Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

Perbandingan: Pria Indonesia dan Pria Bule

Koleksi Pribadi  Ga fair kalau bilang pria Indonesia ga menghormati wanita, sedangkan bule tahu gimana mengambil hati wanita. Tapi secara   umum fakta ini benar. Setidaknya pengalaman saya mengatakan begitu :)

Karena berat badan saya terus turun, saya minta pendapat: Gimana ya naikkin berat badan? Kok gue tambah kurus saban hari?
Komentar pria Indonesia: Iya, lo makin kurus aja. Hati-hati loh, ntar tinggal tulang, mesti pake kasur dobel!
Komentar pria bule: But you look sexy!
Meski saya tahu si bule bohong besar, tapi paling ga dia menenangkan saya.

Saya penyuka musik rock.
Komentar pria Indonesia: Lo kayak ABG aja. Gue lebih suka klasik. Berkelas!
Komentar pria bule: That’s fine, babe. I love it also. But I like classic too. I listen to all kinds.

Waktu mengantar saya ke bandara dan saya membawa bagasi.
Komentar pria Indonesia: Banyak banget, Wyd? Lo ngeborong ya kemaren? Sori nih, ga bisa bantu, gue juga bawa barang. Lo bisa kan narik koper lo sendiri? Ga berat, kan?
Komentar pria bule: Let me take yours, honey. Seems you’re too small for that heavy luggage!

Seorang klien dari Kanada menawari saya ‘lebih dekat’ dengannya dalam arti sebenarnya. Saya bilang: no way!
Dia hanya tersenyum, meski sempat berusaha di lain waktu dengan hasil yang sama, tapi pekerjaan kami selesai sesuai jadwal.
Seorang pria Indonesia yang bernegosiasi mewakili perusahaan tempatnya bekerja, menawari saya hal yang sama.
Saya jawab: no way!
Reaksinya: membatalkan kata sepakat yang telah terlontar meski baru lewat telpon.
Alasannya: masih banyak relasi lain yang mau membeli barangnya dan ga keberatan diajak tidur!
Waktu saya laporkan pada boss saya yang orang Amerika, dia ketawa kencang. Katanya: You know much better about your people.

Seorang klien dari Amerika bertemu saya di suatu restoran. Dia datang dengan wajah ceria sambil membawa sebatang coklat karena tahu saya penggila coklat. Dia tampak amat tampan di mata saya malam itu.
Seorang wakil perusahaan Indonesia mengajak saya bertemu di restoran untuk membahas spesifikasi barang. Setelah makan, dia nanya: Lo punya budget untuk ini semua, kan?
Artinya, saya harus membayar semua tagihan malam itu!

Saya lebih mudah bekerja dengan tangan kiri.
Komentar pria Indonesia: Ihhh, lo kok makan pake tangan cebok, sih?
Pria bule ga berkomentar apa-apa.

8 October 2008 - Posted by | Opini | , ,

89 Comments »

  1. hmmmm kalo gitu sekarang suaminya bule apa cowok lokal…?
    penasaran pengen tahu neeehhh…

    Comment by Datyo | 8 October 2008

  2. pertamaxxx

    oye…

    halah halah…
    kog bingung milih yg manaaaa…

    pilih bule duuuooong…

    memperbaiki keturunan…
    tar kalo ude jadi indo, tinggal jadi artis dagh..

    wkwkwkwwkkwkwwkkwkw
    *hidup di dunia mimpi*

    Comment by nyurian | 8 October 2008

  3. yang anda tulis mungkin pengalaman anda. tapi saya kok merasa anda sedikit rasis dalam tulisan kali ini. saya udah bolek-balik puluhan kali ke blog anda dan suka tulisan2 anda tapi yang ini kayaknya anda mendeskritkan bangsa sendiri.
    mungkin karena saya laki-laki indonesia.

    Comment by asli indonesia | 8 October 2008

  4. sialan…. ga jadi pertamaxxx…

    Comment by nyurian | 8 October 2008

  5. datyo: bukan karena suami saya bule atau lokal maka opini saya begini.

    nyurian: pertamaxxx maksudnya apaan sih???

    asli indonesia: thx udah mau mampir dan membaca tulisan2 saya. tapi kalau saya dianggap rasis, saya minta maaf. tulisan soal pria indonesia akan saya tulis lain kali deh. makasih atas komentarnya, pak, om, mas… (bingung nih mau manggil apa!?)

    Comment by wyd | 8 October 2008

  6. sebelum saya membaca tentang saya dan artikel ini, saya kira anda laki-laki juga :)

    opini anda bikin blingsatan kaum saya pastinya.

    anda sendiri lebih suka mana, pria lokal (seperti saya) atau pria bule???

    Comment by prialokal | 8 October 2008

  7. pertamaxxx itu artinya suat kebanggan tersendiri bisa ngisi komen pertama.
    makanya di plesetin PERTAMAXXX

    yang mahal adalah urutan PERTAMAXX
    dan KELIMAXXX

    sisanya, mau ke urutan berapapun ga penting..
    he..he..he..

    iyah, setujuh ama aseli indonesia. bu wyd biasanya tulisannya bagus bagus. kog yg ini aga rasis jelekin lelaki indonesia.

    bikin perbandingannya atuh buw, misalnya gantian jelekin bule dan bagusin lelaki indonesia…

    he..he..he.. ;)

    Comment by nyurian | 8 October 2008

  8. Komentar pria Indonesia: Iya, lo makin kurus aja. Hati-hati loh, ntar tinggal tulang, mesti pake kasur dobel!

    hahahahaha saya pernah ngasih komen sama wkt liat tmn wanita jd kurus dr hari ke hari. ternyata itu ga enak didenger ya sama wanita? saya ga tau n ga merasa wkt itu. sori bngt wanita2 indonesia. i luv u all

    Comment by Indoseniasickness | 8 October 2008

  9. kalau barang bawaan anda nggak dibantu dibawain sama tmn pria indonesia pastilah krn dia sendiri bawa barang banyak dan badannya ceking…………

    kalau anda jalan sama saya pasti saya bantu bawain barang bawaan anda. pria indonesia juga banyak yang gentlemen lo bu. contohnya saya! hwahahawhuahaha

    Comment by Anonymous | 8 October 2008

  10. ga feeerrrrr!!!!!!!!!!

    anda kebetulan ketemu pria2 Indonesia yang ga’ banget.
    hei bu, aku pria Indonesia juga tapi ga’ kaya’ gitu….

    Comment by aku pria juga | 8 October 2008

  11. Kyaaaa… Bu Wyd diserbu sama pria-pria indonesia tanpa nama. Hehehe.. Tapi ini yang nyerbu kok pada gak beri link ke blognya ya? Kenapa nih, tatuuut ya sama cewe?

    Bu Wyd saya juga gak sependapat dengan tulisan ini mengenai pria Indonesia. Tapi gak masalah toh namanya pendapat dan kalo saya punya pengalaman-pengalaman kayak bu Wyd, mungkin saya juga sama kayak anda. Jadi negh sama pria Indonesia.

    Saya juga mengeluh sebenernya mengenai ini tapi lebih masalah kultur. Misalnya, anak perempuan kelas 5 SD harus udah bisa masak bantuin ibu nyapu dan nyuci baju sendiri, tapi kok adik dan sepupu-sepupu saya enak aja main terus. Padahal pas udah gede sama-sama kerja dan sama-sama bantuin ortu. Malahan ortu kalo minta apa-apa pasti sama anak cewenya bukan sama anak cowonya. Sampe kawin walaupun udah gede tetep bajunya dicuciin orang. To yang dibangga-banggain, anak cowo. Malahan sampai gede anak cowo itu maunya dilayanin, makan saja musti disediain di meja makan gak mau ambil sendiri.

    Tapi kalau nonton Oprah, nampaknya laki-laki juga gak selalu menghormati perempuan. Lihat saja rumah tangga di amrik, suami istri sama-sama kerja, tapi si suami pulang kerja bisa males-malesan sementara istinya musti masak, ngurus anak dan sebagainya. Menurut saya sih sama saja. Laki-laki dimana-mana sama, ada yang memperlakukan perempuan baik ada yang buruk.

    Comment by AL | 8 October 2008

  12. mungkin memang kultur-nya ya…
    saya pernah baca.. pria di asia (indonesia, malay, thailand, jepang dan sekitarnya :D ).. umum-nya akan bully dengan wanita yang dekat dengannya…

    Hal ini ‘katanya’ juga menujukkan bahwa di pria juga merasa safe dekat dengan si wanita, karena tidak perlu jaim, dan sisi tulus-nya si pria akan keluar. Kalau ngebantu tulus.. dan ngritik tulus juga.. :D

    Sebalinya juga.. kalau pria itu bermanis-manis dengan wanita (ng-gombal) biasanya ada maunya.. :D

    entah bener atau tidak.. walaupun aku pria indonesia, tapi belum pernah bandingan dengan pria asia lainnya.. :D

    Comment by faithtear | 8 October 2008

  13. Rasanya saya romantis deh….
    Malah anakku bilang aku super norak karena terlalu romantis….

    Comment by praboto | 8 October 2008

  14. Salam kenal, Wyd! Pertamax: layout blog-nya sama ma punyaku (apaan coba, orang layout standard juga :) ). Keduax: ngga semua cowo indo or bule seperti itu. Tapi mungkin saya bisa ngasih alesan opini pribadi. Di negeri-nya, bule2 tuh tahu cara ‘memperlakukan’ wanita seperti apa. Kalo mereka berani macam2 bisa kena tuduhan ‘sexual-harrasment’ yang implikasinya juga bisa jadi berat. Plus, wanita2 disana juga lebih independent, so pasti menaklukkan wanita bule ngga cukup modal ketampanan dan kekayaan doang.
    Yah, sekali lagi cuman opini pribadi.

    Comment by taufan | 8 October 2008

  15. Dari cerita yang hanya menceritakan beberapa kasus kayak di tulisan ini, saya pikir itu tidak mewakili secara keseluruhan watak, tabiat dan kebiasaan pria local.. ;)

    Comment by xonket | 8 October 2008

  16. bule(yang ini) patut dicontoh
    indo(yang ini) gak boleh dicontoh
    bagusnya kalo indo(yang baek tapi gak dibaik-baikin)
    hidup cowok indonesia(yang bener, gak kayak itu)!!!!!

    Comment by uongpening | 8 October 2008

  17. praboto: saya kadang bingung anda ini datyo apa praboto?

    taufan: salam kenal juga. namanya barang gratisan yah gitu itu.. tapi tiap orang pasti punya cara beda dalam menata blognya. paling ga tulisan2 yang ada mencerminkan di empunya.

    xonket:
    tulisan saya kan bilang …. Setidaknya pengalaman saya mengatakan begitu…. :)

    Comment by wyd | 8 October 2008

  18. asslkum wr wb..wah wah wah..rame ne blog bu wyd…ehm….klo mnurut aq sbenernya setiap org boleh berkomentr termsuk bu wyd n org2 yg comment d blog ini…tpi sbenernya aq pribadi(sebgai seorg cow Indonesia tulen) kurang stuju klo misalnya pria Indonesia d-generalisir dberi title kurg menghormati cewek…coz msih ad koq cow2 Indonesia yg menghormati cewek…nah dlam blog ini bu wyd mungkin berpendapat sperti itu coz Beliau punya pengalamanny sendiri berteman dgn cow2 Indonesia n Bule (kan udah di tulis degn jels d awal tulisan Beliau)….ehm kwan2 cow Indonesia seharusnya kita hrus berterima ksih ma bu wyd coz ini jdi bahan koreksi n motivasi bgi kita utk membuktikan bahwa cow2 Indonesia gak kalah ama cow bule dalam hal menghormati cew2….no offense…piece :-)..wss wr wb

    Comment by adrian | 9 October 2008

  19. tidak semua pria indonesaia seperti itu. contohnya saja aku (he.he…), aku tidak akan pernah membiarkan perasaan cewek terluka olehku. aku akan selalu berusaha untuk membuat cewe bahagia, tapi dengan satu syarat tidak mau berbohong kecuali untuk menyenangkan hati orang lain.
    http://www.kawasah.co.cc

    Comment by bagdies | 9 October 2008

  20. Hem, ada benarnya juga. Siap siap lebih care, biar nggak kalah ama pria bule.

    Comment by dana | 9 October 2008

  21. hahahaha.. bener bu guru.. kerennn.
    maka ati deh sama lelaki indonesia. huhuuhuuuu

    kalau dicerahkan (dibaca : protes)
    jawabnya,
    – aku kan apa adanya, ga basa basi
    – halahh.. emang ga basa sih, tapi basiii! ga pake perasaan. hehehe..

    ada cerita. lelaki indonesia yang ga mau nyakitin hati wanitanya. katanya gini..
    – aku sudah rela ga mutusin hubungan duluan demi dia ga sakit hati..
    e, ga salah ngomong apa yaa?? pernyataan itukan sudah bikin wanita sakit hati. hahaha…

    ini memang masalah pengoptimalan otak kanan dan otak kiri deh bu guru. gitu ga sih? :D

    Comment by Islam Indie | 10 October 2008

  22. btw, ini bukan masalah lelaki indonesia ga menghormati wanitanya loh. saya keturunan cina yang dicinta dan mencinta lelaki indonesia. item sih.. hahaha..
    ini cuma masalah ekspresi penuh ketulusan saja..
    masalah seninya berkomunikasi.
    yang gombal sih beda laaaah.. ya kan bu guru?

    Comment by Islam Indie | 10 October 2008

  23. no comeng dah

    Comment by hedy | 11 October 2008

  24. sebelom nulis komen ini, gw nyari2 sebuah email yg dikirim temen gw, isinya foto2 “kontes” gimana suami2 di luar indonesia memperlakukan istri2 mereka.. sayang email itu gak ketemu
    gw kebayang, kalo Wyd ngeliat email itu, mungkin dia gak jadi (atau tetep aja yaa.. ;)) nulis blog dg topik ini..

    abis baca blog ini gw juga jd kepikir, jangan2 acara nanny 911 yg isinya banyak nggambarin suami2 bule berkelakuan payah di rumah itu cuma boong-boongan, utk menjatuhkan citra pria bule yg harusnya gambarannya seperti ditulis Wyd disini… :)

    Wyd memang banyak sekali bergaul dg pria bule.. (dan juga pasti pria2 indonesia). hanya rada heran aja, filternya Wyd bisa cuma menyaring bule2 “hebat” dan pria2 indoneisa yg “payah”. nothing else..

    buat yg merasa dirinya pria hebat indonesia, yaa terima sajalah.. survey (Wyd) membuktikan..anda kalah…hahaha…

    Comment by edgar | 13 October 2008

  25. @adrian: waalaikum salam… yah, betul banget kalau ini sebuah tulisan motivasi biar para pria kita yang katanya -dulu- terkenal ramah dari tanah gemah ripah loh jinawi (eh, bener ga nih istilahnya??) bisa membuktikan bahwa semua ‘legenda’ (hehehe) itu benar adanya dan masih lestari!

    @bangdies: kadang berbohong untuk menyenangkan orang lain justru menyakiti yang lainnya…

    @dana: :)

    @islam indie: yang saya tulis kan cuma sepenggal pengalaman, mbak….

    @hedy: hehehehehe no comment karena setuju atau ga, nih???

    @edgar: gw sih ga mau sibuk ngurusin orang luar nyiksa istrinya, palagi cuma dari foto. kasus penyiraman (lupa deh namanya!) seorang istri oleh suaminya menggunakan air aki kan bukan 1-2 kali terjadi di sini, apa itu ga cukup sakit buat dilihat? lebih sakit karena mereka bagian dari bangsa ini, bangsa yang kita maunya dihormati oleh bangsa2 lain. bahkan berita2 semacam itu jadi kesedihan nasional dan disiarkan hampir tiap hari di berbagai media nasional.

    sayangnya lo ga baca point ini: …Setidaknya pengalaman saya mengatakan begitu…. hehehehe

    Comment by wyd | 13 October 2008

  26. Bule itu keren c….TP bule suka selingkuh
    menurut kita2 itu bule tu guuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnntttttttttttteeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnngggggggg buanget
    moga aja anak gue kayak bule.hahahaha…….
    kira2 gimana ya dia bisa se cakep itu?

    Comment by demaok | 7 March 2009

  27. Menurut aq BULE ma orang INDONESIA tu beda buanget gitu loch..!
    perbedaane adalah:

    BULE:
    -Matanya blue
    -bibirnya merah n menggairahkan
    -postur tubuhnya TOP buanget
    -tingginya hampair sama dengan pohon kelapa,hehehe….
    -gantengnya gak terkalahkan
    -suka gak pakai baju,SUMUK KALI YA…?HEHEHE

    ORANG INDONESIA
    -MATANYA HITAM,Tapi kadang juga di kasih biru2 gt deh..!biar dikira BULE,Eh..malah jadi BUlek??haha…………
    -Rambutnya HITAM n tapi kadang2 diwarna jadine malah neyengen gitu loch…?!
    -Pendek,ada sih yang tinggi tapi tetep tinggi BULE
    -kulitnya hitam,ada juga yang putih kayak gue ini gitu??
    -Yang paling penting orang sini gak pati KEREN

    Comment by imot | 7 March 2009

  28. Gosh……. I can’t agree more. Indonesian men are sucks. Saya ngomong bukan asal bacot seenak udel aja. Saya tinggal di lingkungan dimana banyak orang-orang dari berbagai negara juga ada. Orang Afrika, Turkmenistan, Arab, China, Myanmar, Thailand, dan masih banyak lagi. OMG, beneran saya berasa jadi Ratu saat saya berada di antara para pria foreigner itu. Dan bukan cuma bule aja. Contohnya aja, saat mau keluar kelas, mereka dengan baik hati membukakan pintu kelas yang memang agak berat itu. Coba, seumur-umur mana pernah saya dibukain pintu sama cowok Indo? Liat kita berkutat sama pintu berat dengan tangan penuh barang bawaan, paling banter mereka nyela.

    Beberapa kali juga saya meeting sampai larut malam, dan beberapa diantara group mate saya adalah para pria Arab. Saat saya pulang, mereka nawarin nganter sampe depan gedung asrama saya. Padahal gak sampe sepuluh menit jalan! Meski saya nolak, mereka tetap ngotot nganter. Alasannya, katanya karena seorang wanita itu harus dijaga dengan baik layaknya menjaga patung kaca, dan sebisa mungkin tidak dibiarkan bepergian sendiri apalagi di malam hari. Dan mereka lakukan itu dengan tanpa pamrih. Orang Indonesia, kalo mereka nawarin nganterin pulang, pasti cuma karena ada maunya.

    I can’t understand why Indonesian men can’t be gentlemen. Apa karena mereka malu? Jadi gentlemen kan bukan berarti harus jadi playboy dan mengucapkan kata-kata gombal yang bikin enek. Jadi gentlemen berarti menghormati wanita dan menjaga wanita tanpa harus pamrih dan milih-milih mana cewek cakep yang harus dibaekin dan mana yang harus dijauhin.

    Tapi tetep aja sih, kalo urusannya udah ke marriage, susah juga buat decide harus merit sama foreigner, hahaha.

    Comment by Mikan | 12 March 2009

  29. hehehe…..however cintailah produk-produk Indonesia meski kadang2 pendapat Ibu Wyd banyak benernya juga & sometimes saya juga lebih tertarik bulay…..

    Comment by wiwied | 13 March 2009

  30. Tergantung orangnya sih, cowok dimana2 tetep cowok mau bule, pink, merah jambu, kalau didikan ortunya baik InsyaAllah gak bakal gitu sama cewek.

    Saya sebagai cowok Indonesia gak bakalan ngelakuin hal2 diatas, nih reply saya terhadap perkataan mbak wiwid diatas :

    Saya kok tambah kurus ya?
    Saya : hahahahha, ah enggak biasa aja ah.

    Saya suka musik rock
    Saya : wah saya gak suka mbak karena saya emang gak suka musik keras, maklum orang mellow.

    Saya bawa bagasi :
    Sini mbak saya bawain

    Menawari lebih dekat? dan ditolak
    Saya : no problem, professional bussiness must goes on

    Dinner?
    Saya : saya bayarin deh, mau ampe 1 juta rupiah dinnernya ayuh

    Tangan kiri?
    kayanya emang udah budaya kita tangan kiri itu pertanda tidak sopan, tapi kalo saya sih no comment aja, gak bakalan ngomong gitu.

    Tergantung cowoknya mbak.

    Yang legenda itu MASYARAKAT INDONESIA, COWOK atau CEWEK, bukan COWOK Indonesia ajah, dan tanah kita masih GEMAH RIPAH LOH JINAWI LOH!, buktinya freeport masih disini!

    Wow, gua juga tinggal di lingkungan dimana banyak cewek asing berada, Iran, india, meksiko, arab, saya selalu bersikap gentleman…..

    Tuh alamat email saya tinggalkan, gentleman kan saya?, silakan mau reply……..

    Comment by Krisna Adhitya | 12 April 2009

  31. Ah kalau komentar cewek-cewek bule di Eropa justru cowok Asia lebih nice, helpful, lebih responsible dan commited in relationship tuh.. coba deh tanya cewek-cewek bule yang tinggal di EU/US dan menikah atau pacaran sama cowok Asia.

    Tapi bagi cewek Indonesia, cowok Indonesia mah, biarpun responsible,gentle, educated, romantic mau kayak apa juga citranya nggak akan lebih bagus daripada bule.

    Namanya bangsa kita sudah dicuci otak dari zaman Belanda dan film hollywood. Nggak akan bisa berubah, kecuali suatu saat peradaban Indonesia menjadi peradaban dominan di muka bumi ini.

    Comment by adhiguna | 27 July 2009

  32. gila gue kecewa abiz ma cowo lokal mereka cuma mau mikirin otak ma perut mereka sendiri,nga pernah romantis..romantis dikit di bilang tabu cape dech

    Comment by indah putri | 3 August 2009

  33. Trgantung pribadi cwok masing2 gak peduli dr bngsa manapun,ada yg jahat n ada yg baik,kliatan bhwa opini2 di atas subjektif,yg jelek2 di co indo diungkap, yg bagus ga,klo co bule yg bagus diungkap,yg jelek2ny ga,jd ga balans,jgn slah ad jg ce indo yg nganggap co bule kasar dan cuek,mending co indo,ini msalah opini msng2 org,kdang rmput rmah org kliatan lbih ijau dr rmah sndiri..gmna klo dbalik,ce indo perajuk,menuntut bnyak ma co indo,tp ce bule mandiri,ngeliat co dr skil n pribadiny,bkan dr tampang,gmn??

    Comment by Orang indonesia | 9 August 2009

  34. gw cari bule nih buat dijadiin pendamping hidup.
    kalo ada yang bisa bantu gw, kirim e-mail ya ke gw: moraezra@yahoo.com

    Comment by ezra mora | 28 October 2009

  35. Pria bule sama aja ma orang indo ad yg baik ad jg yg ga..soo back to basic..tp te2p produk dalam negri lebih ok.

    Comment by Deasy aci | 14 December 2009

  36. Tambahin satu lagi:

    pria Indonesia = COMEL!

    Comment by tumpal | 9 July 2010

  37. calon laki gw dari Inggris. Selama menjalani hubungan dgn dia:
    – dia gak pernah protes akan kekurangan wanitanya secara fisik.
    – kebaikan hati dan kejujuran adalah yg utama dalam hubungan.
    – romantis abissss.
    – toleransi dan menghargai.
    – respectful.

    disisi lain kalo gw boleh menilai, ternyata :
    – cowok indonesia boleh dibilang lebih compromise sedangkan bule itu saklek, kalo bahasa dia istilahnya prinsiple.
    – cowok indonesia lebih fleksibel karena cowok bule ternyata bisa lebih complicated dalam hal2 tertentu.
    – cowok indonesia katanya lebih suka mendominasi cewek, ternyata cowok bule bisa lebih selfish.

    gw berkesimpulan cowok adalah cowok dengan segala kekurangan dan kelebihannya, tanpa menelaah apapun bangsanya. ras dan negara bagi gw gak bisa menjadi dasar untuk mengeneralisir karakterisitik cowok dari mana pun dia berasal.

    Comment by tricky's | 27 July 2010

  38. Nda benar juga…

    Cowok indo setidaknya lebih banyak yang setia daripada cowok bule…
    Kalo cowok bule suka main sama banyak cewek… Walaupun mereka punya istri tetap cari ikan yang lain…
    Knetulan kenal banyak cowok bule nih…

    Comment by cathy | 16 September 2010

  39. walau dari manner cowok bule harus diakui jauh lebih beradab…*sorry local people, ni based on experience juga..:D* tapi klo spesial relationship masih pilih local guys deh, walau kelakuan bikin alis berkerut tapi mostly mereka lebih tulus n just the way they were..:) hmmm bisa diperdebatkan juga nih kesimpulannya..:D

    Comment by siskanings | 28 February 2011

  40. kalo aku terpesona dengan pria bule, skrng msh dlm pencarian, kalo ad yg pnya tmn cwo bule kenalin donkk k aku heheheheh

    Comment by Dewi Kurniawati | 21 July 2011

  41. Men are from mars, women are from venus. Lelaki nggak akan bisa sepenuhnya memahami wanita karena mereka adalah lelaki. Boys will be boys. Wanita juga nggak akan pernah bisa merasakan sepenuhnya pria karena kurang hormon testosteronnya. Selalu akan menjadi menarik membaca tulisan mengenai perbedaan keduanya. Itulah mengapa Tuhan membuat kita, pria dan wanita berbeda agar saling melengkapi. Saya kira begituah idealnya.

    Comment by fajar | 2 March 2012

  42. ”..

    Comment by Nusantara | 23 April 2012

  43. 1. 90% cowok bule suka main sama pelacur meski sudah punya istri. Resiko AIDS !!!
    2. 90% cowok bule itu bau banget dan jarang mandi.
    3. 90% cowok bule gak punya agama dan pasti masuk neraka.
    4. 90% cowok bule sekarang lagi miskin dan nganggur. Lihat aja ekonomi AS-Eropa sudah hancur semua..
    5. 90% cowok bule itu dianggap jelek oleh wanita AS-Eropa karen di AS-Eropa ada 1 Miliar pria AS-Eropa dengan tampang serupa termasuk penjahat dan gelandangan jadi bosan.
    6. Cowok bule itu memiliki kejahatan tinggi seperti pembunuh berantai (serial killer).
    7. 90% cowok bule itu gemuk dan botak penis kecil, yang tampan cuma 10%.

    Comment by Nusantara | 23 April 2012

  44. ikut komen kalo dari pengalaman ak sie co lokal kadang suka ma ce dari fisik nya, bkn dari kepribadiannya.tapi kalo co bule dia bakal respect ma cewe dari kepribadiannya dan kepintarannya

    Comment by Anonymous | 24 April 2012

  45. @nusantara: co bule yg tampan cm 10%? Bnyk dong! Pantesan aktor2 barat cakep2. Pastinya co indonesia yg tampan kurang dari 1%. Makanya yg tampil di tv ketampanan ala sule, olga, tukul hahahaha…..

    Comment by Lucy | 28 April 2012

  46. 90% 90 % pasti anda orang yang sok tau

    Comment by diva | 18 May 2012

  47. dan rendah pengetahuan

    Comment by diva | 18 May 2012

  48. @diva: kata2nya ditujukn ke siapa nih? @Nusantara, @Lucy atau yg empunya blog? Kalau yg empunya blog agak2 miring ke bule, yah wajar deh, secara (tepatnya maka) ‘partner’nya bule :-D

    Comment by Lemans | 19 May 2012

  49. Hahaaa, aneh2 ajaa

    Comment by Computer Ok | 23 May 2012

  50. dulu mantan suami ku org lokal(Indonesia),pas cerai,boro2 mau ngeliat apalagi nafkahi anaknya,sm mantan istri (aku) bknnya berteman,tp menjelek2 an. padahal dia yg salah dan selingkuh, ego nya gede banget.udah jelek mukanya, eh kelakuannya lbh jelek.skrng aku sdh merit lbh dari 10 thn dgn co bule.sayang n baeknya minta ampun ke anak2 ku dr mantan suamiku dulu,padahal bkn anak kandungnya lho..aku lbh milih co bule dan itu hak asasi org kan mo milih lokal atau bule,or foreigners men..!!

    Comment by Nita | 29 June 2012

  51. Haha iya nih. Emang pria indonesia kadang ga sengaja nyeplosin seauatu yg ga di pikir masak masak padahal racun mulut yg mereka keluarkan menyakiti wanita sampai si wanita sakit hati fan kepikiran. Pengalaman saya loh ini. Sering pria indonesia begini. Ada baiknya introspeksi drpd nge judge yg buat tulisan HAHAHA

    Comment by nell | 21 July 2012

  52. Hhaha bnr tuh kbnykan liat fisik. Gendut dikit dihina. Item dikit dblg ga mandi. Benci sm cwe ga pake alesan. Dikata hidup pny elu doang?! Kalo ngatain dalemnya kayak sumur pdhl cwe nya ga ngapa ngapain. Krg menghormati perasaan wanita

    Comment by nell | 21 July 2012

  53. klu Perbandingan wanita Indonesia dan wanita bule apa ya….. mungkin sih wanita Indo suka selingkuh jika suaminya bepergian ( “Tante kegirangan” ), PSK dll kalau wanita bule ?????

    Comment by nurbaya | 31 July 2012

  54. memang pria bule lebih gentleman dan bertanggungjawab. Setidaknya mereka gak jaim, dan menjaga wibawanya bukan dengan cara merendahkan wanita. Atau complain karena harga dirinya terusik.

    Comment by ani syadiah | 22 August 2012

  55. cowok indonesia tuh ceplas ceplos, gak pernah mikirin perasaan cewekx klo ngomentar -_- alesan gue milih bule karna mereka baik… lol…. ada tuh yg blg klo cowok bule itu sombong? tapi klo menurut aku gak semua sih, sama aja! manusiawi kaleee klo org sombong. tpi remember yaaak! sesombong sombong cowok bule masih sombong cowok indo. bule tuh sebenernya baik bgt lo, dia cuma sombong sama stranger !!! mungkin karna belum knl kali yaaa :D

    Comment by Lola | 30 August 2012

  56. eh eh eh eh eh !!! komentar no 43 pedesss amat? cabenya brp kg jenggg ??? prove it aja klo mmg itu bnr ??? ato mungkin itu pengalaman pribadi elooo yaaahhh -_- !!! uhm, i don’t knooowww

    Comment by Lola | 30 August 2012

  57. ikut coment donk… menurut pengalamanku bener banget cowo bule jauh lebih bisa menghargai perempuan dibanding cowo indonesia. bukan hanya cara berkomunikasinya saja tapi soal kejujuran juga, mereka lebih apa adanya. kalo cowo indo cara berkomunikasi dengan perempuan jujur aja… waduuuuuuuh kurang beretika ya…. jujur boleh tapi harus bisa merasakan efek yang akan diterima dari lawan bicara…. bukan berarti bohong ya…. kalo orang berpendidikan tau cara berkomunikasi yang baik seperti apa. masukan buat para cowo indo ya.. perlakukan perempuan secara baik maka dia akan baik juga….kalo cara berkomunikasi dan berprilaku buruk … perempuan mungkin ga coment apa apa…. tapi tau ga yang dipikirannya…( duh ni cowo kayanya ga pernah sekolah)…… ih malu

    Comment by valent | 30 September 2012

  58. oh ya buat coment dari nusantara….
    1. 90% cowok bule suka main sama pelacur meski sudah punya istri. Resiko AIDS !!!….TIDAK BENAR…. cowo bule lebih jujur dalam mencintai pasangan… coba liat bule sampai kakek kakek sama nenek nenek masih kemana mana bareng masih pegangan tangan… pasangan indonesia… boro-boro…. punya istri cantik juga disimpen dirumah… nyari lagi yang lain dech
    2. 90% cowok bule itu bau banget dan jarang mandi.100% TIDAK BENAR cowo bule lebih mementingkan kebersihan dan kesehatannya..contoh kecil… toilet ala bule sama indonesia besih yang mana…?
    3. 90% cowok bule gak punya agama dan pasti masuk neraka.100% TIDAK BENAR tidak ada seorang pun didunia yang bisa mastiin seseorang bakalan masuk neraka atau surga
    4. 90% cowok bule sekarang lagi miskin dan nganggur. Lihat aja ekonomi AS-Eropa sudah hancur semua.. TIDAK BENAR kalo 90% bule pada miskin tunjukin bukti yang akurat dong… statistiknya….
    5. 90% cowok bule itu dianggap jelek oleh wanita AS-Eropa karen di AS-Eropa ada 1 Miliar pria AS-Eropa dengan tampang serupa termasuk penjahat dan gelandangan jadi bosan….. TIDAK BENAR…. kalo cowo AS-Eropa dianggap jelek…. cowo cowo tertampan didunia emang berasal dari mana…..????? dari indonesia… waduuuuuuuh…… mimpiiiii kali yeeee
    6. Cowok bule itu memiliki kejahatan tinggi seperti pembunuh berantai (serial killer). TIDAK BENAR… kalo serial killer dinegara mana mana ada…. di indonesia juga ada
    7. 90% cowok bule itu gemuk dan botak penis kecil, yang tampan cuma 10%…..TIDAK BENAR BANGET…. body bule tinggi, perut kotak kotak,putih… sexy abis….. kalo ukuran badan udah beda banget sama orang indonesia… udah pasti donk yang lain nya juga….. logika donk

    Comment by valent | 30 September 2012

  59. I do not even know how I stopped up right here, however I assumed
    this post was good. I don’t recognise who you might be but definitely you are going to a famous blogger in case you aren’t already.

    white men and local men? cannot comment more but agree with this stuff

    Cheers!

    Comment by martin kuny | 28 October 2012

  60. Very energetic article, I enjoyed that a lot. Will there be
    a part 2?

    Comment by about wordpress | 31 October 2012

  61. pengennya dapet cowok org bule, selain ganteng setia juga hahahahaha

    Comment by putry marpaung | 23 November 2012

  62. I DO LIKE YOUR ARTICLE MBAK!
    I have bule husband from Sweden , he is so nice and really know how to treat me.
    Only I can say,,I feels like Cinderella or Won Jackpot dech!
    I had never dream to get married with bule guy.
    Only I can say I agree with mbak Wyd .

    Comment by Kris Gällman | 2 December 2012

  63. Di Media : suami ke tempat kerja istri selingkuh” ketangkap suami sendiri lagi di hotel bersama PIL lgi xxx…. payah…..

    Comment by iksan | 5 February 2013

  64. BENGALAMAN GUE& Teman2 dpt BULE2 BRENGSEK & PLAYBOY JUGA BANYAK AWAS …..AIDS !!!!!

    Comment by Charin | 20 March 2013

  65. Semua pria sama saja.. tapi bule sedikit berbeda kr culture mereka yg lebih perhatian ke wanita, dan lebih py manner… cowo indo agak asal deh.. kecuali yg memang dididik toto kromo oleh keluarga dan lingkungannya..
    bule juga py ego en doyan cewe… sama halnya sm pria indo (selingkuh, ato kawin siri dibelakang, jajan sekali-kali alasannya khilaf…)
    kr bule urusan agamanya udah condong ke atheis jd bebas2 aja gonta ganti cewe, ada banyak juga bule yg fair jika dijelaskan pentingnya beragama en buat setia sama 1 pasangan aja.. mereka mau dan lebih commit (mungkin udah bosen juga ganti ganti cewe)
    jadi menurut aku .. semua sama aja ada kurang lebihnya..
    tp aku pribadi lg suka cowo bule.. abiss bosen sm cowo indo yg main fisik en nuntut diperlakukan bak raja .. pdhal keuangan cewe juga mesti kerja; malahan banyak yg cewe berpenghasilan lebih dr suaminya malah aji mumpung, si suami malah santai aja, udah cape urusan di rumah dan anak, suami egk py manner mulutnya dan tidak menghargai istri, apalagi yg kasar pake main tangan segala.. waahhh.. payah dehh..
    urusan ranjang bule jg jauh lebih perhatian dan tidak egois, kalo cowo indo maunya enak di dia aja dan tidak ada pengertian sama perasaan cewe..
    sama bule udah di pijitin, dimanjain, di rayu selesainya di masakin pula dan dikasih bunga.. waaahhh… (sumber dari temen-temen yg nikah sama bule)

    Comment by KK | 8 April 2013

  66. Artikel ini ditulis 5 tahun yang lalu. Tapi masih banyak yang komentar. Hehe, inilah kehebatan internet ya. Arsip kita tersimpan rapi selama bertahun-tahun dan masih bisa dibaca siapa aja. Btw, adminnya masih rajin moderasi tiap komentar yg masuk nih, sampe-sampe setiap komen gak difilter lagi.. Hahahaha.

    -Awank was here, meninggalkan jejak-

    Comment by awankricardo | 14 June 2013

  67. Gw juga lagi deket sama cowo bule. Nih barusan hari ini (tadi sore lebih tepatnya) he messed me up. Kesel gw dari kemaren sebenernya. Sori jadi curcol. YAELAH sama aja lah kayak mantan gw yang orang Indo bwahahahaha. Boys will be boys PFFFTTTT! Awalnya gw kira juga bakal better secara gw hardworker dan tumbuh di keluarga hardworker, gw kepengennya sama yang hardworker juga. Tapi ga semua bule hardworker. Ga semua cowo Indo lazyass.. GW JADI BINGUNG. Yaudah bye, thanks udah mau denger curhat gw, gw ngerjain skripsi dulu yaaaa <3 Xoxo

    Comment by Anonymous | 17 June 2013

  68. Gw sama kayak yang komen no. 67
    Btw tau ga kenapa gw lagi deket sama bule? Salah satunya karena gw tinggi. 170cm. Jangan disuruh jadi model plis, soalnya gw fotografer :)
    SUSAH ABIS NYARI COWO INDONESIA YANG SUPAYA GW MASIH BISA PAKE HIGH HEELS PALING TINGGI DI TOKO SEPATU YAITU 9CM. HEHEHEHEHE <3 MUACH MUACH

    Maaf ya gw bukannya ga mau ninggalin jejak aka jadi Anonymous, tapi gw ga tau cara ninggalin jejak nih :(

    Comment by Anonymous | 17 June 2013

  69. Ngikik kalau baca ini, saya laki lokal tapi biasa ajalah, setiap orang punya pandangan.

    Terus untuk laki lokal yang komen disini, bagaimana bisa bikin perempuan suka? Orang dari komen kalian terlihat sekali bagaimana kalian menjelekan orang lain dan membagus-baguskan diri sendiri. Setiap orang itu sama, punya keburukan dan kelebihan, nah yang buruk untuk diperbaiki, kelebihannya dijaga dan tetep rendah hati.

    Comment by naufal | 20 June 2013

  70. @awankricardo: spam filternya dari dalam, biar ga nyusahin yang mau berkomentar dengan santun. thanks for comment.

    Comment by wyd | 24 June 2013

  71. ya orang bule lebih besar

    Comment by Anonymous | 7 August 2013

  72. Suamiku bule UK , suka bantuin berbenah di rumah dan ajak dinner di weekend. Tempat favorit di black cat senayan :D , pernah pacaran sama orang pribumi 5thn eh ditinggal tanpa pesan.. haha sorry sekedar curcol perbandingan di pengalaman pribadi :D

    Comment by Black Sugar | 19 September 2013

  73. Jodoh memang tidak ada yang tau, tapi jodoh saya ternyata jatuh kepada WNA. Awal saya kenal suami biasa saja tapi suami saya jatuh cinta dengan saya karena sikap saya yang jujur dan cara saya memperlakukan dia dengan baik he he he.. Suami saya pun membalas dengan hal yang sama kepada saya. Suami saya bilang terima kasih kamu sudah sayang dan cinta aku, terima kasih kamu mau jadi ibu dari anak ~ anak ku, you are the best dll.
    Waktu saya mau cuci bajunya suami bilang jangan tapi saya mau tetap cuciin karena it is my duty, suami saya jawab ok please do, if it is because you love me.
    Suami saya laki ~ laki yang sangat mandiri, suami saya suka masak buat saya, kalau bantu ngga pernah basa basi, mertua saya sangat sayang saya.
    Suami saya bukan type playboy, ngga suka merokok, ngga suka minum kopi, ngga suka pergi ke club malam. Suami saya cowok baik ~ baik dari keluarga baik ~ baik ibu dan bapaknya menikah hidup bersama sampai sekarang.

    Di mata saya bule juga ada yang baik dan buruk, ada yang kaya dan ada yang biasa saja. Bedanya kalau orang tua laki ~ laki Indonesia suka ikut campur kalau orang tua laki ~ laki bule itu ngga suka ikut campur anaknya mau apa dan menikah dengan siapa.

    Keluarga saya ada beberapa menikah dengan pria bule, mereka hidup harmonis sampe ada yang udah punya cucu 4. Mereka bilang suami mereka sangat baik hati.

    Kalau untuk di bilang memperbaiki keturunan ngga juga apalagi naikin status atau kaya. Saya menikahi suami saya karena suami saya orangnya baik hati, jujur apa adanya dan cinta saya.
    Semua punya alasan masing ~ masing kenapa pilih pria bule daripada pria lokal. Jangan di pukul rata jelek oh cewek Indonesia begini begitu..

    Comment by Citra | 25 September 2013

  74. Jodoh memang tidak ada yang tau, tapi jodoh saya ternyata jatuh kepada WNA. Awal saya kenal suami biasa saja tapi suami saya jatuh cinta dengan saya karena sikap saya yang jujur dan cara saya memperlakukan dia dengan baik he he he.. Suami saya pun membalas dengan hal yang sama kepada saya. Suami saya bilang terima kasih kamu sudah sayang dan cinta aku, terima kasih kamu mau jadi ibu dari anak ~ anak ku, you are the best dll.
    Waktu saya mau cuci bajunya suami bilang jangan tapi saya mau tetap cuciin karena it is my duty, suami saya jawab ok please do, if it is because you love me.
    Suami saya laki ~ laki yang sangat mandiri, suami saya suka masak buat saya, kalau bantu ngga pernah basa basi, mertua saya sangat sayang saya.
    Suami saya bukan type playboy, ngga suka merokok, ngga suka minum kopi, ngga suka pergi ke club malam. Suami saya cowok baik ~ baik dari keluarga baik ~ baik ibu dan bapaknya menikah hidup bersama sampai sekarang.

    Di mata saya bule juga ada yang baik dan buruk, ada yang kaya dan ada yang biasa saja. Bedanya kalau orang tua laki ~ laki Indonesia suka ikut campur kalau orang tua laki ~ laki bule itu ngga suka ikut campur anaknya mau apa dan menikah dengan siapa.

    Keluarga saya ada beberapa menikah dengan pria bule, mereka hidup harmonis sampe ada yang udah punya cucu 4. Mereka bilang suami mereka sangat baik hati.

    Kalau untuk di bilang memperbaiki keturunan ngga juga apalagi naikin status atau kaya. Saya menikahi suami saya karena suami saya orangnya baik hati, jujur apa adanya dan cinta saya.
    Semua punya alasan masing ~ masing kenapa pilih pria bule daripada pria lokal. Jangan di pukul rata jelek oh cewek Indonesia begini begitu.. Peace :-)

    Comment by Citra | 25 September 2013

  75. Sebenarya semu cowok di bumi ini sama saja
    Ada yg baik dan ada juga yg bad boy
    Semua tergantung pribadi masing masing
    Karena saya juga punya pengalaman beberapa kali pacaran ama cowok lokal dan cowok bule belanda amerika australia.
    Mereka punya kelebihan dan kekurangan
    Masing masing
    tapi saya akui saya memilih cowok bule Amerika krn mungkin sudah jodoh .

    Comment by Rose anderson | 30 September 2013

  76. Biar adil minta pendapat lah pada cewek bule yang menikah dengan cowok bule. Pasti jawabannya beda. Biasanya faktor perbedaan ras dan bangsa membuat seseorang itu ingin jadi terlihat sempurna karna ingin menampilkan dan membawa adab atau tata krama yang baik dari bangsa atau ras masing-masing. Anda pasti setuju? Logika ini yang mendekati benar. karna ingatlah tidak ada yang sempurna di dunia ini. Sahabatku, Kesempurnaan itu hanya milik Tuhan :)

    Comment by Hworang Hery | 4 October 2013

  77. Telat nongkrong nih
    yuk kita pindah selera aj deh.cwo indo itu yg tampang biasa2 aj seleranya selangit.merasa dirinya high krn anggapan, “cwo dgn cwe itu perbandingannya 3:7.” Emang bener, di indo cwo itu lbh sedikit populasinya dibanding cwe. Makanya makin sedikit aj cwo Indo yg high quality.Mending coba lirik populasi lain deh.dunia ini luas….

    Comment by Yunmakers | 13 November 2013

  78. ahh sama saja lah, mau bule kek ato lokal ya tetep ada good & bad boy. Saya cowok lokal dapat istri orang Jerman. Dia bilang cowo indo punya komitmen dalam suatu hubungan, sederhana, ga aneh2 & murah tangan (membantu). Untuk akhir2 ini banyak memang cowok2 lokal yang alay dalam hal memperlakukan cewek, tapi toh masih ada yang baik juga kan? Tulisan anda juga ada benarnya, tapi kalo dicermati kok malah merendahkan cowok negeri sendiri? Ingat tidak semuanya buruk dan baik.

    Comment by Anonymous | 26 December 2013

  79. @Anonymous 28 December 2013: sorry nih kalau kesannya ga terlalu bagus buat Anda. seperti yang saya katakan dalam tulisan, itu hanya pengalaman saya. kalau ada orang lain yang memiliki pengalaman berbeda, tentu pendapat mereka akan berbeda. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

    Comment by wyd | 4 January 2014

  80. mnrut Gue semua cwo sma sja,,

    Comment by guriH_guriH_enYoie | 14 January 2014

  81. Tergantung bulenya. Mungkin mbak Wyd ketemu bule Amrik. Bule Jerman lain lagi. Bule Jerman berkata terus terang. Kalau nggak suka ya bilang nggak suka. Tapi mereka sangat jujur. Bule Amrik hanya pandai di bibir tetapi tidak tulus. Tp baik bule Amrik maupun bule Jerman sama2 dpt membedakan antara urusan pribadi dan urusan pekerjaan dan memahami etiket. Apalagi bule Eropa pd umumnya yg dulu terbentuk dari kerajaan, adanya kaisar raja, dll. Sedangkan orang kita sangat jarang yg memiliki kualitas spt itu, persis seperti crita mbak Wyd. Saya percaya itu karena budaya kita yg suka meremehkan orang lain, kurang mengapresiasi, patriarkhi sangat kuat, berpikir satu arah (kurang empati), Jangan salah, bule itu independen dan individualis sifatnya, jadi kalau menikah, sementara dia bertemu dg perempuan lain yg lebih cantik, menarik dan mengerti, maka mereka tak akan segan-segan berterus terang : Mah…kita sudah tidak ada kecocokan lagi !! (tanpa alasan).

    Comment by Maya | 24 February 2014

  82. Tiap wanita memiliki alasan yg berbeda kenapa lebih suka cowok bule dari pada cowok lokal.Tapi pada dasarnya wanita diseluruh dunia sama, akan memilih yg terbaik di antara pilihan yg ada. Jgn menyalakan wanita yg memilih cowok bule,itu adalah hak asasi. Selera ngak bisa dipaksakan,apapun alasannya.

    Comment by Vivi Legala | 28 February 2014

  83. haa….aku juga setuju dengan coment No.37..calon laki ku bule dari Amrik..dan sebelumnya aku banyak hub dengan pria lokal..tapi lokal ato bule ada plus minus nya,,dan pendidikan tentang moral dari orangtua sangat berpengaruh untuk kepribadian saat dewasa,,,and syukur alhamdulilah aku dapat bule yang sangat baik,,,

    Comment by ellen | 18 March 2014

  84. dasar lo penjilat amerika! amerika ya di agung2in mulu!! itulah wanita indonesia yang gila sama amerika. pria indonesia lebih baik 1000000% dari pada pria amerika. pria amerika orangnya cuek dan masa bodoh beda sekali dengan apa yang anda ceritakan, mungkin karena anda bertemu sebatas orang-orang pekerja. coba anda bertemu dengan individualnya pasti jauh beda dengan apa yang telah anda katakan. saya wanita dan saya lebih menyukai pria indonesia walau kata pria amerika lebih ganteng. saya di suruh kawin sama pria amerika pun saya ga mau. saya ga ada ketertarikan dengan pria amerika. anda terkesan sangant rasis. bukannya memuji pria negara anda malah menjatuhkan martabatnya..walah walag beginih jadinya kalo wanita yang udah tergila2 sama bule, paling juga bulenya yang udah tua idiihh!!

    Comment by kamela Abdat | 31 March 2014

  85. @kamela Abdat: sorry mbak, anda keliru kalau saya hanya menuliskan tentang pria amerika. saya menuliskan pria ‘bule’ itu pun sesuai pengalaman saya. bukan rasis yang melatarbelakangi penulisan ini. tujuan saya menuliskan ini adalah untuk mendorong pria-pria lokal agar mengetahui sisi kekurangan mereka yang diinginkan banyak wanita lokal untuk berubah. saya bangga dengan bangsa sendiri tapi tentu tak bisa bertindak tidak fair jika ada yang salah dalam bangsa saya.
    kalau soal ketertarikan dengan pria amerika, anda salah besar tentang saya.

    setelah membaca komentar anda, saya malah berpendapat anda lah yang rasis. Baca ini: ‘saya di suruh kawin sama pria amerika pun saya ga mau.’
    saya tidak memandang seorang pria dari warna kulit atau ras nya, karena tuhan menciptakan semua manusia sama sehingga siapa pun yang terbaik bagi tuhan untuk menjadi partner hidup saya, akan saya terima.

    mudah2an komentar anda tidak keluar karena anda dikecewakan atau ditolak (sorry sedikit sadis) oleh pria amerika. Peace….!

    Comment by wyd | 31 March 2014

  86. betul betull…jg sy prnh dpt cwo bule dibali

    Comment by asiah | 8 May 2014

  87. saya punya cewek orang uzbekistan tpi gk direstuin ortu ktanya bule tuh abis manis sepah dibuang??? bner gak sih…

    Comment by Wishnu El Fath (@W_Agitia) | 18 June 2014

  88. ga segitunya juga kali gan, banyak juga ko pria indonesia yang baik dan sayang serta perhtian sama cewenya..
    kan setiap orang beda-beda ;)
    ahhh itu mh mungkin cowonya aja yang ga benerr :D

    makasih ;)

    Comment by xamthone plus | 27 June 2014

  89. Sebaik2nya pria adalah pria yg shaleh gak penting dari negara mana..
    Pasti akan memberikan ketentraman lahir maupun batin..

    Comment by ari | 26 July 2014


Leave a Reply

