Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Surat Komentar untuk Puisi Cinta

Biasanya saya mendapat e-mail dari seseorang yang tulisan dalam blognya saya komentari. Isinya pun biasanya terima kasih atas kritik judes saya🙂 Beberapa di antaranya sengaja mengirimkan e-mail setelah membaca satu atau lebih tulisan saya di sini atau di Me, Views and Diary karena ga mau berkomentar di blog. Sebagian lainnya -umumnya remaja- menjadikan saya teman curhat. Saya senang mendapat kenalan baru, wanita maupun pria, remaja maupun dewasa.

Herannya meski mereka ga pernah melihat wajah saya, lewat foto atau web cam, mereka tetap mau menjalin persahabatan dengan saya. Dan mereka sungguh percaya bahwa saya seorang wanita. Padahal biasanya setiap orang selesai membaca satu tulisan saya, pastilah mengira saya seorang pria🙂
Kalau pun tulisan saya tentang wanita, beberapa orang mengira saya hanya menuangkan opini saya sebagai pria dalam pandangan wanita. Seorang pria malah mengirim e-mail dan mengira saya homo frustasi setelah membaca ‘Pria Indonesia Payah!’ Saya jamin pria ini hanya membaca satu tulisan itu karena seseorang di luar sana -sayang tidak mencantumkan kontak yang bisa dihubungi- mengirimkan tulisan tersebut ke sebuah web berita.

Tapi e-mail terakhir yang berkomentar tentang Puisi Cinta sungguh bikin saya malu hati. Saya copy-paste e-mail tersebut:

hai Wyd
saya kira saya tahu siapa anda setelah menelusuri link-link di dua blog anda. dulunya saya kira anda guru bahasa inggris.
saya beberapa kali membaca tulisan anda di media terutama fiksi. kenapa sekarang ngga nulis lagi di media?

saya bukan kritikus. juga ngga punya blog atau web. hanya penikmat berbagai media. kalau boleh saya mau memberikan opini tentang anda.
maksud saya tentang tulisan anda.
saya tau anda suka rock, suka Axl. kalau menurut bahasa anda, cinta mati sama Axl Rose. dan menurut saya anda sungguh terpengaruh oleh penyanyi itu. kenapa suka penyanyi gaek? kan banyak rockstar muda yang lebih cakep juga punya suara powerful?
bahasa anda extreme-powerful real rock vocal.

tentang Puisi Cinta. bagus banget, Wyd. waktu membaca judulnya saya mengira akan menemukan ungkapan cinta yang meluap-luap pada sang kekasih.
ternyata luapan cinta anda ngga hanya sama seseorang di hati anda tapi bisa diartikan pada kebobrokan masyarakat. atau bahkan pemimpin negara. atau buat siapa aja yang mengambil langkah berbeda.
saya penggemar fanatik Iwan Fals. menurut saya pilihan kata-kata anda mirip Iwan Fals. kalau anda mendengar Pesawat Tempur Iwan Fals, anda akan melihat caranya mengungkapkan cinta mirip dengan cara anda.

boleh nanya sesuatu? kenapa ngga nyusul si american?????

salam
P*****

Saya hanya membalas email itu dengan satu kata: thx.

Saya memilih menjawab panjang lebar di sini.
Saya dibesarkan saat Axl Rose merupakan penyanyi paling seksi dan paling ngetop sejagat raya. Bagi saya, Axl bukan cuma penyanyi. Lirik-lirik yang ditulisnya mempengaruhi saya dalam banyak hal. Dia menempati satu sudut dalam ruang hati saya. Beberapa penyanyi/band lain/baru mungkin cukup bagus untuk telinga saya. Saya suka Dear God milik Avenged Sevenfold. Saya suka Rain Maker dari Iron Maiden. Tapi belum ada yang bisa masuk ke hati saya seperti yang bisa dilakukan Axl dan Guns and Roses.

Puisi Cinta bertutur tentang hati dan cinta. Hati dan cinta saya adalah milik Sang Pencipta. Jadi ga bisa saya pilah-pilah hanya untuk seseorang atau sebagian. Murid-murid saya setengah ga percaya puisi itu dirangkai sekian puluh tahun lalu karena menurut mereka sangat pas dengan kondisi sekolah kami sekarang. Dan masih menurut mereka, saya belum kehilangan power saya di atas panggung🙂

Disamakan dengan Iwan Fals? Woow… sungguh saya malu hati. Iwan Fals adalah penyanyi dan penulis lagu legendaris. Dia pernah memperoleh julukan The Hero dari Time magazine. Dia punya fans club fanatik. Sedangkan saya menulis karena saya suka menulis. Itu kenapa saya ga suka disebut the author tapi the writer. Namun kalau saya terlihat garang di atas panggung, menggunakan bahasa-bahasa cinta bak bara, itu semuanya adalah cara yang bisa saya lakukan untuk mengungkapkan isi hati.
Orang bilang, jangan tertipu dengan penampilan. Saya mungkin ga terlihat lembut atau banyak senyum, tapi orang-orang terdekat saya bilang ‘you have a big heart’.

Dan soal si American? Maaf, no comment.

17 December 2008 - Posted by | Personal | , ,

12 Comments »

  1. Waduh…. untung saya gag termasuk komentator yang judes🙂 kalo tidak… hi,,hi,,hii

    Percis banget ama istriku yang dulu metal banget, mulai dari white lion, Mr. Big, Queen, yngwe, kantata taqwa, slank masih dikoleksi sampai sekarang dan masih tertata rapi di rak buffet. Tapi sekarang kok beda banget ya? apa karena merasa udah ada si kecil ya?

    Comment by namakuananda | 17 December 2008

  2. bagus

    Comment by semay | 18 December 2008

  3. @namakuananda: mungkin istrimu ‘terinfeksi’ lagu2 buat si kecil ya mirip saya saat masih mengasuh putra-putra kecil saya…tp sekarang putra2 saya lebih suka musik underground yang buat kuping saya terasa super berisik

    @semay: thx u

    Comment by wyd | 18 December 2008

  4. hwakakakakaka…
    homo frustasi.
    kocak abisss…:mrgreen:

    Comment by nyurian | 18 December 2008

  5. kelimaxxx
    aaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh………

    Comment by nyurian | 18 December 2008

  6. homo frustasi ?????

    serem ah bayanginnya….

    Comment by uongpening | 26 December 2008

  7. wewww keren juga tuh heee tuh pengemar mendalami bener tulisan bu guru tuh :d

    terus berkarya bu

    Comment by selamat kms | 26 December 2008

  8. Bagi saya, ‘Wyd’ adalah bu guru kalaupun dalam kenyataannya ‘nanti’ tidak berjenis kelamin ‘bu guru’….hahaha.

    Comment by estonhasiant | 7 January 2009

  9. pas sma dulu, saya juga hobiis lagu heavy metal. Dan kalau nyetel musik kenceng banget deket telinga. Akibatnya sekarang telinga saya agak budi (budeg dikit). Sadar telah mendapat kutukan, akhirnya saya kembali ke jalan yang benar…he..he..he.. salam lima jari wyd ya…
    Btw, mohon ijin taut kemari. Boleh, kan?

    Comment by khalifatur | 10 March 2009

  10. @khalifatur: alamat link-nya mana, mbak?

    Comment by wyd | 11 March 2009

  11. Ini mbak (setelah banyak baca, akhirnya merasa lebih yakin pake sebutan ini), http://khalifatur.wordpress.com. Terimakasih banyak ya.

    Comment by khalifatur | 15 March 2009

  12. This is a topic that’s close to my heart… Best wishes! Where are your contact details though?

    Comment by pożyczki pod zastaw nieruchomości | 24 January 2013


Leave a Reply

