkan jalan yang terbaik buat Ibu.
    Semoga Ibu cepat sembuh…amin..
    Agus Siswanto (BaNi MusTajaB)

    Comment by BaNi MusTajaB | 21 October 2010

  3. Semangat ma’am!
    Tetep jd rocker kimia di kelas ya ma’am🙂

    Comment by Ara | 21 October 2010

  4. Mbak…saya heran kenapa jagoan macam spiderman, superman itu banyak cowok, jarang ada pahlawan macem begitu yang cewek, paling cuma wonder woman…padahal di mata saya, wanita jauh lebih tangguh dari pria…dimulai dari hamil, melahirkan, merawat anak, sambil bekerja lagi. ….Sampeyan sungguh cocok jadi jagoan seperti wonder woman itu mbak…tangguh, pantang menyerah…

    Senang sekali mbak kembali…
    saya yakin sampeyan bisa melawan penyakit tsb…

    btw, istri saya melawan kanker leher ganas tahun 2002..sampe sekarang tetap fight…padahal cuma diprediksi tahan 2 tahun. dia juga termasuk wonder girl saya.

    Comment by dat | 22 October 2010

  5. dulu ketika pertama membaca grafik persoality, saya yakin bahwa saya bertemu perempuan perkasa., makanya saya agak heran manakala ibu memutuskan berhenti ngeblog sementara tanpa menyebutkan alasan
    Kini saya semakin yakin bahwa ibu memang perkasa, pantas diteladani

    Comment by budies | 22 October 2010

  6. cheer up mam! I know you can fight with your disease. I know you as a never-give-up person! And hell yeah, your life is in God’s destiny🙂

    SO many people who loves you will be beside you, mam🙂

    Comment by ulfa wahyunie | 22 October 2010

  7. tante wyd..
    apa pun itu. bagaimana pun itu.
    jangan Lupa untuk seLaLu merasa bahagia.. agar seLaLu sehat meski sakit bagaimanapun..

    saya seLaLu mendoakan untuk kesembuhannya.. semangat *peLuk

    Comment by tuannico | 22 October 2010

  8. misi, numpang jalan jalan aaah. udah lama gak kemari:mrgreen:
    #blogwalkingdipagiharibikinsehat😀

    Comment by nyurian | 23 October 2010

  9. kalo kata “the secret” yg penting di pikiran kita selalu kita canangkan bahwa kita sehat…

    Comment by nyurian | 23 October 2010

  10. yesterday is history, tomorrow is mystery, today is a gift..

    Comment by adhiwirawan | 23 October 2010

  11. welcome back ma’am!

    kalo kata dewa: “hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti”
    justru ketika kita berhenti berjuang, kita tidak lagi merasa “hidup”..
    hup hup hup. semangat ma’am!

    Comment by putrijump | 23 October 2010

  12. ibu kenapa, bu?
    tetep semangad, yaa..!
    saya cuma bisa bantu doa dari sini.. tetep menulis, bu.. setiap perjalanan harinya ditulis di sini ya, bu.. supaya temen2 bisa ngikutin..🙂
    ttp semangad, bu!

    Comment by Hafid Algristian | 25 October 2010

  13. tetap semangat..dan tetap bersemangat untuk berdo’a

    Comment by bolehngeblog | 25 October 2010

  14. Bu Wyd, semoga Tuhan melindungi dan melimpahkan kasih sayangnya pada Ibu. Jangan menyerah. Saya hanya bisa mendoakan dari jauh. Semangat Bu.

    Comment by enggar | 26 October 2010

  15. sudah lama bikin blog ya.
    salam persahabatan dari saya.
    hidup ini terlalu indah, selamat menikmati.

    Comment by budak bandung | 29 October 2010

  16. Terkadang apa yang menurut logika manusia TIDAK MUNGKIN terjadi adalah salah. Karena sesungguhnya apa yang kita takuti akan menjadi sesuatu yang kita dambakan. Terkadang, kita mensugesti diri kita bahwa itu adalah buruk padahal kenyataannya yang kita anggap buruk adalah bagus, yang kita anggap salah adalah benar, dan yang kita anggap tidak baik adalah baik untuk kehidupan kita. Saya sangat setuju dengan kata-kata “Dengan cinta dan rasa dibutuhkan, saya hidup”, karena itu lebih baik daripada kita yang secara nyata hidup tetapi tanpa adanya rasa cinta dan dibutuhkan orang lain. Hidup yang demikian layaknya hidup yang tak berguna. Memang hidup penuh dengan perjuangan, dan manusia tidak boleh berhenti untuk memperjuangkan apa yang menurutnya benar^^
    So, cheer up ma’am.. all of us know that you will not give up, and never will do it🙂

    Comment by Azora - KIRANA | 18 November 2010

  17. semangat terus mam wyd,salut sama mam wyd bisa tegar sampe sekarang🙂
    kita hidup memang untuk mendapatkan kebahagiaan, tapi selama kita hidup, tuhan memberi kita cobaan. kita harus mampu melewati cobaan itu karena semakin kita berjuang melewati cobaan itu, maka tuhan semakin ingin memberikan cobaan yang lebih agar kita bisa bertahan didunia.
    separah apapun cobaan yang kita dapat, dengan adanya tujuan hidup dan support dari orang tersayang maka takkan pernah terasa semua rasa sakit yang dialami.
    saya yakin walaupun didalam mam sakit, tapi diluar mam tetap telihat sehat, mam bisa mengalahkan orang yang benar-benar memiliki kondisi yang sehat.
    mam wyd adalah inspirasi hidup saya untuk hidup selalu tegar dan masa bodoh dengan semuanya. semoga saya selalu bisa melihat mam seperti sekarang, love you mam wyd🙂

    Comment by astrit kirana-kirana | 18 November 2010

  18. hidup di dunia merupakan sebuah perjuangan besar dalam menata kehidupan kita menjadi orang yang berhasil baik dalam dunia maupun akhirat. terkadang di anugerahkan sebuah penyakit dari tuhan adalah suatu cobaan besar dalam hidup. ketika orang lain dapat melakukan sesuatu yang biasa dilakukan manusia, sedangkan kita hanya bisa melihat dari jauh dan meratapi segala sesuatu hal yang telah terjadi. sesungguhnya aku sangat salut melihat perjuangan mam wid dalam melawan penyakit yang di diagnosis dokter bahwa itu sudah sangat parah. mam merupakan seseorang yang dapat dijadikan sebagai salah satu contoh dari banyaknya orang yang mengalami hal seperti itu. banyak sekali orang yang menyerah dan pasrah dengan hal itu. teruslah tersenyum mam karena sesungguhnya dengan senyuman kita dapat menghilangkan sejenak semua masalah yang terjadi dalam diri kita. berkumpul dengan sanak saudara dan teman-teman salah satu cara ampuh untuk melawan rasa gundah:)

    Comment by Najlawati Laitifah S - Kirana17 | 18 November 2010

  19. kehidupan adalah sebuah perjalanan yang amat panjang namun begitu singkat sadarnya. kadang, mereka dan saya hanya takut ataupun sedih dengan sebuah benalu di dalam dirinya.
    cobaan datang silih berganti tetapi hanyalah ketakutan yang saya miliki, tidak oleh mam, walau tersimpan sesuatu hal menyiksa di dalam diri mam yang amat sulit untuk dihalingkan terlihat begitu kuat di luar. kehidupan dan kehidupan tanpa cobaan adalah sebuah mimpi yang tak satu orang pun mendapatkannya dan tak dapat digapai. namun, kehidupan dan kehidupan yang penuh cobaan akan tetapi dilalui dengan semampunya tanpa memimikarkan apa selanjutnya cobaan yang diberikan-Nya adalah sebuah mimpi yang semua orang dapat menggapainya. mam wid, Anda begitu nampaknya. terlihat sangat kuat, namun tak ku lihat sedikitpun nyaytanya. semangatmu, yang membuat itu. Anda bisa mengalahkan banyak orang di luar sana. anda adalah sosok inspirasi nyata bagi saya.

    Comment by nyimas amalia hanifah-kirana | 18 November 2010

  20. kehidupan itu bagaikan sebuah permainan dimana kita dijadikan pemain yang harus berjuang terus hingga permainan selesai. Begitu pula dengan mam, mam harus berusaha. Walaupun menderita penyakit separah apapun pasti selalu ada tuhan disamping mam. sebaiknya melakukan hal yang terbaik dan berbahagialah atas apa yang kita perbuat tersebut. Jika mam lebih mendedikasikan setiap hari demi pekerjaan daripada beristirahat panjang mungkin itulah pilihan terbaik. Mungkin jika kita melihat ke sisi lain ternyata masih banyak orang yang lebih sengsara dan menderita, kita disini hanya bisa bersyukur atas nikmat Tuhan YME. Cerita ini menginspirasi saya dalam banyak hal terutama mengenai keteguhan dan kesabaran.

    Comment by Afif - Kirana | 18 November 2010

  21. Kehidupan, memang kadang terasa sangat tidak adil bagi kita. kita pasti merasa mengapa saya tidak seperti orang itu yang hidupnya jauh lebih baik menurut kita. namun apakah kita tahu bahwa sebernanya orang tersebut menanggung sesuatu yang sangat berat yang tak akan terpikirkan oleh kita? Disinilah kita dapat melihat bagaimana keadilan dari Tuhan YME. Kita harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan YME. Walaupun kita terserang penyakit yang menurut orang kita tidak akan bisa berkarya, tetapi kita masih mampu bertahan menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan YME. Untuk ma’am Wyd, saya salut atas segala yang telah ma’am lakukan dalam menghadapi cobaan yang ada. ma’am lebih memilih berkarya daripada diam tergolek di atas kasur. mungkin itulah yang menyebabkan ma’am dapat melawan predeksi dari dokter. jika kita tinjau kembali, ternyata Tuhan YME masih baik dan sayang kepada kita karena kita telah diberikan kehidupan di dunia ini. cerita dari ma’am Wyd ini sungguh menginspirasi saya terutama dalam menghargai nilai dari kehidupan

    Comment by M.Muharrary Akbar-kirana | 18 November 2010

  22. Your words has inspiring me, really. Tidak ada lagi yang perlu saya komentar, sudah begitu banyak makna dan pelajaran yang dapat saya telan dari berbagai frasa dan klausa yang tergurat dalam entri ini. Terimakasih telah menginspirasi kami, Ma’am. Ma’am sudah jauh lebih mengetahui pahit manisnya kehidupan, dan saya merasa sangat amat tak pantas untuk berkomentar dengan nafas ‘menggurui’, karena saya bukanlah apa-apa dibanding Ma’am. Hanya selarik doa untuk kesembuhan Ma’am yang dapat saya haturkan, dan… We have to stay here beside you, to cheer you up, to fight for the life, together. Forever.😉

    Comment by Astarina Natyasari - Kirana | 18 November 2010

  23. welcome back mam…
    senang lihat mam aktif lagi nulis di blog…

    you have taught us to never give up, mam. thank’s

    Comment by tiaranr | 20 November 2010

  24. semangat ya mam!😀

    Comment by Reny oktavuanti-KIRANA | 22 November 2010

  25. great, SEMANGAT TERUS YA MA’AM
    we’ll pray for you

    Comment by nanda | 24 November 2010

  26. ma’am wid semangat!!!!!!
    you’re one of my favorite wonder woman🙂

    Comment by nisrina | 18 December 2010

  27. ma’am wid cepet sembuh ma’am. semangat trus ma’am.

    Comment by Dini Yasa Istiqomah | 12 January 2011

  28. Makin dekat Tuhan pada mu bu wid, walau ibu kerja dari pagi hingga malam tanpa lelah, Tuhan tetap menjagamu, bu wid…. andai bu wid bisa dengar laguku untukmu…., semoga Tuhan makin dekat kepadamu bu wid…..
    ” Berbantal batupun, ku mau tidur bagai musafir yang lemah, asal di mimpiku, dekat kepadaMu Tuhan, makin dekat Tuhan kepadaMu bu Wid…. smangat….

    Comment by karly | 30 August 2011

  29. Link exchange is nothing else but it is simply placing the
    other person’s webpage link on your page at suitable place and other person will also do same in support of you.

    Comment by free proxy site | 19 April 2013


Leave a Reply

