Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Blogger Hanya Trend?

Blogger hanya trend sesaat. Mengelola blog hanya akan membuang waktu istirahat saya yang memang sudah sangat kurang. Itu yang ada di pikiran saya hingga sebulan yang lalu. Saya tidak tertarik mengelola website atau portal atau blog milik sendiri. Satu-satunya partisipasi saya dalam pengelolaan space di internet adalah forum kimia yang sengaja saya bikin untuk menjembatani hubungan saya dengan siswa. Misalnya untuk mengingatkan mereka tanggal pengumpulan tugas, jenis tugas, kapan ulangan, dan seterusnya. Sengaja saya pilih forum agar tidak terlalu sibuk mengelolanya mengingat kesibukan pekerjaan tidak memungkinkan saya meluangkan banyak waktu. Paling-paling butuh 10-15 menit untuk melakukan hal-hal itu.

Saya juga tidak tertarik sama sekali mengelola space lebih besar. Website di mana saya bergabung sejak 2-3 tahun yang lalu, meski pun saya menjadi salah satu penulisnya, tidak pernah saya utak-atik selain mengirimkan tulisan. Itu pun saya lakukan lewat e-mail. Kalau sudah ditempatkan di halaman web, barulah saya lihat-lihat. Yah, sekadar melihat apakah tulisan saya cukup menarik buat konsumen kami. Saya tidak datang untuk mengedit. Saya tipe orang yang tak suka mengedit tulisan sendiri setelah menuliskannya. Kecuali jika itu berhubungan dengan fiksi yang akan dipublikasikan. Tentu saya tidak bisa menuliskan paragraf yang tidak nyambung satu sama lain. Tapi pengeditan ini pun biasanya saya lakukan setelah keseluruhan cerita selesai.

Tapi ujung-ujungnya saya bikin blog juga, yang terpaksa harus dikelola sendiri karena saya pasti tidak akan punya waktu untuk mengedit tulisan orang lain seandainya mereka menjadii kontributor di blog saya. Sedangkan kalau tidak diedit, saya tidak tahu apakah isinya ‘menyimpang’ atau tidak. Maklum, tidak semua pihak bersedia mendengarkan orang lain mengeluarkan pendapat dengan bebas😦

Bikin blog bukan berarti saya ikut-ikutan trend. Seperti yang saya katakan di atas saya, saya perlu waktu istirahat yang cukup agar kesehatan saya tidak ambruk. Lantas kenapa masih nekat bikin blog dan mati-matian tidak ingin orang lain membantu? Dua alasan riil dan masuk akal adalah: kalau seseorang mencoba mencari di search engine tentang SMA Plus Negeri 17 Palembang tempat saya mengajar, tidak ada informasi baru yang layak dibaca. Jadi harus ada orang yang melakukan hal itu untuk memberikan informasi yang benar. Dan saya bersedia asalkan tidak didikte apa yang mau saya tulis. Alasan kedua, menulis tidak akan membuang waktu banyak. Karena saya suka menulis dan pasti menulis setiap hari, maka menyisakan waktu 1 jam menulis isi kepala untuk blog bukanlah persoalan rumit.

Biar orang lain yang membuktikan apakah blogger hanya trend beberapa tahun.

30 March 2008 - Posted by | Opini | , ,

6 Comments »

  1. buat saya blogger adalah pilihan orang

    selama itu ngga merugikan orang lain biarin aja

    Comment by Andika | 30 March 2008

  2. hohohooo,..
    begitu ya bu’,
    wah klo aku sih anak teknik bu’,.
    klo disuruh bikin blog,..
    males banget rasanya,..
    dolo dah pernah bikin,..
    klo web juga udah,…
    rebelion21.tk
    rebelion.multiply.com
    tapi keqnya dah mati semua,…
    awkokawokawoko
    😀

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 31 March 2008

  3. wah jangan diskriminasi dong….
    emang anak teknik ga bisa atau ga boleh nulis????

    Comment by wyd | 31 March 2008

  4. awkoawkoawko,….

    tergantung orangnya sih,….

    -,-‘a

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 2 April 2008

  5. Aku suka dengan orang yang intelek dan suka nulis, kayak Ibu. Itu juga cita-citaku. Semoga. Amin….

    Comment by Kemas Aurino Muhammad | 17 July 2008

  6. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Blogger tren atau bukan, biar waktu yang membuktikan. Karena tren tergantung dari waktu. Bila bertahan lama, dia akan berubah jadi gaya hidup.

    Blognya bagus banget, Bu. Kalau gak tahu profesi Ibu, pasti orang mengira Ibu adalah penulis. Ibu Wid memang guru yang keren. Salam kelas 3 IPA 1 thn 2001/2002, Bu!

    Izinkan saya memasukkanblog saya dalam tautan ya. Semoga blog saya bisa terus menjadi seperti niat awalnya dibentuk, yaitu sebagai wadah ekspresi saya.

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Comment by Dhiah | 12 March 2010


Leave a Reply

