Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Lebaran: Makan, Tidur!

Meski ga terlalu antusias saya menyambutnya -karena banyak hal- akhirnya lebaran datang juga. Saya memilih menghabiskan beberapa hari lebaran di rumah kakak di Prabumulih. Pertama karena paling dekat dan mereka menjemput saya. Kedua karena waktu libur saya ga lama. Kalau ke Jakarta atau Bandung cuma 3-4 hari, waktu saya akan habis di jalan. Bisa-bisa seharian saya jadi ‘wanita jalanan’ karena muter-muter jalan sepanjang hari. Maklum di Jakarta saya harus mengunjungi puluhan sanak keluarga. Dan karena saya satu-satunya sanak keluarga yang tinggal jauh di seberang, maka akan menjadi aneh kalau saya ga menghabiskan waktu 1-2 jam di rumah setiap sanak famili.

Di luar sholat lima waktu, rutinitas lebaran saya adalah makan plus tidur!

Lebaran hari pertama.
Mandi, makan ketupat dan cs-nya, Sholat Ied di tanah lapang.
Ga satu pun makhluk yang saya kenal kecuali kakak saya dan keluarganya yang memang pergi bersama saya. Pulang. Kakak dan keluarganya berkunjung ke teman-teman dan saudara perempuan kakak ipar saya. Nelpon ibu di Bandung dan saudara-saudara di kota lain, makan ketupat (lagi) sambil ngirim dan baca SMS ucapan lebaran buat atau dari teman-teman dan sanak keluarga, sampai ketiduran di kamar Mbak (anak sulung kakak).
Bangun, menyediakan minuman buat tamu-tamu kakak yang datang.
Jadi sukarelawan bersih-bersih perabotan kotor di dapur.
Makan ketupat (lagi), tidur (lagi!). Kali ini di ruang TV.
Bangun, makan ketupat (lagi!), mandi, ngulik-ngulik internet (yang koneksinya super lelet!) sambil nerima telpon dari seorang teman di Jakarta,
makan ketupat (lagi!) sambil nonton TV yang acaranya ga jelas, ngemil sambil baca Chemistry of Petrochemical Processes,
Sholat Isya udah sambil menguap berkali-kali karena ngantuk, langsung tidur.

Lebaran hari kedua.
Bangun, mencuci pakaian kotor, makan ketupat, nelpon boss saya sekitar seperempat jam, nerima telpon dari boss saya sekitar satu jam, melanjutkan baca Chemistry of Petrochemical Processes sambil ngemil, sampai ketiduran (lagi) di ruang TV.
Bangun, makan ketupat (lagi!), lalu tidur (lagi!) di tempat yang sama. Bangun, mandi, makan ketupat (lagi!), nerima telpon dari seorang teman di Jakarta sekitar satu setengah jam, makan ketupat (lagi!), nonton TV sambil ngemil, jam setengah sembilanan tidur.

Lebaran anda lebih berarti?

4 October 2008 - Posted by | Opini | ,

4 Comments »

  1. Wah… kayaknya kita sama Bu!
    Tapi, Rizka selama liburan bener-bener ngga ke mana-mana. Tidur dan makan memang hal yang menyenangkan. Cuma hari pertama lebaran aja yang mampir-mapir ke rumah orang, selebihnya berdiam diri di kamar atau di ruang TV sambil buka buku Kumpulan Soal Matematika dan sempat buka buku kumpulan soal-soal SPMB juga yang didapat dari tempat bimbingan belajar -demi SNMPTN 2009-. Pokoknya lebaran tahun ini benar-benar membosankan, mau nonton TV ngga bisa -TV di rumah rusak-, mau ke warnet juga ngga bisa -belum dibuka, untunglah mulai hari ini warnet di sini sudah buka seperti biasanya-. Kalau pagi-pagi biasanya nyuci baju juga dan beres-beres rumah plus bantu ibu buat minuman untuk tamu-tamu yang datang -melelahkan-.

    Comment by Rizka | 4 October 2008

  2. lebaran tahun ini buat saya lebih berarti bu, soalnya lebih banyak mengunjungi sanak famili dan temen2 khususnya temen lama baik sma maupun smp (yang sd ada yang inget ada yang nggak hehe), semoga aja tahun depan baik ibu maupun saya, tidak cuma makan, tidur, dan makan ketupat hehehe

    Comment by sangga | 4 October 2008

  3. Sangat berarti bu dan sangat berbeda..

    1. Kakak saya sedang hamil anak pertama, dan lebaran pertama pula nambah anggota yaitu abag ipar.
    2. Keilangan sosok nenek, yang lebaran taun lalu masih bisas ngumpul bersama beliau.
    3. Wiasata keluarga besar ke Berastagi. Seru, ngumpul sama semua sepupu. yang jarang terjadi, bahkan 2 taun sekali pun belum tentu. membuat cuti kerja yg cuma seminggu sangat bermakna

    Cerita selengkapnya nanti saya tulis di blog deh..

    Comment by Doli Anggia Harahap | 4 October 2008

  4. kalo lebaran ganda sih enak2 aja…

    kalo aja minggu depannya gak uts…

    Comment by uongpening | 7 October 2008


Leave a Reply

