Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

SMA Plus Negeri 17 Palembang (Bag 1)

Rencananya tulisan ini dibuat dalam dua bagian. Ini yang ada di kepala saya saat tangan saya mulai mengetikkan huruf demi huruf tentang sekolah tempat saya mengajar, SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tulisan yang sedang anda baca ini adalah bagian yang pertama. Bagian ini tentang asrama SMA Plus Negeri 17 Palembang. Saya sengaja menuliskan tentang asrama di bagian awal, mengingat banyaknya permintaan orang tua siswa untuk diperbolehkan menjenguk asrama putra-putrinya, selain untuk memenuhi keingintahuan calon siswa-siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang beserta orang tuanya.

AWAL CERITA

SMA Plus Negeri 17 Palembang mewajibkan siswa-siswi kelas X tinggal di asrama selama dua semester (1 tahun). Tujuan awal adalah mendidik siswa-siswi baru agar mempunyai persepsi yang sama tentang sekolahnya serta membangun kebersamaan yang kokoh antar teman seangkatan dan dengan kakak-kakak kelasnya (disebut senior untuk kelas XI dan super senior untuk kelas XII). Dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keluarga siswa dan bahkan dari berbagai daerah di seluruh Sumatera Selatan (bahkan beberapa siswa datang dari provinsi lain) tentu tidak mudah menyatukan pandangan siswa tentang visi dan misi sekolah sambil mereka menjalankan kewajibannya sebagai pelajar. Inilah beban berat pembina asrama yang didukung penuh kepala sekolah, Bapak Merki Bakri, S.Pd., M.Si.

GEDUNG DAN FASILITAS

Terdiri dari asrama putra, asrama putri, asrama pembina putri, ruang makan putra, ruang makan putri, dan dapur. Asrama putri diberi nama asrama Cut Nyak Dien (CND), Dewi Sartika, dan Cut Meutia. Asrama CND terdiri dari sebuah bangunan bedeng bertingkat dua, 8 kamar di bagian bawah dan 8 kamar di bagian atas. Rata-rata dihuni antara 7-9 siswa putri per-pintu. Label untuk tiap kamar adalah CND 1, CND 2, CND 3, dan seterusnya hingga CND 16.

Sedangkan Dewi Sartika dann Cut Meutia berbentuk rumah biasa masing-masing memiliki enam kamar. Maksimum empat orang per kamar tetapi hingga saat ini paling banyak dihuni 2 orang. Cut Meutia diperuntukkan bagi siswi kelas XI dan XII yang tidak wajib tinggal di asrama tetapi karena alasan tertentu memilih tinggal di asrama. Misalnya berasal dari luar kota atau ingin berkonsentrasi di pelajaran dan meminimalkan gangguan seperti yang mereka dapati di rumahnya. Dewi Sartika diperuntukkan bagi kedua pembina asrama putri, Miss Cho dan Bu Suster.

Asrama putra terdiri dari lima buah rumah mirip Dewi Sartika dan Cut Meutia, masing-masing dinamai pahlawan-pahlawan nasional Indonesia, yaitu Teuku Umar, Tuanku Imam Bonjol, Sultan Mahmud Badaruddin II, Pangeran Diponegoro, dan Sultan Hasanuddin. Sama seperi halnya Dewi Sartika dan Cut Meutia, masing-masing asrama putra juga memiliki enam kamar, masing-masing kamar memiliki satu kamar mandi dan empat tempat tidur. Jadi maksimum juga empat orang per kamar. Tempat tidur yang disediakan berupa tempat tidur bertingkat dua ukuran satu orang. Bedanya dengan tempat tidur putri, untuk putra bahan dasarnya semua besi agar lebih kuat. Jadi mau yang gendut atau yang kurus di atas tak menjadi masalah. Sedangkan tempat tidur putri berbahan kayu sehingga siswi berbadan gemuk harus tidur di tempat tidur bagian bawah. Letak asrama putri tepat berseberangan dengan asrama putra dan dipisahkan oleh sebuah mesjid dan jalan beton selebar kurang lebih empat meter. Jalan beton menghubungkan setiap bangunan di lingkungan asrama dengan bentuk melingkar.

Mesjid berada tepat di tengah-tengah lingkungan asrama. Di muka mesjid berdiri dua ruang makan, putra dan putri. Lucunya, ruang makan putra letaknya lebih dekat ke asrama putri dan sebaliknya. Masing-masing ruang makan dilengkapi dengan meja makan berfasilitas empat orang dan sebuah televisi. Acara ‘nonton bareng’ paling terasa jika ada kegiatan lokal bersifat nasional. Misalnya saat Sriwijaya FC bertanding. Acara ini makin seru saat Sriwijaya FC masuk final. Semua siswa seakan tak punya PR dan siap berangkat ke sekolah keesokan harinya hanya dengan modal dengkul.

Di sisi kiri mesjid atau di sebelah kiri ruang makan terdapat dapur. Di sinilah mbak-mbak dapur menyiapkan makanan untuk para siswa. Pegawai dapur berjumlah 16 orang. Mereka dibantu 12 cleaning servis (anak-anak lebih suka menyebutnya OB/Office Boy) yang terdiri dari anak-anak muda yang berstamina tinggi dan semangat penuh. Selain makan bersama di ruang makan khusus putra atau putri, siswa juga diperbolehkan makan di ruang makan dapur. Beberapa siswa memilih tempat ini sebagai ruang makan rutinnya. Yang tidak diperbolehkan adalah membawa makanan ke asrama atau ke dalam kamar. Dapur hanya menyediakan peralatan makan untuk makan siang, setelah siswa-siswi melakukan sholat zhuhur berjamaah. Untuk sarapan dan makan malam, siswa-siswi harus membawa peralatan makan sendiri dan mencucinya sendiri. Untuk itu disediakan ember-ember besar dan kran air di bagian kiri depan dapur.

Di sisi kanan CND, persis di sudut komplek asrama, tempat tinggal koordinator asrama berupa sebuah rumah mungil dengan dua kamar. Kebetulan kepala sekolah mempercayakan tugas itupada saya pada tahun pelajaran 2007-2008 yang akan berakhir Juni 2008. Meski tidak terlalu besar tapi sengaja tak saya tempatkan banyak barang agar dapat digunakan sebagai tempat berkumpul siswa untuk keperluan tertentu dan tentu saja alasan utamanya agar kalau nanti tak lagi menjadi koordinator asrama, saya tak perlu memindahkan banyak barang. Hanya barang-barang paling penting yang saya bawa, yaitu kulkas, televisi, peralatan elektronik, peralatan pribadi kami, dan tentu saja buku. Buku merupakan benda terbanyak jumlahnya di rumah mungil itu.

Anak-anak seringkali ‘menitipkan’ barang-barang mereka di kulkas kami, misalnya kue ulang tahun. Bahkan menyimpan barang yang agak aneh, misalnya kosmetik penghilang jerawat. Kulkas juga menjadi salah satu benda favorit yang dituju anak-anak jika berkunjung ke kediaman koordinator. Biasanya es krim dan kue-kue selalu ada di dalam kulkas dan menjadi rebutan anak-anak.

PERATURAN, KEGIATAN DAN PENGALAMAN DI ASRAMA

Kegiatan siswa asrama telah terjadwal meskipun bukan harga mati. Sebagai pengganti orang tua siswa, pembina asrama berusaha menciptakan suasana kekeluargaan di lingkungan asrama. Kemarahan bukanlah jalan yang dipilih untuk meluruskan siswa yang melanggar peraturan tetapi marah tidak tabu dilakukan jika memang hanya itu cara yang membuat siswa bisa memahami aturan.

Pada momen tertentu diadakan lomba kebersihan dan kerapian asrama dengan tema yang disesuaikan. Misalnya pas acara tujuh belasan bertema ‘tujuh belasan’, pas hari valentine bertema ‘aku dan cinta’. Yang akan datang rencananya akan dilaksanakan untuk April Mop. Pembina asrama mendukung penuh kegiatan ini karena akan membangkitkan kreativitas siswa menghias ‘rumahnya’ dan lingkungan asrama menjadi lebih indah dan segar dengan pemandangan baru.

Tinggal di asrama tidak sepenuhnya menakutkan. Biasanya hal yang paling tidak ingin kita lakukan adalah mencuci pakaian sendiri. Selain harus berbasah-basah keringat dan air yang sebenarnya, juga menyita waktu. Siswa-siswi di asrama SMA Plus Negeri 17 Palembang umumnya menitipkan tugas itu pada tetangga sekitar asrama atau orang tua mereka yang mengambil dan mengantar pakaian satu atau dua kali seminggu. Biasanya saat masuk asrama jam 4 sore hari Minggu, mereka membawa pakaian bersih yang telah licin disetrika. Hari Selasa atau Rabu keluarga mereka akan datang mengambil pakaian kotor. Hari Sabtu siang sekitar jam dua mereka diperbolehkan pulang kembali ke rumah dan kembali lagi Minggu sore keesokan harinya. Kesempatan ini digunakan siswa untuk membawa pulang pakaian-pakaian kotor mereka.

Acara pulang ke rumah selalu menjadi hal paling menyenangkan. Karena biasanya akan menjadi orang paling penting di rumah setelah ‘seminggu’ menjadi orang yang ‘jauh dari keluarga’. Biasanya orang tua akan dengan sangat senang hati memprioritaskan kepentingan putra-putrinya yang kembali dari asrama, memberikan servis berlebihan agar anak-anak mereka tak merasa ‘dibuang’ selama seminggu. Padahal kenyataannya, anak-anak itu enjoy-enjoy saja tinggal di asrama. Tapi tentu akan dengan senang hati menikmati ‘servis memuaskan’ yang diberikan orang tua saat mereka kembali ke rumah.

PENGHUNI POPULER

Dalam lingkungan apa pun selalu ada mereka yang populer, entah karen keadaan fisik, keahlian di suatu bidang, atau bahkan hal yang sebenarnya ‘agak memalukan’. Populer di asrama yang dimaksud di sini mempunyai pengertian sedikit miring. Cek saja beberapa siswa-siswi populer atau dipopulerkan oleh penghuni asrama lainnya dan pembina asrama untuk tahun ajaran 2007-2008 ini dengan nama panggilan masing-masing.

1) Nanda, perempuan, hitam manis, perawakan montok. Karena suaranya yang menggelegar seringkali diminta tolong oleh Miss Cho dan Bu Suster untuk memanggil teman-temannya atau membuat pengumuman tak resmi tentang asrama tanpa perlu mengumpulkan seluruh penghuni asrama putri di satu tempat. Paling sering bangun kesiangan dan suka sekali menyanyi meski tidak semua orang bisa menikmati alunan suaranya.

2) Aris, laki-laki, mata sipit, gendut. Penghuni asrama yang paling menarik perhatian pembina asrama putra. Awal-awal tinggal di asrama, dia paling menyita perhatian pembina asrama karena tiada hari tanpa melanggar peraturan asrama dan paling malas membersihkan tempat tidur atau mengatur barang-barang pribadinya. Tapi menjadi agak jinak setelah tertarik pada tetangganya di CND. Sayangnya akhir-akhir ini kelihatannya mulai kembali ke kebiasaan lamanya.

3) Bu Suster, berkulit putih, mungil (mungkin tidak akan bisa tinggi atau gemuk lagi), dengan suara kekehan yang khas. Sangat profesional sebagai suster meski kadang keluar juga juteknya. Perannya sebagai suster asrama di-KO-kan keaktifannya pada Frienster. Karena itu dijuluki Ratu Frienster. Selamat, Bu Sus!

7 March 2008 - Posted by | SMAN 17 Palembang | ,

74 Comments »

  1. wah, baru tw kalo kemajuan asrama jubels alias 17 dah pesat bgt…!!

    salut dech buat para pembina asrama….(ayo pak-bu, maju terus pantang mundur!!!)

    atu lg nie, muthe baru tw ternyata bu wyd jd koordinator asrama….ciee…..”madam asrama” Hi Madam……

    pokoke..ganbatte buat semuanya di JUBELS….

    ayo JUBELS, kembangkan sayapmu..tunjukkan tarinG-mu……
    (Asrama, emg gak ada matinya dech!!)

    btw2x bu wid, tulis ttg sarden asrama dunk…request ya….he3x

    Comment by muthe' | 14 March 2008

  2. Hai The, ntar kalau waktunya ada akan ditulis lebih detail soal asrama. makasih udah lihat-lihat yah… doa ibu buat Muthe moga jadi orang sukses di jalan-Nya

    Comment by wyd | 15 March 2008

  3. wuiH SALUd banged BWd pembina Qmi YAng tak prNA MENYERAh untuk mwndidik qmi d asrma…

    teteP smangaT YA MAm..

    wlw bulaK balig kuliah n ngurusin asrama..

    tpi tetap semangad ya mam,,,

    Comment by DEvia | 20 March 2008

  4. Pembina semangat krn anak-anaknya santun semua. Kalau punya photo asrama yg bagus, ksh ke pembina aja biar diupload di sini. thx ya udah mampir

    Comment by wyd | 21 March 2008

  5. assalamu’alaikum.
    buuuuuuuuuuu…

    masih inget gak bu sama saya?? ganda yang di IA 5 Lo bu..

    bu wyd,,jd kangen sama asrama,,
    soalnya,,emang bener loh, asrama itu bukan sekedar tempat tinggal biasa,,hehe

    saya dulu belajar banyak disitu,,
    jadi mandiri,,jadi tau gimana menempatkan diri,,
    dan kalo ingat kenangan2nya,,duuh..jadi sediih..

    bu wyd,,titip salam ya buat bu suster n bu cho..

    oia,,tolong bilang ke bu suster,,jangan lp sama ganda yg dulu suka sakit gigi..hoho

    buk,,tau gak..dulu saya pernah dihukum lari keliling lapangan asrama malem2 lo sama bu suster,,huuhuuu..

    yah,,kok jd nostalgia gini,,

    yawdah de bukk..oia bu,,blognya bagus banget..emang bu wyd itu kombinasi kimia n fiksi yaa..

    terus berjuang ya buk!!
    semoga sukses selalu!!

    miss u……
    kangen jubel..
    wassalam

    Comment by ganda ilmana | 22 March 2008

  6. tentu inget, PSIA 5…. paling ribut tapi keren, anaknya pinter2. ganda kuliah di mana sekarang? ibu kadang masih sms-an sama ino. tadi sempat masuk ke forum yang dia kelola, kebetulan nemu di search engine. mg blog ini bisa jadi corong promosi 17 sekaligus biar alumninya tau berita terbaru 17 meski ga semua tulisan tentang 17. thx yah udah mampir. jgn kapok.

    Comment by wyd | 22 March 2008

  7. Assalamu’alaikum..
    Bu..ini ibu wyd bukan yah???kalo bukan mohon maaf..
    tapi klo iya,masih inget sama saya? angkatan 6 yg dulu sekelas dgn eka yg ibu buat nagis gara2 ujian pke tipe-ex hehehe…
    apakah ibu masih sekejam itukah??hehehehe..kidding bu..
    doa kan saya Bu sbntr lagi nyusun skripsi..moga lancar..amin..

    Comment by Al-fath Ilal haqqi | 23 March 2008

  8. wew…..salut buat ibu ngisi blog na
    da lama gak dengar kabar sma 17 hehhehe
    tapi kyk na makin seru az …

    sukses selalu😀

    Comment by eka mei | 23 March 2008

  9. Buat Al-Fath:
    Waalaikumsalam…
    Wah, tebakannya lumayan jitu. Bener, soal tipp ex atau pensil, masih peraturan yg sama. Doa ibu moga skirpsinya lancar dg hasil terbaik yah, Fath.

    Buat Eka Mei:
    Apa kabar euyyy????
    Baca deh alasan ibu bikin blog ini di ‘tentang saya dan blog’.

    Buat semua alumni 17:
    Jgn kapok mampir buat ngecek siapa tau ada berita baru soal 17. dan minta dukungannya agar blog ini bisa hidup terus.
    keep going 17!

    Comment by wyd | 23 March 2008

  10. assalamu’alaikum,..
    wah bu’ wid,..
    apa kabar bu’?
    dah lama ga bersua,..
    awkoawkokaw
    jgn2 dah lupa ma saya?
    anak aksel angkatan 3

    buat k’ alfath, sekrang bu’ wid baek kok,..
    ^^

    hhmmm,..
    buat bu’ wid,.
    maju terus ya bu’
    saya sangat mendukung adanya blog ini,..

    ibu ada ym??

    wassalam

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 23 March 2008

  11. assalamualaikum….

    bu wid….apa kabar???
    masih inget ama saya???Puji, angktn 7 yg sekarang kuliah di universitas utara malaysia..:)

    wah…blognya keren banget bu…
    jadi bisa nostalgia tentang SMA dan asrama 17..

    tetep semangat yaa bu nulis blog nya, supaya kami yg udah lulus dari sma 17 tetep bisa tau kabar sma tercinta kami..🙂

    SEMANGAT…SEMANGAT…
    😀

    Comment by puji wati | 23 March 2008

  12. Buat Sofian Hadi:
    Baca alasan ibu bikin blog ini di ‘Tentang Saya dan Blog’
    Soal YM… ada sih tapi cuma buat kerjaan. Sorry banget, yah!
    Soalnya ibu ga cocok + blm punya waktu jd chatter kayaknya.

    Buat Puji Hitam Manis:
    Masih keriting tuh rambut??????

    Kapan2 mampir lagi yah soalnya blog ini baru dibangun belum sebulan, pastinya msh banyak banget yg mesti ditambal sana-sini

    Comment by wyd | 23 March 2008

  13. hahaha,,,,

    ternyata ibu ngak lupa sama saya…

    iya, inysallah kita akan sering mampir ke blog ibu deh,

    tetep semangat ya bu,,,
    😀

    Comment by puji wati | 23 March 2008

  14. wah keqnya ibu juga dah lupa ma saya,…
    awkoawkowkako

    hhmmmm,…
    gtu ya bu’
    bknnya dolo ibu pernah crita ama orang bule bu’??
    hohohoooo

    kmren smpet chat sama cwek brazil,…
    tapi ga mo pake english dia,…
    mo tak mo pake translator bahasa sana,…😦

    numpang promosi ah,..
    bleh ga bu?
    ni ama temen2 bikin forum jombloers,..
    web nya http://jombloers.us
    ramein ya,..
    hohoooo

    tambahan:
    ‡seventeencommunity.forumup.com

    ‡www.tujuhbelasonline.co.nr

    ‡www.smun17-plg.sch.id
    siapa aja yg urus itu web?

    maju terus ya bu’

    banzai
    regards,..

    .:[‡ReBeL‡™]:.

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 24 March 2008

  15. Wah siapa yg bisa lupa….
    Sofian kan yang suka nyeletuk ga jelas gitu deh.

    seventeencommunity.forumup.com dikelola siswa tp udah di-delete account-nya.

    http://www.tujuhbelasonline.co.nr dikelola siswa tp ga jelas siapa. yg gini ga bisa dipertanggungjawabkan kalau ada berita ga bener dlm portal itu. tp kayaknya ga aktif lg dilihat dari post terakhirnya tahun 2006.

    http://www.smun17-plg.sch.id adalah situs resmi sekolah dg koordinator guru ekonomi yg baru. tapi kayaknya alamat ini mati suri deh.
    ibu sudah lapor secara lisan tentang ini ke kepsek langsung maupun ke koordinatornya bulan februari lalu.
    sebelum ada kejelasannya, jadikan aja blog ini sebagai pengikat silaturahmi.

    ada waktu main ke blog yg bahasa inggris yah dan jangan lupa komentar krn adik2mu di 17 takut nulis komentar di sana. malu bhs inggrisnya salah, kata mereka.

    Comment by wyd | 24 March 2008

  16. hohohoooo,…

    di sma kan dah ada hotspot bu’
    napa ga di manfaatkan untuk buat suatu tim siswa atw xcool,
    buat majuin tu situs resmi skolah,
    keq semacem ada berita terbaru,
    atw liputan sekilas ttg 17 lar,

    atw Marella online gtu,..
    heheheheeee,.

    hhmm,…
    wokeh ntar maen2 ke blog yg english,..

    ^^

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 25 March 2008

  17. Pertanyaan dan usul yg bagus ini seharusnya disampaikan ke pihak sekolah, atau tepatnya koordinator IT.
    Tau kan kalau ibu ga suka nyampurin urusan/kerjaan orang.
    Baca di http://www.blogwyd.blogspot.com ada satu tulisan soal ini.

    Maka ibu pake cara ibu untuk memperkenalkan 17, yaitu bikin blog ini, meski semua hal dilakukan secara otodidak dan belajar online dari berbagai sumber. Yah, bisa-bisalah ngakalin waktu yg 24 jam sehari semalam itu. Asal ada niat dan komitmen, ibu kira semua bisa dilakukan karena fasilitas udah tersedia.

    Comment by wyd | 25 March 2008

  18. ibu dah sering cerita kok,,…
    klo ga suka nyampurin urusan org,…

    sayangnya saya hanya alumni bu’,…
    mungkin ada adek kelas,…
    usul n bikin suatu proposal,…

    yah bagus la,…
    salut sama ibu,
    biasanya yg otodidak lebih bagus hasilnya bu’,.
    heheheeee,..

    ^^

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 25 March 2008

  19. mengenai website 17 yg ga ke mana2 kalau diklik, ibu udah laporan meski secara lisan ke kepsek maupun koordinator IT dua bulan lalu. Jadi kita tunggu aja plus sedikit sabar ….

    Comment by wyd | 26 March 2008

  20. hohohooo,…
    ditunggu kabar baeknya bu,…
    moga2 ada tanggapan dari atas,…
    hope the best lar,..😀

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 26 March 2008

  21. tanggapan dari atas??? tuuhhh barusan mau nyampe… awassss palaaa… duren mau jatuh dari atassssss!!!!

    Comment by wyd | 27 March 2008

  22. Assalamualaikum…

    ternyata, selain jago puisi (saya masih inget waktu Teacher Award 2004, ibu baca puisi yang judulnya meong atau kucing ya? hehe), juga jago nulis. Kalo kimia sih, sudah tidak diragukan lagi.🙂
    sukses ya Bu…
    terima kasih,

    Comment by Husnul Hakim | 19 April 2008

  23. ga nyangka masih ada yang inget ibu diminta baca puisi mendadak waktu itu….
    moga ga malu-maluin….

    moga Husnul juga sukses yahhh

    Comment by wyd | 21 April 2008

  24. Hehehe, otak kita kan emang didesain buat merekam hal-hal yang berkesan Bu. Alhamdulillah kesan tentang Ibu baca puisi itu positif.

    terima kasih,

    Comment by Husnul Hakim | 21 April 2008

  25. alhamdulillah ganda sekarang di kedokteran UI buk..
    kesampean juga kemaren PMDK nya..

    oh,,saya malah jarang buk contact sm ino..

    tapi kabar2nya dia baek2 aja disana..

    ih,,seneng banget deh,,bisa denger obrolan anak jubel..

    buat semua yg udah kasih komentar diatas,,
    salam dari alumni jubel yg sekarang di UI ya,,
    terutama angkatan 8,,

    buk,,semoga UAN, UAS, dan spmb nya lancar semuanya ya..
    semoga banyak yg keterima juga pmdk nya..

    pokoknya semoga jubel bisa maju terus..

    salam ya buk buat semuanya..

    ^_^kapan2 maen lg!!

    Comment by ganda ilmana | 24 April 2008

  26. Alhamdullilah… moga terus lancar kuliahnya.

    Ino kadang kirim SMS terutama kalau mau ujian (minta doa katanya!).

    Di mana pun kalian sekarang, mudah-mudahan berkah Tuhan tetap bersama kalian.

    Comment by wyd | 24 April 2008

  27. asslmkm..wr..wb
    bu wyd ne adrian cf or ce ef xii psia 8 (aksel)….angktan 9..msih inget gak?….btw bbu wyd sekrg jdi koord…asrma y…wah slamet y bu…oh y brita2 ttg asrmany..bgus2…..
    oh y bu mohon doanya..coz tahun ne aq mo ikut spmb lgi ..moga bisa lu2s itb..amin…slm tuk gru2 n penghuni asrma d sana…wss

    Comment by adrian cf | 1 May 2008

  28. thx udah mampir yah. jangan kapok mampir lagi.
    diusahakan nulis soal sekolah lebih banyak kalau ada waktu.

    moga Adrian diberikan Tuhan jalan terbaik dan dipermudah langkahmu.

    Comment by wyd | 3 May 2008

  29. assalamualaikum…
    bu wyd, pa kbr?ini husin,salah satu anak didik ibu angktan 9,, xii psia8(aksel yg br lulus kmaren),,
    bu’, skarang ini husin sdg kuliah di STAN,,bkalan calon petugas pajak RI… mohon doanya bu’,, spy husin “kuat” disini…

    Comment by sinroom | 14 May 2008

  30. moga Allah melindungi jalanmu selalu….

    Comment by wyd | 16 May 2008

  31. waw.
    thx mam e.

    kerenn nean blog-ny.
    mam bahas jga apa tentang hukuman asrama yang menyebalkan itu.

    misalnya:
    lari keliling asrama,
    buad karya tulis,
    bersihin asrama pembina,
    dihukum berdiri sampe jam 22.30 di depan asrama Dewi Sartika..

    pokokny masiih banyak yang nanda sebutin itu semua yamg sudah nanda alami…

    hhoooo…

    Comment by nanda | 17 May 2008

  32. tunggu tulisan terbaru soal asrama dan SMA Plus Negeri 17 Palembang. akan diusahakan secepatnya meski harus nyuri-nyuri waktu.

    thx yah udah sempat mampir dan baca tulisan-tulisan di blog ini. moga bermanfaat….

    Comment by wyd | 19 May 2008

  33. saya ingin bertanya dimana letak sekolah yayasan putri indonesia (YPI) yang terletak di kalimantan timur

    Comment by eva nurjannah | 21 August 2008

  34. Kayaknya kamu bisa coba browsing di internet deh, Va.
    Thx ya udah mampir….

    Comment by wyd | 21 August 2008

  35. saya harap smun plus 17 palembang dapat menjadi juara umum dalam kompetisi olimpiade di sumsel,bahkan harus bisa mencapai ke tingkat nasional.
    By;okti prambudi
    Asal sekolah;rintisan sekolah bertaraf internasional sman 4 curup

    Comment by okti prambudi | 13 November 2008

  36. haiii,ne rahnmad dari sman 4 curup aQ mo knalan sma nak sman 17 nehh.. bolehkan

    Comment by rahmad ramadhan | 13 November 2008

  37. @okti prambudi dan rahmad ramadhan: kenapa IP anda dideteksi dari suatu tempat yang saya kenal di palembang?

    kalau anda masuk ke blog saya karena merasa keberatan dengan tulisan saya, silakan langsung berkomentar di tulisan yang dimaksud.
    tapi kalau anda benar siswa sman 4 curup dan mau kenalan dengan siswa2 17, silakan masuk ke link2 siswa dan alumni 17 di halaman depan, yang berkode ‘kids:’

    makasih udah mampir dan thx juga doanya.

    Comment by wyd | 13 November 2008

  38. assalamualaikum wr wb..
    bu wid…
    kangen juga sama materi kimia yang dijarkan bu wid..
    meski sekarang di dunia ku ngga dipake tapi insyaALLAH apa yang ibu ajarkan sama aq pasti tetap ku ingat dan bakal di terapkan dengan baik nantinya…
    aq benci banget ketika sampaei di FASILKOM UI ternyata disini pikiran kita dijauhkan dari kimia yang padahal ilmu itu sangat asik untuk dipelajari..
    seperti kalimat yang diutarakan seorang guru di modul kimia..
    hehehehehhe..
    o ya bu salam buat anak 17
    semoga selalu dapat membanggakan sekolah harapan semua anak sumel tersebut..
    aq yakin selagi masih ada pejuang2 pendidikan seperti bu wid 17 akan tetap jaya

    Comment by muhammad.fitriansyah | 13 November 2008

  39. MaM wid, asrama sekarang banyak penyakit….

    banyak binatang gag jelas…

    gmana neh???

    Comment by sOmeone | 15 November 2008

  40. @sOmeone: karena sejak juli 2008 maam bukan koordinator asrama lagi, jadi maaf ga berkompeten menjawab hal ini. silakan langsung menyampaikan semua permasalahan ke koordinator kalian yang baru. thx

    Comment by wyd | 15 November 2008

  41. @G ad: ok ke emailmu langsung yah

    Comment by wyd | 27 December 2008

  42. Aslmkm,, mv Mam telat liat blognya…Hhe

    It’s awesome…
    Acim kagum Mam dgn tulisan2 Mam yang penuh dengan bahasa sastra dan diksi yang memukau. mudah dicerna, namun menjunjung Linguistic-nye Bahasa Indonesia.

    klo masalah asrama,, acim malah kangen… Hhe..

    thanx yo mam 4 everthing that’s u have given to me as your student..

    Comment by Choirul Azim | 27 December 2008

  43. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam kenal, saya adalah guru Biologi SMA Negeri 1 Muara Enim, bagi siswa-siswi SMAN 17 yang lagi bengong kunjungi dan kasih comment pada situs ini : http://situsbiologiindonesia.blogspot.com/

    Comment by wahyu wardian | 2 February 2009

  44. numpang mampir

    Comment by wahyu wardian | 2 February 2009

  45. kalau sempat kirim komentar pada situs ini :
    http://situsbiologiindonesia.blogspot.com/

    Comment by wahyu wardian | 2 February 2009

  46. haloo….wid ceritain juga lho tentang masa-masa awal kito dulu berjuang di sma 17 ini, …… ok sukses ya !!!

    Comment by Riz | 2 February 2009

  47. @wahyu wardian: udah, pak… udah ninggalin komentar juga. blognya bermanfaat penuh pengetahuan… thx udah ninggalin link di sini.

    @Riz: hahahahaha… ntar pada sediiiihhh

    Comment by wyd | 2 February 2009

  48. memm. . .

    msi ingd dag mo atok.
    yg asrma bonjolitu nah. . .
    yg slalu buwad ribut smo nanda smo riki.

    kren nian mem tulisannyoh
    pgen lgi nah tnggl diasrma lju.
    hhe….

    dtunggu tulisannyoh lgi memm.

    Comment by atoq | 7 February 2009

  49. mem .

    ni hasan .
    sudah lupa gag sama hasan [?]
    hha =)

    knp sombong banget mem .
    hhe :p

    _121108_

    Comment by hasan | 7 February 2009

  50. @atoq: ingeeeeeet banget

    @hasan: dari bahasanya, ini pasti hasan kembar yang pernah kelupaan dicium🙂

    Comment by wyd | 7 February 2009

  51. aku pengen d masuk sma 17, , ,

    Comment by mengusulkan, , , | 6 March 2009

  52. hey,aku memang benar anak sman 4 curup rsbi jugo sm ke sman 17,aku ikut eskul debate bhs.inggris,aku orang palembang jugo……!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by okti prambudi | 6 March 2009

  53. hey,aku memang benar anak sman 4 curup rsbi jugo sm ke sman 17,aku ikut eskul debate bhs.inggris,aku orang palembang jugo……!!!!!!!!!!!!!!!!!namo wyd tuh apo,klu nak buka situs smu 4 http://www.smansacs.com

    Comment by okti prambudi | 6 March 2009

  54. @okti prambudi: ibu memang bukan orang palembang tapi udah lumayan kenal budaya palembang. rasanya orang2 yang ibu kenal ga pernah deh bicara seperti nada bicaramu pada ibu, apalagi anak2 rsbi baik yang kelas XII, XI, apalagi kelas X. bukannya perekrutan rsbi tuh cukup berat?

    ikut debat bahasa inggris? pasti pinter dong yahhh…
    maklum ibu sih cuma tahu i love u dan no smoking🙂

    wyd? wah, itu nama saya, pemberian ortu saya!

    Comment by wyd | 6 March 2009

  55. gak pintar bu,kemarin saya lomba tapi langsung sakit karena terlalu diopsir untuk menang di unib,akhirnya mengundurkan diri,bu saya dengar kabar sman 17 palembang juara 2 lomba kedokteran di unsri?jawab…………..

    Comment by okti prambudi | 11 March 2009

  56. bu,say ingin ngasih tahu kalau sman 17 palembang ingin lomba debate bahasa inggris tolong buka situs http://www.debatepedia.com untuk latihan di intenet dan di situs ada bermacam-macam artikel debat tentang dunia internasional kasih salam yaa.. bu kepada murid-murid disana……..wassalam…….

    Comment by okti prambudi | 11 March 2009

  57. @okti prambudi: udah berkesempatan ikut suatu kompetisi udah berarti kamu cukup bagus, paling ga untuk lingkungan di sekolahmu. buktinya kamu yang dikirim. untuk keterangan juara lomba apa dan di mana, mungkin kalau sempat akan ibu upload deh di halaman baru. biar alumni 17 juga ikut tahu.
    soal debat, kalau ga salah, ada satu anak xi rsbi, kebetulan ibu wali kelasnya jadi dia ngasih tahu, besok tanggal 12 maret 2009 akan berangkat ke jakarta mengikuti debat bahasa inggris sebagai salah satu wakil dari sumatera selatan (seluruhnya ada 3 orang).

    mudah2an sang maha pencipta menjaga langkahmu dalam menggali ilmu….

    Comment by wyd | 11 March 2009

  58. wow hebet donk ada dibuat acara 2 seperti itu aq yakin pasti kampus ini akan tetap jaya.aq pengen bngt kuliah disini karna bagus dan keren.mudah 2han dosennya ngak galak2

    Comment by elisa silban | 12 March 2009

  59. hai aq rotua dengar2 kampus ini bagus dan baru.mudah 2han suatu saat aq bisda masuk di sini karna impian q dan cita2 q

    Comment by rotua silban | 12 March 2009

  60. bu,kalau sya pindah ke sman 17 palembang prosesnya gimana bu..,apa bisa

    Comment by okti prambudi | 13 March 2009

  61. bu tlg jawab pertanyaan aku tuh……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by okti prambudi | 18 March 2009

  62. @okti prambudi: mungkin ibu bukan orang yang berkompeten untuk menjawab pertanyaanmu tapi ibu jawab sebisanya deh.
    setahu ibu sih, kamu dimungkinkan untuk pindah, tinggal hubungi adm 17, ikuti tes masuk (untuk jurusan ipa tesnya MIPA dan bahasa inggris). kalau kamu dinyatakan lulus dan membayar biaya2 adm, kamu berhak jadi siswa 17.

    karena kamu tidak masuk sbg siswa baru di kelas 1, maka kamu harus mengikuti latihan kedisiplinan yang akan dilaksanakan segera (mungkin bulan mei, atau tunggu konfirmasi berikutnya).

    kalau kamu masuk di kelas XI berarti kamu harus ikut ekskul sbg siswa baru.
    dst.

    telpon adm 17 adalah 0711-412651.
    semoga membantu.

    Comment by wyd | 18 March 2009

  63. bu sudah buka situs sman 4 crp blm,http:/smansacs.com

    Comment by okti prambudi | 19 March 2009

  64. bu sudah buka situs sman 4 crp blm,http://smansacs.com

    Comment by okti prambudi | 19 March 2009

  65. bu,ni temannya ok.prambudi dr smanvat curup.
    btw profesi bu sebagai guru apa?trs ktanya murid2 disn sgt disiplin,tlg balassss…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    THANKS

    Comment by roy bayu negara | 19 March 2009

  66. I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
    Do you know if this can be true;
    http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
    it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks🙂

    Comment by Incurcino | 9 April 2009

  67. Sy mesti panggil apa ya..?hehe..bu wyd aja deh..hehe..sy kiki dari jkt,dl sy pernah sekolah di 17 jg angkatan pertama yg kepseknya masih ibu wien sukarsi..kira2 2th kurang yah..sy memang tdk sampai meluluskan diri sy di 17 krn sy diharuskan kembali ke jkt..gak nyangka 17 perkembangannya pesat bgt..syukur alhamdulillah..sy kangen bgt sma tmn2 angkatan pertama tp komunikasi pts smua..trimakasih ya..

    Comment by Kiki rifqiyah | 10 November 2015

  68. @Kiki rifqiyah: Apa kabar, Ki? Kerja di mana sekarang? Angkatan pertama udah pada married, Ki. Udah pada punya anak. Salah satunya, pentolan majalah sekolah Marella, ada di sini: http://nitastory.blogspot.co.id/. Yang lainnya coba cari di akun FB Maam Evi dengan nama Evi Noviantini. Banyak alumni terhubung di sana.

    Comment by wyd | 10 November 2015

  69. assalamu’alaykum mam, nisa baru tau kalo mam ada blog, blog mam keren (annia nafiya-akt 19)

    Comment by Annisa@+ | 5 December 2015

  70. @Annisa@+: Tengkiyu Annisa…. mudah2an bermanfaat lah buat pembaca yang sengaja atau kesasar datang ke sini🙂

    Comment by wyd | 6 December 2015

  71. Your blog is amazing Maam! Your writing-style inspired me (Sonia – Angkatan 18)

    Comment by sonia | 31 January 2016

  72. @sonia: thank u so much. why didnt u let me to recognize u at school, maybe by saying hello to me when u see me?🙂

    Comment by wyd | 1 February 2016

  73. Okay maam😉 I’ll say hello then

    Comment by sonia ramja | 5 February 2016


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s