Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Andai Pat Condell Tinggal di Indonesia, Besok Divonis Mati?

page2_1Tulisan ini mungkin isi kepala sebagian Muslim di dunia yang membuat beberapa video Condell dilarang beredar online. Ini angan-angan bodoh sebenarnya. Datangnya dari pikiran badut saya saat menyaksikan betapa naif pria itu, meski dia lumayan populer di negaranya. Saya pemerhati video-videonya, entah dengan alasan apa, tanpa pernah tertarik mengomentari langsung. Pertemuan saya dengan video pertamanya saat saya sedang berburu video tentang Islam untuk seorang teman di tahun 2007.

Siapa Pat Condell?

Nama aslinya Patrick Condell, seorang penulis sekaligus komedian berkebangsaan Inggris. Tahun-tahun terakhir beliau makin populer karena video-video monolognya. Sebenarnya ada banyak video serupa dengan materi serupa di Youtube , LiveLeak atau channel-channel lain. Video-videonya selalu sederhana, hanya menampilkan close up wajah Condell, dan selalu bertutur dengan lugas.

Isi videonya bervariasi tetapi secara umum bicara soal perbedaan agama atau kajian tentang suatu persoalan dalam agama tertentu. Misalnya kenapa wanita Muslim harus menutup aurat bahkan rambutnya. Atau kisah orientasi seksual The Christ, dan lain-lain. Jangan harap ada pencerahan di sana. Meski terlahir sebagai penganut Katolik dan memilih menjadi atheis di masa dewasa, yang ada justru berbagai pandangan soal agama diulas dari sudut Condell.
Agar lebih fair, silakan anda simak sendiri kata-katanya.

Saya menulis ini tanpa bermaksud meningkatkan channel traffic Condell. Itu kenapa saya ga menyertakan alamat link atau salah satu videonya di sini. Saya ga mengerti sisi lucu dalam berbagai pandangan pribadinya. Saat dia menyatakan seharusnya jilbab dilarang, atau bahwa Jesus Christus adalah seorang homoseksual misalnya, saya ga berpikir hal itu lucu sama sekali.

Saya hanya menuliskan ini sebagai angan-angan tentang seseorang yang hanya saya kenal dari pikiran-pikirannya. Ah, andai dia tinggal di negara ini…. Atau kalau dia sungguh berkunjung, sebagai wisatawan misalnya, akankah dia masuk DPO FPI?

DPO = Daftar Pencarian Orang
FPI = Front Pembebas Islam

12 July 2009 - Posted by | Opini | , , ,

13 Comments »

  1. pertamaaxxxxx .

    bu saya kasih award ke ibu .

    ambil dan kerjakan yaa

    Comment by Rivanlee | 12 July 2009

  2. waduh. apa alasanya jilbab dilarang?
    kalo wanita muslim berjilbab itu kan karena memang tuntunannya dari agama islam bgitu, yaitu menutupi aurot, salah satu cara menutupi aurot itu ya bisa dengan memakai jilbab. kalo dilarang berarti ajaran ilsam juga dilarang dong?
    Stop
    Dreaming Start Action

    Comment by Iklan Baris | 13 July 2009

  3. itulah manusia yang tidak punya segi manusia apalagi tidak pernah belajar bagaimana daia menjadi manusia tau-tau ingin menjadi manusia yang lebih mempuni dari manusia lainnya… salam sayang

    Comment by tigaw | 14 July 2009

  4. yah
    ini cuma pandangan orang atheis saja. nggak penting banget menurutku. soale perkembangan informasi dunia yang tanpa sekat sekarang ini sudah banyak masalah seperti ini terjadi. dan semua ada pembelaannya masing2. tinggal bagaimana kita bisa bijaksana menyikapi saja.
    salam

    Comment by ~noe~ | 16 July 2009

  5. Sebenernya aturan main di kita sudah benar, silahkan berbeda keyakinan, tapi jangan menghasut, memprovokasi orang yang memiliki keyakinan lain.
    Meski tidak diakui banyak kok orang atheis di negara kita, mereka aman-aman aja tuh.
    Meski iklim kebebasan di Inggris lebih luas dan lebih liberal, saya yakin pernyataan-pernyataan yang dia lontar sudah menyakiti banyak orang dan itu bisa memicu kemarahan kalau memndapat momentumnya.
    Nah, kalau sudah bagitu siapa yang salah ???

    Comment by adhiwirawan | 17 July 2009

  6. Saat dia menyatakan seharusnya jilbab dilarang, atau bahwa Jesus Christus adalah seorang homoseksual misalnya, saya ga berpikir hal itu lucu sama sekali.

    kata2 ini mungkin lucu di kalangan orang yang tidak senang dan sirik…

    Comment by hokya | 26 July 2009

  7. apa kabar??? saya gak mau comment ttg tulisannya ah…

    ke mana saja??

    Comment by mayssari | 27 July 2009

  8. saya punya satu saran untuk orang2 seperti ini: “yang ga tau apa-apa mending diem aja!”

    Comment by putrijump | 9 August 2009

  9. wah, itu cuma orang kurang kerjaan aja. mending ngga usah dihiraukan daripada nanti tambah aneh2 dia

    Comment by dion | 13 August 2009

  10. ibu apa kabar?

    Comment by putrijump | 2 September 2009

  11. biarlah Allah -‘azza wa jalla- yang membalasnya…

    Comment by dan | 16 September 2009

  12. haha,, saya juga ngga abis pikir, ternyata begitu banyak orang di muka bumi ini yang seperti condell, entah tujuannya untuk apa. sekedar mengatasnamakan logika, dan mengagungkan akal sehat? saya tidak abis pikir, jika dia bisa menemukan pola pikir sehebat itu, tidakkah dia berpikir, bahwa ada kekuatan yang Maha Kuasa di atasnya?

    Comment by Hafid Algristian | 16 October 2009

  13. yaaaaahhh kok gak ada yg comment FPI? Front pembela islam wyd, bukan pembebas. gak penting juga sih diketahui kepanjangannya, yg penting diketahui adl sepak terjangnya. Bikin pusing kepala

    Comment by Riri El Rose | 12 October 2013


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s