Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Termehek-mehek

Dua minggu lalu saya sempat menonton acara teve sambil makan siang yang tertunda. Acaranya dimulai jam setengah tujuh malam. Nama acaranya Termehek-mehek. Pertama kali membaca judulnya –acaranya sudah berjalan 2 atau 3 sesi diselingi iklan- saya asumsikan pastilah akan banyak tangisan.

Acara yang saya tonton menyuguhkan pencarian kekasih lama yang hilang oleh seorang gadis muda atas persetujuan pria yang sekarang menjadi kekasih barunya dan ingin menikahinya. Penelusuran yang lumayan sulit disuguhkan dengan lancar. Pada akhirnya tim Termehek-mehek plus si klien bertemu dengan target yang dicari. Si gadis muda menangis, mungkin karena impiannya tercapai. Di sini judul acara sangat tepat menggambarkan situasi yang sedang terjadi. Ujung-ujungnya si gadis kembali ke kekasih lamanya dan pemuda yang berniat menikahinya terpaksa gigit jari.

Pendapat saya tentang acara tersebut: secengeng inikah wanita muda Indonesia? Karena saya tak sependapat dengan kedua host yang menyatakan itulah cinta sejati.

Tanpa rencana, Minggu berikutnya saya kembali menonton program yang sama dengan klien berbeda. Cerita mengharukan karena ternyata target yang menghilang benar-benar telah meninggal dunia. Air mata saya ikut menetes meski biasanya saya tak cukup mudah tersentuh apalagi sampai meneteskan air mata oleh sebuah tayangan televisi, kecuali berita duka seperti kejadian tsunami di Aceh tempo hari, misalnya.

Ternyata sebuah tayangan televisi yang menyuguhkan realita dapat menyentuh hati. Ini mengagumkan membayangkan bagaimana seharusnya kita mengelola program televisi untuk menyentuh hati bangsa ini agar sudi menengok sejenak betapa banyak cerita sedih di sekitar kita. Jika ternyata cerita sedih itu memerlukan uluran tangan kita yang mampu memberikan, mengapa orang-orang televisi tidak cukup kreatif mengemas kisah-kisah itu untuk pemirsanya?

Korban lumpur Lapindo sebagai contoh. Saya pernah menonton acara berita yang menayangkan betapa buruknya sikap para korban lumpur Lapindo. Dipertontonkan bagaimana mereka dengan sengaja ingin lumpur mengairi sawah mereka dengan cara menjebol tanah pemisah petak-petak sawah, agar mereka mendapatkan ganti rugi dari Lapindo. Beberapa tayangan serupa tentang kelicikan masyarakat yang sedang terkena musibah itu, saya temui di saluran yang lain. Tayangan-tayangan itu terekam kuat dalam otak saya yang jarang menonton televisi. Akibatnya, dalam kurun waktu cukup lama saya heran mengapa orang-orang sibuk berprihatin ria terhadap para korban lumpur Lapindo.

Saya tentu tidak bisa disalahkan dalam hal ini. Ada banyak orang lain di negara ini yang belum pernah melihat lumpur Lapindo secara langsung dan betapa parahnya lumpur itu, mungkin sebanding dengan musibah tsunami. Bedanya tsunami buatan Tuhan yang tak bisa dielak -dengan mengabaikan isu adanya campur tangan manusia- sedangkan lumpur Lapindo murni ulah manusia.

Anda mungkin salah satu yang sama butanya dengan saya tentang betapa buruknya bencana itu di negara kita tercinta.

13 May 2008 - Posted by | Opini | , , ,

54 Comments »

  1. Aku juga baru denger acara ini dari beberapa teman dan ini membuatku makin penasaran akan acara ini.
    Mohon informasinya untuk ikutan acara ini.
    By email kah…? Alamat email ?
    By fax kah…? No Fax…?
    Atau By pos…? ALamt..?
    Thanks, ya atas informasinya.

    Salam,

    Astri

    Comment by Astri | 30 May 2008

  2. wah, sayang ga bisa kasih info lebih.

    seseorang di luaran sana ada yg bisa kasih info?

    btw astri… siapa nih yang bakal jadi target?

    Comment by wyd | 1 June 2008

  3. Hampir semua (bahkan semua) cerita dari termehek-mehek merupakan cerpen top kasmaran saat dulu.
    Saya 100% yakin kalau acara ini bukan 100% pure rality show…
    Kalau ada kemiripan cerita memang wajar..
    Tetapi bagaimana bila kemiripan itu terletak dari awal hingga akhir DAN di setiap episode…
    Bahkan sering kali bila saya melihat sekilas tayangan tersebut, saya bisa menebak awal cerita bahkan akhir cerita..
    Saya dahulu bagian dari penulis cerpen di majalah2 remaja Jakarta…

    Saya ingin sekali ada yang merespon ttg pendapat saya..
    Bisa di kirimkan ke email : andriza@gmail.com

    Tujuan saya tidak lain untuk mempertegas tayangan2 yang membohongi publik.

    Hal yang sama pernah terbukti ketika saya melihat sering kali adegan “berantem” dalam acara SCTV yang pilih2 jodoh (saya tidak tau pasti judul acara itu)…

    Terima kasih.

    terima kasih.

    Comment by Andriza | 12 June 2008

  4. wah… ini mirip apa yang pernah saya pikirkan soal beberapa tayangan sebelum ini.

    tapi saya kemudian mengira apa yang ada di pikiran saya hanyalah pikiran negatif terhadap orang-orang pertelevisian.

    btw… saya dulu juga bergabung di bagian yang sama🙂

    Comment by wyd | 12 June 2008

  5. Hi semua, gw mo nanya, klo ada yang tau theme song termehek mehek kasih tau aq, thanks.
    Please reply to iwan_noech@yahoo.com

    Comment by iwan | 13 June 2008

  6. Tante….
    emank iyah kLo acaranya ntuw rekayasa??/

    pantes ajah,.,,

    soalnya waktu ntuw dta pernah nonton,,
    crtanya tuw org udh 5thnan d teror… pi gag bisa nyari tauh sypa yang nerorx..

    eh,, pas ikutan termehek-mehek,, semudah itu langsung dapet…

    mmmmhhh…. gag masuk akal ajah deh…!!!

    Comment by d y t A | 26 June 2008

  7. ga tau juga kebenarannya tapi emang rata-rata ga masuk akal semudah itu para kru tv nyari jalan keluarnya.

    met berjuang yah, mbak….
    moga tercapai cita-citamu….

    Comment by wyd | 27 June 2008

  8. @

    Comment by Bedul | 12 July 2008

  9. Kalo saya ngga masalah, apakah itu rekayasa atau tidak, yang pasti saya senang nonton acara itu.

    Comment by midiator | 12 July 2008

  10. kalau saya lagi di depan tivi pas acara itu, saya juga seneng2 aja nikmatin tontonan begitu. terutama soal masih banyaknya sisi cinta di hati anak2 muda Indonesia, meski kadang cara mereka menjalaninya terlalu cengeng di mata saya. tapi, ambil sisi positifnya lah….

    eh, sejauh ini sih saya baru sempat nonton 4 episode….

    Comment by wyd | 14 July 2008

  11. aku penasaran bgt sama crita termehek-mehek 2 minggu lalu yg critanya ttg cw yg udah koma slama 6 bulan bgitu didatengin cowo yg dia srg panggil2 sketika itu tu cw meninggal.. tapi kliatannya kok itu boongan ya? walopun mgkn aja critanya inspired from true story,, kira2 itu beneran ato akting smuanya ya?? kasi tanggapan yaa teman2.. thx..

    Comment by mitta | 15 July 2008

  12. Tapi jangan salah juga, di kehidupan nyata kita sering banget menemukan hal ‘ajaib’ yang ga logis buat dijelasin, kan?

    Comment by wyd | 16 July 2008

  13. eh nama website buat nyari theme song termehek mehek “menutup cerita” dimana seyh??
    gw dah nyari kemana-mana tapi g ketemu
    klo tau ksh tau gw y!!! di rans_pratama@yahoo.com
    PLISSSS………!!!!!!!!!

    Comment by doni | 16 July 2008

  14. eh maksud gw di ryans_pratama@yahoo.com…!!!!

    Comment by doni | 16 July 2008

  15. yupz..itulah kuasa Allah swt..contohnya aj kyak bu noorsyaidah d banjarmasin yg kluar kwat dri perutny.hehehe (gak nyambung y..but nyambung2in aj y)wss

    Comment by adrian cf | 16 July 2008

  16. kalau opini ibu sih ada 2 hal tentang ibu noorsiyah:
    1) mungkin ‘black magic power’. percaya apa ga tetep aja yang ginian ada di negara ini and familiar banget sama bangsa ini
    2) ada kelainan zat khusus yang diproduksi tubuhnya yang kalau bereaksi jadinya kawat…. based on my basic-lah🙂

    Comment by wyd | 17 July 2008

  17. Yg pengen dapatin lagu termehek-mehek ke kantor transtv aje, hehe

    Comment by Rinagu | 20 July 2008

  18. setujuuuu!!!!

    Comment by wyd | 20 July 2008

  19. Jujur gw suka koq acara ini, walaupun sbnrnya gw jarang nonton tapii ada yg ganjel rasanya, stiap kli gw nonton
    Fact atau Fictionkah???
    Ada 3 episode yg kpikiran sm gw, ada cewek yg skarat truz bgtu cowok impiannya dtg hari itu jg dia meninggal, truz ada cewek yg nyari2in mantannya ternyata meninggal jg karena kanker, dan yg terakhir baru kmaren kyaknya ada cewek lg nyari2in cowok yg pernah deket sm dia ternyata mereka satu ayah.
    Plis dech , klo ikutin alur ceritanya koq bisa yaa, walaupun apa sii yg mungkin, klopun mmg itu cmn akting rasanya alami bgt pemain2nya tuu bawain skenario. Bingung kan gw, ada yg bisa jelasin ato stuju sm gw atau kontra kirim email aja ke ariana_dla@yahoo.co.id
    Whateverlah yaa apapun opini org2 bahkan gw sendiri, menurut gw acara ini jauh lebih baiklah ketimbang2 reality show yg ada di stasiun tv lain, klo yg lain gampang tuk nyimpulin klo itu akting bgt, tapi klo acara ini. Bikin gw mikir dan skrg gw malah jadi bingung.
    Ee uda dulu yaa kyaknya comment gw kpanjangan

    Comment by Della | 22 July 2008

  20. Wah pernah memang saya juga pernah nonton pas yang pertama gue kiraiin ahh ini acara ngga beres gara gara cuma ngeliat cewe pas di halte trus nolongin tuh ce karena di jambret digotain atau apalah trus berbekal foto mobil rover atau apa yach … tim termehek mehek mencari dan akhir nya ketemu dan tuh co sampe di omelin bokap nya tuh ce dan akhir nya ketemu sama tu ce walau akhir nya ngga di terima jadi co nya…. yach gue pikir itu cuma scrip yg di bikin team kreatip nya aja ….

    eh tanpa sengaja gue nonto di minggu keberapa tentang seorang ce sekarat dan temen nya mencari mantan kekasih nua yg dulu sampe ketemu… dan setelah ketemu tuh ce pas di datengin sama tuh ce trus di pegang tangan nya dia langsung meninggal …. saat itu gue berasa …. Hmmmmm sedih nya …..

    nah yg gue pengen klarifikasi adalah apakah betuh tuh …..

    heheheh karena jama sekarang kaya nya hmmmm agak susah ketemu yg kaya gtu….

    salam
    Rino

    Comment by Rino | 26 July 2008

  21. gw jg setuju,klo reality show d stasiun tv lain tuh mang udh ada rekayasax.. Tp,kl termehek mehek gw rasa i2 beneran t’jd.. Evrythng is possible kn d dunia ini? Kali aja critax mang kyak roman picisan but guys, pernah kepikiran gak klo apa yg jd cerita seringx b’dsrkn kenyataan? Ada yg setuju kan ma gw? Yg setuju ma gw add me d frendster gw pruluvjah@yahoo.com biar gw yakin gw punya teman2 seperasaan..

    Comment by setuju begete.. | 26 July 2008

  22. mo asli kek mo palsu kek yang penting asik lah..untuk jadi tontonan…
    gw yakin setiap akhir acarah semua orang yang menontonnya akan mendapatkan motivasi dan isnpirasi…
    sekian

    Comment by pisctwentyfour | 5 August 2008

  23. iya sih….

    cuma kalau stasiun tv sampe berani bilang tayangan itu berupa reality show, itu namanya kebohongan publik….

    Comment by wyd | 5 August 2008

  24. ni acara dah jadi rahasia umum ,,
    klo REKAYASA AND SKENARIO !

    _orang TRANSTV yg bilang ,,

    Comment by oki | 10 August 2008

  25. Terima kasih atas informasinya.
    Kalau emang acaranya bisa menyentuh atau menghibur banyak orang, biar aja berlanjut ya….

    Comment by wyd | 11 August 2008

  26. Siapa sih yg bawaain theme songnya termehek – mehek,bisa gx di download

    Comment by windra | 11 August 2008

  27. 100% palsu,pemainnya sering maen di reality show yang laen, kayak si rully gigolo

    Comment by oki | 24 August 2008

  28. kalo g slh maw ikut acara ni email ke termehekmehek@transtv.co.id

    Comment by davin | 12 September 2008

  29. Gue juga bingung sama nih acara, kemaren episode terakhir.. Mungkin ga sih Bapak “ngembat” pacar anaknya? Apa dunia udah sedemikian bobroknya kali yeee… Kalo gue sih, bakalan gue gebukin Bapak gue abis-abisan sampe mampus… Boong apa bener ga tau deh… tapi kalo bokis mah, top banget deh TM…

    Comment by Apoy | 6 October 2008

  30. hallo saya adi. tgl d medan saya mw kasi sdkit saran nih. gmna setiap penayanggan yg paling di favoritkan pemirsa d rumah bisa di puter ulang kmbali ngak ceritannya d tv. coz q pun pny tynggan favorit gtu d acra termehekmehek.

    Comment by adi | 13 October 2008

  31. hmmm, tadi gue baru nonton termehek-meheh(sabtu 15 nov 08). ceritanya ttg seorang cwe yg dateng dr bandung k jkt bwat nyari mantan pcrnya. finally, si target akhirnya ktemu tp ktemunya di wedding hall. sumpah, kasian bgt tuh cewe, dy nyari2 mantan pacarnya ehhhh, mantan pcrnya malah merit sma temen kampus si client.dia di dpan pager nangis. informasi ini di dapet dr tmen target yg nunjukin dan dapet undangan pernikahan target

    menurut lo ini smua ‘beneran’ ato pke ‘skenario’?

    Comment by tasya | 15 November 2008

  32. @tasya: kebetulan saya juga nonton karena lagi ga enak badan. kalau dilihat dari jalan cerita dan akting pelaku, saya 100% yakin semuanya sesuai skenario, bukan kisah nyata

    Comment by wyd | 15 November 2008

  33. g usah diributin lah,mau ini beneran or boongan.yg pasti ini acara tv favorit gw,,,,,g usah diributin ini bener or boong.msh byk mslah laen yg perlu di bahas dan di kupas tuntas,,,maju terus transtv n kru termehek_mehek….
    bwt panda n mandala goodluck y?uda bawain acara ini dengan fantastik menurut gw,,,,,chayoooo

    Comment by putti_maharanis | 24 November 2008

  34. hi salam kenal! kenalin w member baru. oya w sring banget nonton acara termehek-mehek nie bahkan setengah jam sebelum mulai,w dah stand by, g mw ketinggalan geto, hampir semua episode. oya nie q mw nanya boleh kan?kemarin sabtu tanggal 6 desember’08 termehek-mehek sempet nangani client yang berhubungan dengan arwah dll. aku mw minta nama dan alamat lengkap paranormal yang nangani ‘mandy’. kalo g salah yang daerah sukabumi, karangawu, geto. nie penting banget bwt kluarga w. mohon di jawab lewat email afaz_zybotta@yahoo.com plis yua. maju terus termehek-mehek! hehehehehehehe

    Comment by ahmad fauzudin | 9 December 2008

  35. oya nti mz k no 081383774270 j yuo

    Comment by ahmad fauzudin | 9 December 2008

  36. yang jelas kalo lho sering ngeliat salah satu pemeran utama di termehekmehek itu bolak balik ada di realty show di tv2 swasta indonesia…, jelas banget kalo acara itu rekayasa dan yg pasti ada proses casting dunk..,kesian banget tuh termehekmehek pengen keliatan reality eh gak taunya cm boongan, mulai dari sekarang pemeran yg mukanya tidak diperlihatkan ( di BLUR ) kasih liat dunk,, kesian tuh dah capek2 casting mukanya gak keliatan lagian ini khan cm akting yah kayak drama seri aja…, di drama seri mana ada yg mukanya di blur…

    Comment by Anonymous | 17 December 2008

  37. hallo ak wahyu,bisa gak ak tau termehek-mehek itu bener2 reality show ato sekedar rekayasa,because sehubungan dg acara termehek-mehek tanggal 20 Desember 2008,kalo itu bener kisah nyata berarti ada seorang wanita lugu dan 2 orang gadis kecil tak berdosa yang terdzolimi ayahnya yang selama ini mereka banggakan dan mereka percaya dengan sepenuh hati.bisa dibantu kak mandala&kak panda?ini masalah masa depan sebuah keluarga loh

    Comment by wahyu widiyawatiningsih | 28 December 2008

  38. aq jg g tw tuh rekayassa/ gak

    Comment by walton engka | 11 January 2009

  39. aslam.wr.wb
    mudamudahan makin sukses dan saya pesan pada acara ini jangan perna berhenti untuk mencarikan orang yang membutukannya
    muda mudahan menjadi acara nomor satu
    makasi wasalam.

    Comment by dirja.s | 24 January 2009

  40. aheLAh…..
    reaLity show mn da yg bnran seh….

    Comment by agilsandro | 18 February 2009

  41. huh..
    terlepas dari rekayasa atau benar,
    acara ini cukup meghibur.
    terutama untuk membngkitkan kepedulian dan rasa syang kita terhadap orang terdekat kita.
    karena kita akan merasa sangat kehilangan jika mereka tidak ada disamping kita.

    Comment by dar | 25 February 2009

  42. wah, aku c sk bgt dgn termehek2…
    hehe…
    critanya bgs2,,kdg2 jg c emg mikir apa itu rekayasa atw g,, tp yg psti klo nonton aku seneng2 aja tuh.. hhe

    Comment by odeth | 25 February 2009

  43. alamat email or fax termehek-mehek apa c???

    tolong dunzzzzzzzzzzzz….

    plz…

    urgenT… daLuLat…

    cHemangadhs En ceLaLu LIang 9embiLa…

    Comment by dee | 7 March 2009

  44. oh, klu yang di sc.. ttg cinta2 gtu..
    kemungkinan besar smuanya rekayasa..
    aku skrg kul d tangerang, tmn kos ku asal jakarta bilang,,,
    bahwa tmn sma nya banyak yang jadi pemeran tayangan itu…

    but, kembali ke penonton klu film nya dirasa bgus, pantengin aja trus

    Comment by abuysin | 3 April 2009

  45. acara2 ky gitu tuh semuanya fiksi. Buktinya sepupu gw pernah nongol di acara HTS antv. dia ceritanya lg brmasalah ama pacarnya, ampe berantem sgala sama bapaknya. padahal sepupu gw itu dah bersuami! yang lebih parah lg, bpaknya dia di acara itu sama sekali bukan om gw! jelas2 semua itu rekayasa..

    waktu gw tanya ke sepupu gw, ternyata emang rekayasa, cuma akting doank, tp kata crew tv nya semua itu berdasarkan kisah nyata (katanya…)

    Comment by ivan | 17 May 2009

  46. Mengecewakan….. semua media televisi kayak gitu, termehek-mehek memang rekayasa, alur ceritanya terlihat benar, sampai-sampai gua bisa nebak nah….ini orang bakalan marah-marah waktu ditanya…..dan emang benar kejadiannya tu orang marah-marah ga jelas…..
    Coba deh pemirsa melihat secara obyektif dan deskripsikan sendiri, alurnya sudah jelas selalu waktu orang yang marah-marah itu diwawancara akan ketemu kuncinya untuk membuka kunci yang lain…..misalnya : “Tanya saja si anu yang kerja di anu,,,,,” atawa “cari aja si anu di anu…..”.
    Sialnya lagi sekarang banyak cerita-cerita semacam termehek-mehek yang diperankan misalnya oleh Anjasmara dengan “Curhat”nya. Penonton Indonesia memang suka yang seperti itu….. perdebatan dan perkelahian yang seolah-olah reality…..Biar di boongin juga pokoknya seru…..
    Ada lagi acara realigi yang menuangkan konsep agama yang alur ceritanya harus berakhir dengan kematian atau kesadaran sang antagonis, dan itu bisa diselesaikan dalam waktu 1 – 2 minggu….
    Entah apalagi yang akan disuguhkan oleh TV – TV lain kalau acara seperti itu memang digandrungi oleh penonton kita. Walahualam……

    Comment by Gak Percaya | 21 May 2009

  47. Gini….gua minta tolong Termehek-Mehek nyariin duit gua yang ilang…..tolong dong…..udah kangen nih sama duit yang ilang ntu.

    Comment by Cariin duit gua | 21 May 2009

  48. ngeseLin bGeT Ce???????????? emg di dunia pErfiLman Indonesia ga da yang kReatif

    Comment by phoe | 5 June 2009

  49. pErFiLman Indonesia iZanA cUma tIrU2 gA mALu pA??? eMgnA oRang2 yG nTon CumA bOnEka yAng iZa di bOdOhi?????????
    kpn gt di Curhat n TErmEhek2 pEmain cEwEkna sama cm beda da tahi lalatna…………………huh………..dasar…………….

    Comment by phoe | 5 June 2009

  50. China and Russia put the blame on some screwed up experiments of US for the earthquake that happened in Haiti.
    Chinese and Russian Military scientists, these reports say, are concurring with Canadian researcher, and former Asia-Pacific Bureau Chief of Forbes Magazine, Benjamin Fulford, who in a very disturbing video released from his Japanese offices to the American public, details how the United States attacked China by the firing of a 90 Million Volt Shockwave from the Americans High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) facilities in Alaska
    If we can recollect a previous news when US blamed Russia for the earthquake in Georgio. What do you guys think? Is it really possible to create an earthquake by humans?
    I came across this article about Haiti Earthquake in some blog it seems very interesting, but conspiracy theories have always been there.

    Comment by Lindsayraikwarme | 8 February 2010

  51. Ola, what’s up amigos?🙂
    Hope to get some assistance from you if I will have any quesitons.
    Thanks in advance and good luck!🙂

    Comment by incifoche | 12 February 2010

  52. I’ve decided to set up a football (soccer) site for my local team and I know one of the most important things for a community is having a great skin
    I’ve seen many sites on my search for something that stands out and I came across Armagh GAA – The Orchard County forum which seems extremely unique but I’ve never seen it on vb.org or any of the premium skin sites where I could buy it.
    I’m fine at graphics but its the coding that I find difficult, that skin I like the most looks really advanced coding but I love the layout of the skin although I would certainly go for different colours to that. Anyone know where I could buy it or where I could hire a coder to design it?

    Cheers, your help would be much appreciated. I’d like to get my site up and running soon as our midnight league starts soon.

    Comment by armaghgaachamps | 15 February 2010

  53. I just ran across this facebook page that says I bet I can Find 1,000,000 people who have bad memories of high school. I bet they will find 100 million hahaha!

    the page is here http://www.facebook.com/pages/I-Bet-I-Can-Find-1000000-People-Who-Have-Bad-Memories-of-High-School/344978068593 I am so addicted to Facebook ha

    Happy weekend everyone!

    Anyway, back to work
    Joanna

    Comment by jojosrileyi | 20 February 2010

  54. bagaimana CARANYA DAFTAR DI TERMHEK_MEHEK..?? kalo tau CLL aqu do nmr ni ato sms duLu.. 08563003013

    Comment by ani susanti | 3 September 2011


Leave a Reply

