Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Wilders dan Idiots Guide to Islam yang Menyesatkan

WilderApi dalam sekam kehidupan beragama umat di dunia kembali menyala. Fitna, sebuah film pendek besutan seorang politikus Belanda Geert Wilders (41 tahun), pemimpin partai konservatif PVV (Dutch Freedom Party), sedikit demi sedikit meledakkan gelombang protes dari dalam negeri Belanda maupun dari berbagai belahan dunia dan berbagai organisasi Islam dunia. Bahkan ada stasiun TV di Arab menayangkan keinginan rakyat Arab sebagai wakil umat Islam untuk memenggal kepala Wilders karena dianggap musuh Islam (saya diberitahukan teman-teman yang menetap di Saudi dan Bahrain). Saya belum menonton cuplikan filmnya tetapi dari berbagai sumber (termasuk dengan penuh ‘nafsu’ menelpon teman -meskipun bukan seorang politikus tapi hobi banget baca koran- di Belanda dan menanyakan hal ini) saya tak merasakan ‘sesuatu yang baru’ yang dilakukan Wilders.

Kalau Wilders memandang perlu mengibarkan bendera pembredelan terhadap Alquran sebagai kitab suci Muslim karena menganggap Alquran adalah buku petunjuk resmi umat Islam untuk mengeliminasi kaum non Muslim, itu bukan cerita baru lagi, paling tidak di Indonesia. Saya tidak menyatakan pendapat Wilders benar atau salah, tapi paling tidak beberapa Muslim yang kemudian dikenal sebagai teroris Indonesia meyakini hal yang ditakutkan oleh Wilders. Abu Dudjana, pemimpin militer Jemaah Islamiyah contohnya. Dalam salah satu wawancara eksklusifnya dengan CNN menyatakan boleh membunuh orang-orang Amerika karena mereka menyerang orang Islam. Jangan tanya saya ayat atau surah mana dalam Alquran yang menjadi pegangan mereka, karena saya sungguh ‘buta’ kosa kata Bahasa Arab.

Dilihat dari penampilan dan cara berbicaranya, Abu Dujana bukanlah sosok yang senang atau tega membunuh, setidaknya ini menurut pandangan saya. Tapi mendengar kata-katanya (sayangnya saya hanya mendengar terjemahan Bahasa Inggris dari reporter yang menutupi Bahasa Indonesianya) saya harus sedikit merenungkan adanya ketakutan besar umat beragama lain yang digambarkan lewat kata-kata Wilders. Kira-kira kalau saya sadur menjadi ‘Tidak ada muslim moderat karena tidak ada perbedaan antara muslim yang baik dan muslim yang jahat.’ Mungkin Wilders atau orang-orang yang sepandangan dengannya melihat banyaknya teroris Muslim yang berwajah innocent, bertutur kata halus, dan bertindak tanduk penuh kesopanan dan menjalankan sholat lima waktu dengan taat. Kalau dibilang mereka bukan Muslim yang baik, bagaimana mungkin mereka dapat bertingkah laku demikian baik. Tapi kalau mereka muslim yang baik, mengapa tega membunuh dan menyatakan pembunuhan itu sebagai sesuatu yang tak berdosa?

Jika seseorang mendapat informasi yang salah tentang Islam, dan kemudian menjadi pembenci Islam dan sekaligus pembenci Muslim, tidak seorang pun yang dapat menyalahkannya. Tetapi kalau dia menyebarkan kebenciannya itu pada orang lain, jelas suatu tindakan yang salah. Inilah yang kemudian menjadikan Wilders musuh dunia Islam saat ini.

Mungkin karena merebaknya bara kemarahan Muslim dunia saat ini, Youtube melakukan proses seleksi lebih ketat terhadap video-video yang berbau kontradiksi dan penyerangan terhadap Islam, khususnya Alquran dan Nabi Muhammad. Entah alasan mana yang paling digunakan Youtube untuk menutup akses video-video tersebut, apakah karena jumlah laporan pelecehan dari pengguna Youtube yang sudah tak dapat ditolelir atau karena mengantisipasi amarah kaum Muslim seperti yang mereka lakukan terhadap Wilders, atau untuk menjaga sebelum kemarahan meledak. Yang pasti video-video dengan judul utama Idiots Guide To Islam (IGtI) yang jumlahnya ratusan, tak lagi terlihat beberapa hari belakangan.

Kalau mau sedikit adil terhadap Wilders, apa yang dilakukan tim IGtI jauh lebih ganas. Video-videonya -meski hanya ada animasi judul dan suara pemandu- dan website yang terorganisir dengan nama yang kental keislamannya, boleh jadi telah menyesatkan banyak orang yang haus akan pengetahuan Islam, tampaknya tak pernah dipermasalahkan oleh kaum Muslim seluruh dunia. Padahal video-video tersebut lebih mudah dimengerti karena dalam Bahasa Inggris, bahasa yang lebih familiar dibandingkan Bahasa Jerman, Belanda, Cina, atau Jepang sekali pun.

Saya termasuk salah satu pengoleksi video-video tersebut, sebelum akhirnya menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh pemandu dalam video-video tersebut adalah sebuah pengingkaran terhadap Allah, Alquran, Hadist, Nabi Muhammad dan sunahnya, serta penyebaran kebencian terhadap Islam dan kaum Muslim di seluruh dunia. Tapi boleh jadi ada sebagian orang di luar sana yang terperangkap dengan penjelasan-penjelasan IGtI dan kemudian bahkan menjadi pembenci Islam dan kaum Muslim. Sebenarnya mau saya masukkan salah satu videonya di sini tapi WordPress tidak mengijinkan video dari link URL pribadi. Tapi video-video tersebut masih dapat di-download dari blog pribadi seorang pensiunan militer, yang lebih baik silakan mencari sendiri bagi yang berminat karena saya tidak mau dianggap menyebarkan pemahaman yang menyimpangkan orang lain.

Sebelum video-video tersebut dilarang Youtube, saya sempat mempertanyakan kenapa tidak ada seorang ulama pun atau satu lembaga Islam pun yang menuntut Youtube untuk menghentikan semua penayangan video-video itu. Kenapa umat Islam Indonesia lewat berbagai perwakilan organisasinya yang biasanya sangat antusias menyatakan pendapat tentang keadaan sensitif seperti ini, tak bersuara tentang IGtI? Mungkin karena saya tidak termasuk anggota salah satu organisasi Islam regional, nasional, atau dunia maka suara saya hanya terdengar oleh telinga saya.

28 March 2008 - Posted by | Opini | ,

11 Comments »

  1. Bu saya udah download videonya dari youtube…

    ck ck ck

    Satu hal yang bener2 bikin saya bingung…

    Apa sih alesan si Wilder ini buat video itu??

    *pengen ngetop?
    *iseng?
    *luapan ekspresi??

    ato kenapa sih?

    aku bener2 masih nggak bisa ngerti, kok ada orang yang
    mendedikasikan hidupnya… rela menjadi musuh orang lain…

    cuma untuk menghina?

    Maunya saya itu. mbok ya udah…

    Agama orang ya sono, ya kita ya sini…

    Gag usah saling ngurusin…

    Yang mana kita yakin ya ini, yang enggak ya sana.. ya udah

    Iiiiiiih, saya jadi gemes sendiri liatnya……..

    Comment by rocco90 | 29 March 2008

  2. Yang ginian bukan baru sekarang kan terjadi?
    Lagian si Wilders kan lagi campaign jadi pake segala cara deh biar populer.

    Tapi ada fakta aktual dlm film itu, antara lain ‘Number of Muslims in the Netherlands’ yang menunjukkan ketakutannya soal perkembangan agama Islam.

    Film ini … yah… ga terlalu beda waktu orang2 Yahudi protes soal film ‘The Passion of Jesus Christ’ yang kesannya melecehkan Yahudi. Kayaknya… sebenarnya bukan Islam yang ditakutkannya tapi orang2 Arab.

    Btw… pernah nonton IGtI?

    Comment by wyd | 29 March 2008

  3. yah, bener bu…

    setelah nonton langsung… bukan denger dari kata orang…

    Menurut saya
    Wilders nggak menghina Islam…
    yang saya tangkap adalah

    ketakutan berlebihan pada:
    1. terorisme
    2. “hukum Islam”, yg terkesan tidak manusiawi dan barbaric

    Saya setuju sekali sama Ibu yang bilang sbenernya

    2 point yg diatas itu… adalah
    ARAB…
    yang mendeclare dirinya sebagai ISLAM

    Teroris
    yang menyatakan dirinya ISLAM

    JAdi Wilder menyerang “mereka”… “mereka” pake nama Islam

    jadi

    Wilder mennyerang Islam.

    Nah lo?

    igti?
    waduh kayaknya belum bu…

    Judulnya apa? entar deh saya cari dirental.
    hehehe

    thank’s

    Comment by rocco90 | 29 March 2008

  4. asslm…

    bu, ni hafiz. anak kelas 3 yang tggal di asrama. apis udah nonton videonya dan itu hanya dari pandangan mereka aja. dan ayat2nya di potong2. terlalu bnyk fitnah yang Wilders sajikan.
    ck,,ck,,ck,,

    o iy, apis nge-post juga buat bandingan di blog hafiz. mampir ya bu.,.,.^^(sekalian promosi)
    jgn lupa komennya..

    hehe..

    wassalam…

    Comment by hfiz03 | 29 March 2008

  5. waktu postingan ini ditulis, ibu belum nonton.
    tapi setelah nonton pun, ga terlalu2 amat melukai buat ibu pribadi.
    apalagi hanya gambar.

    beberapa hal ibu punya pandangan sama dg rocco90.

    IGtI jauh lebih jahat dalam kata2 meski tak ada gambar.
    sayang udah dimasukkan dalam banned video.
    yah paling ga gambarannya ada di website mereka deh.
    just check it out to prove what i say….

    Comment by wyd | 29 March 2008

  6. asslm..
    IGtI?? klo videonya sih belom. websitenya inthenameofallah.org ya bu?? klo yang itu hafiz udah liat tapi lom baca. he…

    apa yang rocco dan ibu bilang emang bener. Wilders itu menyerang “mereka” yang make nama islam.

    segini dulu ya bu..

    wassalam…

    Comment by hfiz03 | 30 March 2008

  7. IGtI disebarkan oleh sekelompok orang yang menyerang Muslim, Islam, dan Christian.

    Motifnya ga jelas tapi background mereka antara lain: fasih berbahasa Arab, tau detail Alquran, mendalami sejarah Islam, pembenci Jesus dan trinity.

    Comment by wyd | 1 April 2008

  8. orang yang seperti itu adalah benar benar kafir harabi jelas darahnya halal bagi islam

    Comment by ustr | 15 May 2008

  9. Bisa berikan dalil Alquran dan Hadist, pak?

    Comment by wyd | 16 May 2008

  10. Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu
    Gak perlu kafir harabi (darahnya halal bg islam), ngapain juga ngilangin nyawa org itu, ntar juga khan orang itu mati dan dapat siksa dari Allah…

    Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku

    Jeas bukan….

    http://www.plazadownload.tk

    Comment by Black | 8 March 2009

  11. visited :

    http://www.plazadownload.tk

    Comment by Black | 8 March 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s