Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

You’re (Not) Alone

Tulisan ini dibuat untuk mengenang seseorang yang dikenal dunia sebagai Michael (Joseph) Jackson atau kemudian Mikhaeel Jackson. Bagaimana pun dia pernah atau mungkin akan selalu ada di hati. Thanks buat partner saya yang meng-sms saya soal meninggalnya M.J.)

Saat saya SMP-SMA, saya menyukai musik dengan sangat. Pilihan saya adalah musik yang memiliki beat tapi ga ‘berat’. Maka lagu-lagu country, pop rock atau rock adalah pilihan saya. Pemusik dalam negeri yang saya beli kasetnya (saat itu masih kaset) hanyalah Iwan Fals dan Gang Kebangsaan. Maka sekarang teman-teman sekantor sering heran saya kok ga kenal lagu Sakura (ga tahu nama penyanyinya) atau Richie Ricardo (aduh… seingat saya, saat remaja saya ga yakin dia seorang cowok. Lebih cewek dari saya!).nfl_a_kingpop_275

Selera musik saya cenderung sempit. Ga heran kalau saya kemudian lebih hafal lagunya Duran-Duran, U2, Deep Purple atau Aerosmith dibandingkan Genesis atau Rolling Stones, tanpa membandingkan ketampanan John Taylor dan Simon Le Bon (Duran-Duran) yang beberapa tingkat lebih tinggi dari Mick Jagger di mata remaja saya.

Namun di atas semuanya, saya hanya jatuh cinta pada dua orang. Michael Jackson dan Axl Rose.

Hubungan Michael dan Axl

Saat itu lagi hobi pesta. Ada ga ada alasan, tiap malam minggu kami mengadakan pesta. Maka Billie Jean atau Beat It pasti akan diputar. Lucunya lagi, saya dan teman-teman pernah datang ke suatu pesta berdandan ala Michael Jackson michael-jacksonkala itu. Lengkap dengan pita lebar di lengan dan paku-paku di sekujur dada🙂

Namun efek terbesar yang diberikan Michael pada saya adalah ketika saya merasa begitu asing dengan dunia sekitar saya dan ga yakin orang menginginkan kehadiran saya, dia datang dengan You’re Not Alone. Saya menitikkan air mata saat tanpa sengaja mendengar lagu itu pertama kali. Saya mendengarkan lagu itu berulang-ulang setiap hari hingga tiga bulan sesudahnya.

Saat Michael didakwa melecehkan anak laki-laki di rumahnya, saya berargumentasi pada banyak orang –termasuk murid-murid saya– bahwa dia ga bakalan didakwa seperti itu seandainya dia tinggal di sini. Saat video-video YouTube dirilis, saya berkomentar pedas pada berbagai cercaan di media itu.

Komentar-komentar saya seperti:
Leave USA. You’re safer living in Indonesia, Michael.
If you move to my country, you’ll be a hero. Nobody will take you down.
Love from Indonesia.

Gombal banget, ya?
Tapi hingga detik ini saya masih menyimpan lukisan pertama saya buat Michael Jackson, yang dibuat menggunakan pensil alis warna hitam.

AxlBeberapa tahun setelah kenal Michael, saya membagi cinta pada pria lain :) Dan itu ga berhenti hingga hari ini. Axl Rose (Guns n Roses). Itu antara lain alasan saya memilih avatar bergambar pistol (gun).

Mungkin karena partner saya kebetulan juga suka Guns, maka gelombang cinta itu makin menjulang (waduh, andai Axl baca ini, mungkin saya bakalan diajak dinner romantis kali yah!). Tiada hari tanpa suara Axl. Satu folder di laptop saya disiapkan khusus buat Axl, berisi ribuan foto hasil dokumentasi pribadi partner saya atau hasil download di berbagai website, video-video panggung dan rekaman, bahkan scan tanda tangan Axl.

Saya pernah dikirimi email ancaman oleh seorang wanita Amerika yang merasa saya ‘merebut’ Axl darinya. Hanya gara-gara sebuah komentar saya di video YouTube. Anyway… I love Axl so much. A true love from my deepest heart.

Orang bijak bilang, gajah mati meninggalkan nama, Michael Jackson pergi meninggalkan karya nyata. Selamat jalan, Michael. May Allah bless you there.

27 June 2009 - Posted by | musik |

16 Comments »

  1. Thank’s Mom!
    Buat yang masih hidup, ada 3 masa yang harus kita perhatikan.
    1. Masa lalu, masa yg tak bisa kembali lagi.
    2. Masa kini, masa yang sedang kita jalani. Makanya jangan sia-siakan masa kini untuk terus beribdah.
    3. Masa mendatang, masa yg belum tentu kita gapai.
    Oh ya bu, minta alamat site sma 17 plus Palembang
    my site http://www.smansayang-bartim.net

    Comment by Anam | 27 June 2009

  2. @Anam:
    ini alamat website 17, pak:
    http://www.sman17-plg.sch.id
    tapi jujur aja, saya jaraaaaang banget (setahun belum tentu sekali) buka website itu.

    Comment by wyd | 28 June 2009

  3. jujur aja mas…
    artikel lumayan juga…

    Michael jackson dulu saya juga penggemarnya. Kini hanya tinggal kenangan saja. lagunya akan menjadi kenangan abadi.
    wyd suka lagu yang mana dari Michael Jackson?

    Comment by Dimas | 28 June 2009

  4. selalu penuh kontroversi. hidupnya, matinya; bahkan SEBELUM MENINGGAL MICHAEL JACKSON SEMPAT MENGAJAK KITA

    Comment by alamendah | 28 June 2009

  5. @Dimas: wah… saya ibu2, dek….
    seperti yang ditulis di atas, fave saya you’re not alone. saya masih sering mendendangkannya sehari2 hingga hari ini. dan itu kenapa judul tulisan diambil dari judul lagu itu.

    @alamendah: ok check ke blogmu sekarang….

    Comment by wyd | 29 June 2009

  6. Dia meninggal juga meninggalkan misteri.

    Salam kenal mbak🙂

    Comment by Huang | 29 June 2009

  7. sendainya
    aku juga monumental begitu

    Comment by masedlolur | 30 June 2009

  8. wah wah…
    sebegitu dalamnya rasa cintamu terhadap mikaeel ini.
    aku juga masih ingat waktu masih esde, hampir setiap pagi dibangunkan dengan thrillernya jacko yang saban pagi di-stel nyokap sebelum berangkat kerja. katanya aku hanya bisa terbangun kalo denger lagu ini😀
    rest in peace, jacko…

    Comment by ~noe~ | 2 July 2009

  9. dulu masa remaja saya yg kuper, membuat artis international yg saya tahu cuma jacko. sempat bela2in beli kaset nya. padahal duit pas2an waktu itu.

    Comment by Donie | 9 July 2009

  10. saya ngeliat M.J. pertama kali pas SD. Nah, waktu usia segede itu aja saya sudah ngeliat sisi keren M.J.

    Comment by Rizka | 15 July 2009

  11. kalau saya satu-satunya alasan saya suka Michael Jackson adalah karena dia pernah masuk di salah satu game komputer yang saya pernah mainin pas SD ^^

    terus, sekarang pas buka twitter, baru sadar MJ itu bisa berarti Michael Jackson juga, hahaha😀

    *saya gak ngerti musik, tapi kalau Bu Wyd saja tergila-gila sama dia, berarti musik dia bagus banget ya ^^

    Comment by vandeput | 1 August 2009

  12. Salam kenal buat Ibu Wyd.🙂

    Jujur saya gak tau banyak soal Michael Jackson. Tapi yang jelas saya suka sama lagunya. Saya paling saya suka lagu Michael Jackson You Are Not Alone, lagu ini tiap hari saya dengar sampai saat ini. Saya ngerasa nyaman saat saya mendengar lagu ini, dan saya selalu merinding saat mendengar lagu ini. Hehehee… terbawah suasana Bu.🙂

    Comment by Bayu | 5 August 2009

  13. saya sangat suxa kepada mikel jakson .. semoga arwah mikel jakson di terima disisi allah…amien
    yang paling saya suka dari salah satu lagu nya adalah You Are Not Alone.

    Comment by yuni | 20 July 2010

  14. I’m here with u…

    Comment by haryoshi | 29 October 2010

  15. saya sependapat dengan mam, saya juga suka lagu-lagu michael jackson terutama yang heal the word.
    selera musik mam wid tidak terlalu jauh berbeda dengan fandi. fandi juga suka musik beraliran pop rock atau lebih tepatnya punk rock, seperti lagunya greenday, mungkin mam tau dengan greenday. bagi saya musik adalah sebuah harmonisasi. yaitu gabungan banyak alat musik yang membentuk suatu keharmonisasian. saya beranggapan bahwa dengan mendengar musik, dapat membantu dalam membentuk keharmonisasian dalam kehidupan kita. “music is my life”🙂

    Comment by Fandi Fadliansyah - KIRANA | 18 November 2010

  16. Lagunya sangat bagus menurutq

    Comment by Computer Ok | 23 May 2012


Leave a Reply

