Kimia dan Fiksi

Mereaksikan Kimia dengan Imajinasi

SMA Plus Negeri 17 Palembang (Bag 2)

the Guard 2Tanggal 17 dan 18 Maret 2008, calon siswa dan orang tua calon siswa baru SMA Plus Negeri 17 Palembang melakukan wawancara secara terpisah. Hal ini merupakan rangkaian seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB) di sekolah itu. Dari daya tampung 230 siswa baru yang direncanakan, 300 orang

calon siswa baru dipanggil untuk melakukan tes wawasncara setelah mereka melakukan tes tertulis berupa tes akademik dan tes potensi akademik pada hari

Minggu tanggal 9 Maret 2008 yang lalu. Secara terpisah, OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang pada hari Kamis tanggal 7 Maret mengadakan Try Out untuk para calon siswa, yang terbuka untuk umum.

Antusias para orang tua di propinsi Sumatera Selatan untuk menitipkan pendidikan putra-putrinya di sekolah tersebut terlihat makin besar dari tahun ke tahun. Pergantian kepala sekolah sebagai pimpinan tampaknya tidak berpengaruh terhadap antusias masyarakat. Isu dan berbagai cerita negatif tentang sekolah, pimpinan, maupun SMA Plus Negeri 17

Palembang sebagai sebuah lembaga utuh yang sempat dan terus-menerus ditiupkan ke arah sekolah tampaknya tidak menggoyahkan kepercayaan masyarakat bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang adalah SMA terbaik di Sumatera Selatan. Meskipun pesaing baru bermunculan, berupa sekolah-sekolah plus negeri maupun swasta di kota Palembang secara khusus dan propinsi Sumatera Selatan secara umum, SMA Plus Negeri 17 Palembang terus berusaha memperbaiki diri secara kelembagaan agar tetap memperoleh kepercayaan masyarakat. Peran stage holder bagi sekolah ini dikembangkan dengan baik untuk menunjang berbagai kegiatan sekolah, baik intern maupun ekstern.

Apa Tujuan Tes Wawancara?

SMA Plus Negeri 17 Palembang tidak ingin memperpanjang proses seleksi yang tidak perlu tetapi tes wawancara sangat

diperlukan baik bagi sekolah maupun bagi orang tua siswa. Tes wawancara terhadap siswa bertujuan untuk mendapatkan siswa-siswa baru yang mau dan dapat dididik sesuai aturan sekolah. Dengan beban belajar lebih banyak dan lebih berat dibandingkan SMA lain, terutama di propinsi Sumatera Selatan, karena predikat ‘plus’ yang diberikan, maka calon siswa harus memiliki semangat belajar yang tinggi, rasa ingin tahu yang besar, kedisiplinan diri yang telah tertanam sejak dini, dan kepedulian akan lingkungan dan sesama harus telah menjadi pembiasaan bagi setiap calon siswa. Kalau pun berbagai kriteria di atas belum tercakupi, paling tidak calon siswa mau belajar dan beradaptasi dengan cepat.The guard

Sebagai sekolah dengan fasilitas asrama wajib bagi siswa kelas X, tentu tidak akan mudah mengajak siswa beradaptasi jika di dalam diri siswa telah tertanam berbagai sifat negatif menolak belajar hal-hal baru yang berguna bagi dirinya sendiri. Bagaimanapun sekolah hanya mengarahkan dan melanjutkan pendidikan yang telah mereka peroleh di berbagai tempat sebelumnya, hanya membangkitkan sisi positif siswa yang telah ada tetapi belum tersentuh, dan bukan tempat untuk mengubah total seorang siswa baik dalam hal pandangan pribadi maupun pandangan umumnya dalam kehidupan.

Melalui tes wawancara diharapkan sekolah tidak salah pilih calon siswa, kalaupun ada kesalahan bisa diminimalkan. Setelah siswa dinyatakan diterima sebagai calon siswa baru dan mereka dinyatakan lulus SMP, mereka diharuskan mendaftar ulang untuk keabsahan sebagai calon siswa baru. Saat siswa-siswa SMP lain sibuk mendaftar atau melakukan tes masuk SMA, para calon siswa baru tersebut harus mengikuti Latihan Kedisiplinan (Latdis) selama 10 hari di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk membentuk dan meningkatkan kedisiplinan calon siswa baru. Hal ini penting karena jam pertama dimulai tepat pukul 06.45 WIB dan adanya aturan keterlambatan masuk kelas lebih dari 3 menit akan diberikan sanksi. Dengan luas area sekolah kurang lebih 1000 meter persegi dan sistem moving class atau kelas begerak yang diterapkan di sekolah, tentu siswa harus mempunyai kedisiplinan dalam dirinya sendiri agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai siswa di sekolah itu. 3 hari berikutnya para calon siswa baru melaksanakan home stay di sekitar kota Palembang atau ke luar kota untuk.

Peran serta orang tua sebagai keluarga siswa sebenarnya di rumah juga tidak bisa ditinggalkan. Karena itulah perlunya wawancara terhadap orang tua. Tentu saja dukungan finansial juga sangat diharapkan meskipun bukan hal penentu 4 CEREMONYditerimanya calon siswa menjadi siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang. Meskipun ada program sekolah gratis dari pemerintah propinsi, tentu saja pengembangan sekolah di segala bidang yang artinya memerlukan dana tak sedikit, tak bisa terpenuhi dengan program tersebut. Ini mirip dengan pengobatan gratis yang juga telah difasilitasi oleh pemerintah kota dan propinsi. Namanya juga gratis, jarang-jarang diberikan fasilitas nomor satu. Kalau ingin yang lebih berkualitas, maka uang bicara, meskipun uang bukan pokok pangkal sebenarnya untuk sesuatu yang lebih baik. Bertolak dari inilah maka dapat dipahami mengapa SMA Plus Negeri 17 Palembang memerlukan biaya yang tak sedikit untuk mengembangkan diri. Karena itu dukungan finansial dari orang tua sebagai salah satu penyokong dana sekolah sangat diperlukan.

Apa Prestasi SMA Plus Negeri 17 Palembang?

Di kota Palembang, SMA Plus Negeri 17 Palembang jauh berdiri di depan meninggalkan sekolah-sekolah negeri lainnya. Meskipun tahun ajaran 2006-2007 yang lalu, sekolah ini sempat kecolongan dalam hal perolehan nilai rata-rata NEM UAN, baik jurusan PSIA maupun jurusan PSIS. SMA Plus Negeri 17 Palembang hanya mendapatkan peringkat kedua untuk jurusan PSIA dan PSIS, melepaskan penghargaan yang dari tahun ke tahun telah menjadi tradisi di sekolah tersebut. Tetapi sepertinya hasil belajar akhir siswa-siswi kelas XII tahun lalu perlu dipertanyakan mengingat adanya sekolah belum terakreditasi dan belum pernah memiliki prestasi baik siswa maupun sekolah sebagai kelembagaan, tapi dapat masuk 10 besar perolehan nilai rata-rata UAN. Atau seperti yang telah ditayangkan salah satu stasiun televisi tentang kecurangan pelaksanaan UAN di berbagai sekolah, sepertinya penurunan peringkat SMA Plus Negeri 17 Palembang tahun lalu dalam rata-rata nilai NEM tidak menjadi masalah berarti bagi masyarakat umum, terutama di kalangan orangtua berpendidikan tinggi.

Di kalangan pelajar, pendidik, dan para orangtua, sekolah ini menjadi favorit karena berbagai prestasi yang telah diukir siswa-siswinya baik di tingkat propinsi maupun di tingkat nasional. Beberapa prestasi bergengsi tingkat nasional terakhir adalah menjadi finalis Olimpiade Sains Nasional bidang kimia dan Teknologi Informatika, finalis Olimpiade Nasional Kimia yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia bulan lalu, dan finalis debat Bahasa Inggris tingkat nasional (semacam olimpiade tingkat nasional untuk Bahasa Inggris) bulan yang sama, dan beberapa prestasi lomba karya tulis tingkat nasional. Di olimpiade sains bidang kimia, sekolah ini cukup disegani di propinsi Sumatera Selatan karena telah berhasil mengirimkan siswa-siswanya menjadi wakil propinsi dalam beberapa tahun terakhir secara berturut-turut.

Mengingat sekolah baru berusia 11 tahun pada tanggal 17 Juli 2008 yang akan datang, prestasi-prestasi tersebut terbilang mengagumkan dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain yang telah berusia puluhan tahun. Dalam berprestasi memang tidak melihat umur atau gender. Satu-satunya bidang yang belum sempat memberikan penghargaan tingkat nasional adalah bidang olahraga, meskipun secara perorangan ada beberapa siswa yang berhasil menyabet penghargaan utama ranting olahraga tingkat propinsi. SMA Plus Negeri 17 Palembang harus mengakui keunggulan sekolah khusus olahraga SMA Sriwijaya Palembang di berbagai ranting olahraga.

Dalam beberapa tahun terakhir SMA Plus Negeri 17 Palembang berturut-turut selalu menjuarai lomba pelajar berprestasi terutama tingkat kota Palembang dan tingkat Propinsi Sumatera Selatan. Tahun lalu paling tidak merebut juara 1 putra tingkat propinsi, atas nama Abdul Rahman (sekarang kelas XII PSIA 3). Tahun ini lomba sejenis sedang dalam proses seleksi tingkat sekolah. Perlombaan sejenis yang menguras isi kepala tampaknya lebih menarik minat siswa-siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang dibandingkan perlombaan yang memerlukan ketrampilan fisik. Meski begitu, cukup banyak piala -bahkan bebrapa di antaranya piala juara umum dari gubernur Sumatera Selatan- yang berhasil direbut kelompok ekstra kurikuler Parisanda, suatu kelompok ekskul yang berhubungan dengan baris-berbaris.

Tidak hanya siswa-siswinya yang kreatif, kekuatan sumber daya guru SMA Plus Negeri 17 Palembang juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain banyak diminta sebagai nara sumber berbagai seminar dan penataran guru tingkat SMP atau SMA, 3 orang guru telah menyelesaikan S2, sementara belasan lainnya dalam tahap menyelesaikan thesis atau sedang menjalani kuliah di tingkat S2. Prestasi terakhir adalah juara ITSF bidang biologi, yang dipersembahkan oleh Bapak Usman, S.Si. sebagai salah seorang guru biologi. Mungkin penulis blog ini satu-satunya guru yang kurang berkreasi di bidangnya karena melakukan pengembangan kreativitas yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran yang diasuh di sekolah:)

Bagaimana Fasilitas dan Program Belajar?

Di-support oleh Speedy Telkomsel sebagai penyedia fasilitas hotspot, area kelas dan lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang terkoneksi dengan internet, hingga jam 9 malam untuk lingkungan sekolah dan 24 jam untuk lingkungan asrama. Meski tak terkoordinir, beberapa guru telah menerapkan pengiriman nilai dan tugas melalui blog, forum, website, atau alamat e-mail pribadi. Sayangnya website sekolah http://www.smun17-plg.sch.id tampaknya tidak lagi hidup, yang seharusnya dapat menjadi media pemersatu untuk menghimpun berbagai kreativitas guru untuk di-online-kan. Tetapi tampaknya mati surinya website sekolah tidak menyurutkan langkah para guru untuk memaksimalkan penggunaan hotspot di lingkungan sekolah.

Sebenarnya bangunan laboratorium cukup lengkap, dilihat dari jumlahnya. Ada laboratorium bahasa, kimia, biologi, fisika, dan TI. Tetapi tidak satu pun yang memiliki kelengkapan isi dan sarana yang sesuai syarat sebuah sekolah nasional bertaraf internasional, sebagaimana yang dinyatakan pihak pemerintah dalam SK penunjukan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Dua tahun lalu pemerintah propinsi telah mengirimkan bantuan alat-alat laboratorium tetapi kurang sesuai dengan yang diinginkan pihak sekolah untuk memaksimalkan pengelolaan pembelajaran.

Mengenai kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah, meski sempat diisukan telah menurun sejak terjadinya pergantian pimpinan sekolah, tapi nyatanya tak terbukti dengan menjadi juara I dalam Lomba Kebersihan Sekolah Tingkat Kota Palembang dan Tingkat Propinsi Sumatera Selatan, suatu prestasi yang belum pernah diperoleh sebelumnya. Meski fasilitas sekolah tak terlalu jauh berbeda dari sekolah-sekolah negeri lain, tetapi halaman sekolah yang luas tampak asri dipenuhi berbagai pohon buah-buahan. Selain dapat dinikmati hasil buahnya, berbagai tumbuhan di lingkungan sekolah dijadikan media pembelajaran biologi bagi siswa. Dengan keterbatasan sarana laboratorium, guru harus memaksimalkan lingkungan untuk menunjang proses pembelajaran.

Di SMA Plus Negeri 17 Palembang ada kelas reguler seperti program di SMA reguler umumnya, tetapi juga disediakan kelas akselerasi bagi siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) dan kelas reguler plus kurikulum internasional (kelas internasional). Kelas akselerasi telah meluluskan beberapa angkatan tetapi kelas internasional baru berjalan dua tahun terakhir. Di kelas akselerasi, siswa menyelesaikan SMA dalam waktu dua tahun. Sedangkan di kelas internasional, selain menjalankan kurikulum nasional, siswa juga menerima kurikulum internasional (O Level/IGCSE dan A/AS Level) untuk 5 mata pelajaran, yaitu Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sejauh ini, hal tersebut merupakan sisi argumentatif positif pihak pengajar di SMA Plus Negeri 17 Palembang jika dibandingkan dengan kelas internasional sejenis yang dikelola sekolah lain, baik negeri maupun swasta di lingkungan propinsi Sumatera Selatan. Bahkan ada kelas internasional di sekolah lain diajarkan oleh guru yang ‘buta’ Bahasa Inggris, sehingga guru tersebut tidak berani mengucapkan salam -sekalipun- dalam Bahasa Inggris di depan kelas. Jangan ditanya bagaimana pemahamannya terhadap soal atau buku teks berbahasa Inggris.

Dalam hal kebahasaan ini, kelima guru mata pelajaran tersebut di SMA Plus Negeri 17 Palembang dapat dijadikan contoh. Paling tidak, meskipun belajar secara otodidak tanpa campur tangan pihak sekolah, telah menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan tertulis untuk kelas internasional. Tentu saja para guru menunggu peran aktif sekolah untuk melibatkan mereka secara nyata dalam berbagai program peningkatan kualitas guru kelas internasional agar benar-benar dapat diakui secara internasional. Hingga sekarang ini kelima guru yang mengajar di kelas internasional bukanlah guru hasil seleksi tetapi ‘terpaksa’ mengajar karena keterbatasan guru di sekolah. Untungnya secara personal keempat guru tersebut (tanpa menghitung guru Bahasa Inggris) telah menguasai Bahasa Inggris -meskipun tak terlalu aktif- sebelum mereka diminta mengajar di kelas-kelas tersebut. Sehingga tidaklah menjadi masalah ketika pihak manajemen sekolah meminta soal dalam Bahasa Inggris atau saat fasilitator meminta perangkat administrasi pembelajaran dalam Bahasa Inggris penuh.

Dua kali dalam tiap semester, siswa diwajibkan melakukan BUGEMM (Budaya Gemar Membaca dan Menulis) masing-masing dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada kegiatan ini, siswa diwajibkan memiliki sebuah buku dengan syarat-syarat tertentu, yang kemudian harus dibaca dan ditulis ulang berupa rangkuman atau ringkasan -siswa boleh memilih yang disukainya- untuk dipresentasikan di depan kelas dengan satu orang peguji.

Beberapa kegiatan lain yang dikoordinir sekolah melalui kegiatan OSIS hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. Antara lain Pengukuhan Ekstra Kurikuler yaitu pengukuhan siswa-siswi kelas X menjadi anggota ekskul yang dipilihnya, Pesta Putih Hitam (PPH) yaitu pentas seni dan kreasi dan Festival Drama (FD) yaitu lomba teater antar kelas. Sedangkan Teacher Award yaitu penghargaan terhadap guru yang dilaksanakan sekitar hari guru nasional, diadakan sekali dalam dua tahun.

Berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya, di SMA Plus Negeri 17 Palembang hampir tidak mengenal istilah class meeting. Setelah melaksanakan ujian semester, siswa-siswi langsung melanjutkan pelajaran semester berikutnya. Karena itu tak heran walaupun sekolah meliburkan kegaitan belajar-mengajar lebih lama, pencapaian kurikulum tak menjadi masalah. Selain dengan masuknya semester lebih cepat, pelaksanaan KBM Plus setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat mulai sekitar jam 13.30 hingga jam 15.30 juga menjadi jalan pencapaian kurikulum bagi tiap mata pelajaran.

Perbedaan dengan sekolah-sekolah lain juga tampak pada diri siswa-siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang secara fisik. Bukan dalam hal tampang mereka lebih ganteng atau lebih cantik, tapi dalam hal kerapian dan kebersihan. Tidak ada siswa putra berambung gondrong atau hampir gondrong. Tidak ada siswa yang mengecat rambutnya. Sangat jarang ditemukan siswa dengan kemeja dikeluarkan dari dalam rok atau celana panjangnya. Kalaupun ada, dalam hitungan sangat sedikit, biasanya dilakukan secara tak sengaja oleh siswa-siswi bertubuh ‘bongsor’ atau setelah siswa-siswi kelas X tiba di asrama. Seluruh guru berpartisipasi aktif memperhatikan kebersihan dan kerapian anak didiknya dan siswa-siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang sendiri ingin menjaga citra sekolahnya tetap plus di mata rekan-rekan sebayanya di luar lingkungan sekolah.

About these ads

21 March 2008 - Posted by | SMAN 17 Palembang | , ,

84 Comments »

  1. assalamu’alaikum,…

    lanjut bu’,…
    bu’ klo boleh usul di blog nya juga
    dikasih buat chat,..
    nah kali aje anak2 yg lagi nimrung,
    bisa chatting,…
    bisa kenalan juga,…
    kan asyik bu’,..

    wassalam

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 23 March 2008

  2. Waalaikumsalam.

    Waduh yang lagi hobi chatting…!!!
    Kayaknya ga bakalan ke-handle deh.
    Tapi makasih usulnya.
    thx yah udah sempat mampir.

    Wassalamualaikum.

    Comment by wyd | 23 March 2008

  3. Hmmm, sekilas membaca tulisan ttg SMA ku…yg telah kutinggalkan
    :’(

    Jadi inget masa muda…
    hoho^^

    Comment…
    Kayaknya bakalan sering mampir…
    Entar ya Bu, aku mau menjelajah lebih jauh dulu…

    visit mine:
    http://www.rocco90.blogspot.com
    or
    http://www.rocco90.wordpress.com

    -sinsko, angk.8-

    Comment by rocco90 | 24 March 2008

  4. Emang skrg udah tua????
    Baru tau deh

    Comment by wyd | 24 March 2008

  5. wah yg saya maksud disni bukan IM,…
    tapi keq cbox.,…
    dmn semua orang yg liat nih blog,…
    bisa bicara 1 sama lain,…
    keq shoutbox gtu bu’,…
    heheee,…

    maklum bu’ internet 24jam,..
    ga tau mo apa,…
    ya pling chat doank klo ga ada kerjaan,…
    klo mo bikin blog,…
    males,..

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 24 March 2008

  6. ntar deh dipikirn lagi apa itu emang perlu. soalnya anak2 17 sendiri banyak yg ga berani ninggalin komentar krn pernah ada sedikit masalah dgn pihak sekolah tentang sebuah portal (atau situs atau forum-kurang jelas). jd yah… mereka cuma berani mampir ke sini, baca, trus pergi tanpa ninggalin jejak.

    Comment by wyd | 25 March 2008

  7. oo
    gtu ya bu’,
    semacem trauma gtu ya,..

    -,-’a

    Comment by Sofian Hadiwijaya(Inyonk) | 25 March 2008

  8. makasih buat didikannya.

    Comment by rafi | 5 June 2008

  9. sama-sama… thx udah mampir yah… tapi lain kali akan lebih baik kalau ninggalin juga dari angkatan berapa, sekarang di mana… ok?

    Comment by wyd | 6 June 2008

  10. maaf bu.
    ini rafiansa angkatan 9.
    belum sukses…hahaha
    sekarang masih di bandung.
    mohon do’anya ya bu…
    klo rafi punya salah rafi minta maaf..
    entar klo guru” masih nyimpen perasaan yg g baik ilmunya jadi susah rafi serap.(^_^)
    bentar lg mw ikut senamptn

    Comment by rafi | 11 June 2008

  11. “Mungkin penulis blog ini satu-satunya guru yang kurang berkreasi di bidangnya karena melakukan pengembangan kreativitas yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran yang diasuh di sekolah ”

    Walaupun demikian, nulis di blog kayak gini tentang sekolah kita juga suatu hal yang sangat bagus loh Bu… heheh

    abis baca ini, jadi kangen masa SMA ^^

    regards,
    Husnul

    Comment by Husnul | 11 June 2008

  12. seneng banget kalau blog ini bisa jadi jembatan dan pengobat kangen….

    mudah-mudahan ibu punya waktu buat terus nulis.

    moga husnul sukses di jalan yang diridhoi Allah….

    Comment by wyd | 12 June 2008

  13. ass….
    wOy wonk JubeL CakMn Nian Skul Qm tu…..????/
    OwY kq Mw Msk JubEl SeNnN nYo BeSak Nian…..
    Mmg Apobe sIy yaNg didApat DeNGan sEn Tu…….?

    Comment by buDak LinK_gAw | 16 June 2008

  14. wah…

    memang bangga masuk SMA 17…

    Comment by sondang | 24 June 2008

  15. sondang yang mana nih…???

    thx udah mampir yah

    Comment by wyd | 26 June 2008

  16. Buat buDak LinK_gAw:
    Satu-satunya cara masuk 17 adalah lulus tes.
    Hanya orang-orang yang ga lulus tes yang akan bilang masuk 17 cuma mengandalkan duit.
    Kalau kamu emang ga lulus tes masuk 17, yah udah, cari aja sekolah lain. Artinya bukan lewat 17 pintu suksesmu.

    Lain kali gunakan bahasa Indonesia yang dimengerti semua orang karena ibu harus pakai penterjemah untuk membaca komentarmu.

    Comment by wyd | 27 June 2008

  17. Ibu.. nih Jimmy ’00
    masih ingat g? wah kayaknya tambah exist aja nih bu Wyd.. ^_^
    gmn kabarnya Bu?
    kangen nih sama Bu Wyd.. dah lama g main k 17..
    ntar deh kapan2, he..

    maafin Bu.. elektro UNSRInya g kuterusin..
    aku kabur jadi geologist..
    skrg Jimmy msh apply sana-sini Bu.. doain y..
    salam buat semua guruku tercinta semuanya..

    Regards,
    JIMz

    Comment by Jimmy | 3 July 2008

  18. BUat HASAn ma huseN NAX 17,,

    JNGn cmbONg uEyy

    Comment by Anonymous | 9 July 2008

  19. so sweet….

    bu, numpang nanya,,

    laporan keuangan sekolah itu di audit oleh akuntan independen gak??

    kalo bisa keuangan sekolah itu di buat sebaik mingkin biar tidak ada kecurigaan,,

    lebih baik mencegah dari pd mengobati….

    Comment by ocir | 17 July 2008

  20. udah 2 tahun saya ga ikut rapat komite karena pas kerjaan butuh saya keluar. jadi saya belum bisa kasih jawaban soal ini. maaf soal ini ya…

    thx udah mampir, moga bisa memberikan manfaat.

    btw… namamu unik… ocir.

    Comment by wyd | 18 July 2008

  21. kawan-kawan tunas harapan bangsa
    wujudkan cita-cita sejati untuk menuju masa depan lebih indah

    Comment by adek_indah angk.7 | 3 September 2008

  22. Seneng…
    Tau ada Blog ini……

    Comment by Rahma Tejawati Maryama | 20 September 2008

  23. teja kan??????

    pa kabar? di mana sekarang? ditunggu beritanya yahh

    Comment by wyd | 20 September 2008

  24. waaaaaahhh..

    ada hot spotnya ya bu di 17???
    hebat hebat.. kereeenn..
    ntar kalo aku balik ke palembang boleh dong nyoba hotspot di 17… :)
    knapa gak dari jaman aku aja ya bu??
    hehehehe…

    Latdis, PPH, Festival Drama, Teacher Award, ampe BUGEMM masih ada juga??
    aduhhh.. jadi ke inget masa ‘muda’ dulu di 17..

    hahahahaahha…

    Comment by dian | 20 September 2008

  25. semua yang disebutin masih dijalani. bugemm malah 3 kali setahun.
    sekarang sistemnya udah sks kayak kuliahan. untung dian ‘jadi angkatan tua’, ga perlu ngerasain sulitnya sks :)

    Comment by wyd | 20 September 2008

  26. buat siswa/siswi di sma N +17
    KHUSUSNYA TAHUN AJARAN 2008/2009…
    RAJIN BELAJAR ZA YACH…

    Comment by Dyna NoVeRa | 27 October 2008

  27. assalamuaiakum wr wb..
    waduh bu udah lama ya ngga diajarin kimia ama ibu..hehehe..
    pa kabar nieh bu??
    semoga tuhan senantiasa memberikan karunianya…
    o ya bu saya liat nieh blog rame banget..
    sukses ya bu…

    Comment by Anonymous | 1 November 2008

  28. assalamualaikum bu…
    wadu kangen ma pelajaran kima yang ibu sampaikan dikelas..
    tapi sayang bu setahun belakangan ilmu itu kian hilang dari memori otak..
    ketimpa ama c da java…
    o ya bu keliatannya blognya rame banget..
    hebat..
    ibu wyd emang hebat…sukses ya bu..
    n mohon doanya agar kuliahnya lancar2…
    salam buat keluarga 17 ntar libur semester kita mampir ke 17..
    ditunggu ya bu..

    Comment by muhammad.fitriansyah | 1 November 2008

  29. hallo mam, tlg upload soal spmb kimianya donk plz….

    Comment by AZ | 20 November 2008

  30. @dyna novera: pa kabar???

    @muhammad.fitriansyah: udah gemukan sekarang?

    @AZ: pasti dapet tugas dari pak X guru kimia kalian yah :)

    Comment by wyd | 20 November 2008

  31. Hehm…..say hi aja dhe bwt anax2 sma plus 17…artikel na bagus….bwt yang bkn slm xnal ja…thanks bwt inpormasi nya…z

    Comment by m.ishlah | 5 December 2008

  32. hhuuuaaa..
    bca blog ini bkn kangen sma…
    jd nyesel dlu pngen cpt2 lu2s.. :((
    ap kbr 17, bu?? [haha.. pdhl baru jg 6 bln gk liat..=p]
    mksii bwt bimbinganny y buu :)
    alhamdulillah ima skrg kuliah d UI, farmasi.. :)
    gk jwh2 dr kimia y buu.. =D
    tp jdny nyesel bgt dlu ska ktidurn d jam pljrn.. ^^’
    skrg agk2 ribet jdny.. hahaha..
    maafin ima bwt slh2 ima dlu y buu..
    mhn doanya.. :)

    *btw,,
    ingt gk sm ima, bu??
    hahayy! =D

    Comment by ima-ank.X^^ | 5 December 2008

  33. Ass.

    Lm knl yach. . .q ank plmbg jg lo. .
    Tp q skh d’smg. .dl sblm ksn q dh mw dft kst tp gak jd. . №℡☆

    Comment by Mae | 6 December 2008

  34. Ass ma’am…

    Ni gita anak XII SBI. Ma’am sering salah sebut namaku. Erdina jadi erdita. So, biar simpel panggil gita aja.

    Ma’am, Blog ny bagus terutama tulisannya.

    Bentar lagi UB, soal kimianya jangan yang susah ya ma’am
    Makasih ya ma’am untuk kisi-kisi soal kimia, fotokopian contoh soal NTU. Cukup membantu.

    Akhir-akhir ini kimia jd tambah menarik. :)

    Aku link blog ma’am ya. :)

    Wass

    Comment by Gita ( yg sering dipanggil erdita) | 7 December 2008

  35. waduh bu kalo ditanyakan dah gemukan sepertinya malah kebalikannya..
    lantaran harus ngoding(bikin kode program sampai larut malam)terkadang lupa makan…..
    problem yang sering kali menghampiri mahasiswa..
    o ya salam buat teman2 sma..semangat dan jangan ragu untuk meraih masa depan impian..saya yakin dengan bimbingan guru2 berkualitas di 17 kalian semua bisa sukses kelak..apalagi masih ada bu wyd..
    soal2 kimia makin asik dan menantang…
    o ya bagi yang mau masuk ui tunggu kami datang ke jubell..
    banyak info yang ingin kami sampaikan…
    buat bu wyd..titip salam dengan guru2 yang teriring hormat dari anak didikmu ini..
    terima kasih

    Comment by muhammad.fitriansyah | 23 December 2008

  36. @muhammad fitriansyah: salam kembali dari guru-guru 17. terima kasih masih mengingat semua di 17.

    masuk UI? kayaknya semua anak 17 mau deh kecuali yang ortunya ga mau putrinya jauh2 :)

    jaga kesehatan, Yan…

    Comment by wyd | 24 December 2008

  37. ass….

    mau nanya2

    penggunaan internet di sekolah ini gimana jadwalnya

    digunakan sebagai media pembelajaran gak????

    Comment by ayie | 24 December 2008

  38. @ayie: hotspot off jam 10 malam – 6 pagi. selebihnya koneksi lancar. emang sih kadang lelet kalau yang menggunakan banyak. tapi yg begini kan emang kondisi koneksi internet di negara kita.
    saya pribadi, terutama buat international class, terbantu banget dengan adanya koneksi ini. pengiriman tugas, nilai kimia lewat e-mail karena saya ga tiap hari di sekolah, website2 luar yang bagus banget, presentasi online, tugas2 anak yang harus dicari dari media, tentu internetlah yang paling mudah buat mereka.

    Comment by wyd | 24 December 2008

  39. semoga cita2 saya tercapai. :D
    amin.

    Comment by ochie | 27 December 2008

  40. cara daftar hotspotnya gimana ya? blz

    Comment by L | 27 December 2008

  41. @ochie: semoga Tuhan Maha Kasih memberikan yang terbaik untukmu. amiiin

    @ L: sama seperti hotspot yang berlaku di tempat lain, tinggal masukkan password yang diberikan. jangan lupa daftarkan dulu laptopmu agar bisa dilacak siapa yang menggunakan IP dengan nomor tertentu.

    Comment by wyd | 30 December 2008

  42. assalamualaikum.
    bu,yg ngurus ney publikasi….salam dari aq penjelajah internt yg gk seru…tapi cakep dan lucu ….(cieee,,,lg demem nich bu…)maf kalo ngomongnya rather ngawur……..aq fans bratnya sman plus negeri 17 palembang nic bu…mw bilang ma aldy kelas aksel spy gk cmbuong….udh gt aj makacih ney sblumnya….salam radius ber_km-km……………………..

    Comment by radius ber_km-km | 14 January 2009

  43. aq mau masuk SMA ni..
    gmn craNya ya… ???

    Comment by asih lubuklinggau | 25 January 2009

  44. @lubuklinggau: dari smp mana nih? tanggal 24 january 2009 kemaren anak2 kelas 1 dari 17 promosi ke sekolah asalnya. kalau di sekolahmu ada anak yang sekarang masih di 17, pasti ada yang datang ke sekolahmu. kalau pun ga, pasti ada brosur yang dikirimkan ke sekolahmu.

    Comment by wyd | 27 January 2009

  45. hy anx xma 17 q anx smansa ultra bt cew cew NYA LAM KNL BY ANX LAYO

    Comment by RAMA | 3 February 2009

  46. gmana y mzk 17?ssh ngk ?
    q jd kpn nech!

    Comment by zzzzzzzzz | 12 February 2009

  47. eh iy testna kpn y

    Comment by zzzzzzzzz | 12 February 2009

  48. @zzzzzzzzz: silakan lihat pengumuman di link website di atas.
    tes biasanya hari minggu.
    kalau kamu memberikan alamat email, pasti bisa dikirimkan langsung ke alamatmu.

    kalau ikut rentetan tes dan lulus, maka kamu berhak menjadi calon siswa 17.

    Comment by wyd | 12 February 2009

  49. mkcih ya info nya?

    Comment by zzzzzzzzzzzzzzzz | 16 February 2009

  50. aqu mau msug 17 nih . tp, klo boleh tau kisi-kisi soalnya gmn yah ? ktnya byk plajaran sma gtu .

    Comment by yasintaputri | 18 February 2009

  51. @yasintaputri: daftar dulu… pelajari semua materi sains, bahasa inggris dan bahasa indonesia, geografi dan ekonomi yang telah diajarkan guru smp-mu. semua soal mengacu pada kurikulum smp, bukan sma… good luck!

    Comment by wyd | 18 February 2009

  52. asslkum, bu j-lo
    ato tepetnyo yng ngaku kembarannya j-lo
    wkekekkk
    ai, kangen nah laju mo jubels
    po kabar 17 skrang bu?

    Comment by deni ak.a demon | 10 March 2009

  53. lama nggak liat SMA 17…
    sering lewat, tapi nggak mampir…
    pengen mampir si…

    Atmaja Akbar stambuk 2003

    Comment by Atmaja Akbar | 19 March 2009

  54. bingung buat karya tulis….
    gmna si caranya bikin karya tulis…..
    buat yg berbaik hati ajarin dunk….

    hehehehehe,,,,,

    Comment by black | 22 March 2009

  55. @black: pertama harus tahu dulu siapa yang akan nulis karya tulis ini (untuk SD, SMP, SMA, kejuruan, umum, instansi tertentu, mahasiswa), trus untuk apa (tugas atau lomba). tapi secara umum layout karya tulis sama untuk siapa aja. cuma isinya (kualitas isi) yang membedakan.
    materi tulisan bisa browsing di internet atau datang langsung ke lokasi data.
    semoga jawaban ini bermanfaat.
    thx udah berkunjung.

    Comment by wyd | 22 March 2009

  56. duuuuuuuuch , , , , ,
    kaya_na crta_na lebay dech . . . . .

    inget , , masih bnyk skul yg lbh bgz dr skul ne . . .

    so . . . (……)

    Comment by sfseefrewf | 7 April 2009

  57. @sfseefrewf: kalau kamu bukan warga 17, tentu kamu ga tahu apa2. jangan2 malah belum tahu di mana letak 17 atau dilarang satpam untuk bisa masuk?

    kalau kamu warga 17 yang baru saja dinyatakan diterima tapi belum legal (masih nunggu kelulusan smp dan kelulusan latdis di 17), lihat tanggal penulisan naskah itu. 17 adalah suatu lembaga. apa yang terjadi hari ini bisa saja berbeda 180 derajat dengan keadaannya sekarang.

    saya sebagai warga 17 tidak pernah menyebutkan dalam artikel di atas bahwa sekolah ini adalah sekolah terbagus. tapi kalau para orang tua dan anak2 smp menjadikan 17 sbg sekolah pilihan utama mereka alias sekolah favorit mereka, warga 17 ga pernah menolak.

    sayang, alamat link yang kamu tinggalkan adalah alamat palsu… dari ini, saya yakin kamu bukan warga 17. karena anak2 17 dididik berani menyatakan pendapat tapi sekaligus berani mempertanggungjawabkannya.

    kenapa kamu harus malu mengakui dari mana kamu berasal :)

    Comment by wyd | 7 April 2009

  58. lam pada meigita gamayanti di smanjubel klas x, aku kangen ama kamu

    Comment by budi dermawan | 1 May 2009

  59. masuki q dunk k sma n 17 q kn pengennnnnnnn bgt cri gw ya gw ada di smp n 14 plg q tnggu yyyyyyyyyyyyyyyy cptn n ngbutt okkkkkk

    Comment by mardiah ulfa | 7 May 2009

  60. smoga aja 17 sukses slalu

    Comment by Anonymous | 21 May 2009

  61. kangen sama 17 !!
    *baru kemaren lewat..haha

    Comment by wahyu | 10 July 2009

  62. wow…salut deh bwat 17… i lop u pul =D

    Comment by RoNa | 20 July 2009

  63. kykny asyik tu sma 17, tpi terlalu ketat, aq takut msuk di sna, tpi aq kepingin

    Comment by safari | 29 December 2009

  64. gk jdi deh aq kepinginny, aq kn ‘g trlalu PINTER

    Comment by safari | 29 December 2009

  65. ya apun susah juga masuk di 17 yaa

    Comment by De Princess | 2 February 2010

  66. Jd pengen cpt2 msk SMA Plus 17

    Comment by Gita Sriwijayanti | 19 February 2010

  67. Mohon Infonya tentang pengumuman Ujian PSB Tahap II dong. kapan diumumkan dimana mau liat nama & nomor ujian yang lulus. Makasih.

    Comment by dona sinaga | 25 February 2010

  68. gilak keren banget baru liat gua SMA sekeren ini .
    sumpehloh .
    kepala sekolahnya pasti smart banget .

    Comment by agung | 25 February 2010

  69. aku jadi sayang untuk meninggalkannya ….

    Comment by julianti | 1 March 2010

  70. rindu….and kangen…..

    Comment by yan wahyudi | 5 April 2010

  71. kira2 berapa uang pendaftaran kalw 3 calon siswa

    Comment by rahmad | 14 June 2010

  72. as..
    saya okta dri lampung.
    jlas ny sya sklah kls 9 d.SMP N 1 Tumijajar,Tulang bawang barat, lampung.
    sya slh 1 murid yg da d.klas unggulan d.sni.
    sya ingn skli msuk d.sma 17, ttpi sya tdk t.lalu pntar dan bkan dari org yg bnar2 kaya.
    alasan sya mw msuk sna adlh: wlwpn saya bkn murid yg pntar,ttpi sya fkir skrg yg d.cri bkn mrid pntar, ttpi murid CERDAS.
    apakah ada beasiswa untuk murid bru yg b.prstasi & tnpa prlu mnyiapkan deposite minimal 1oo.000.00 ??

    Comment by okta | 23 July 2010

  73. @okta: sekolah juga mencari anak2 yang cerdas dengan etika yang baik, bukan anak2 yang ortunya berlebihan secara materi. jika kamu memang lulus tes, bisa menunjukkan sertifikat/bukti asli berbagai prestasi baik nas/regional, kamu akan diterima dengan beasiswa.

    jika kamu ga mampu secara materi untuk akomodasi selama tes, silakan hub pengelola blog.

    thx

    Comment by Anonymous | 29 July 2010

  74. kayaknya seru nian ya jadi anak sma17 pengen bangat de gwa???

    Comment by jhosep | 18 September 2010

  75. Ibu Wyd.. maaf baru balas.. saya baru berkunjung ke blog ibu lagi..
    kabar saya sehat, Bu.. sekarang masih kuliah.. lagi mengerjakan tugas akhir. Doakan semester depan selesai Bu.
    Bu, saya mau fokus ke bioteknologi molekuler dan ada hubungannya dengan biokimia terutama dibidang medis.. Doakan saya Bu…. ^__^

    Comment by rahma tejawati maryama | 16 December 2010

  76. kayak nya sma 17 nTu mang bgussss

    pieee wOw,,,,,,,belajar nya ketat amat

    klu q masuk sana mungki aqu akan jadi orang yang paling bodoh disana ya………….!!!

    Comment by ida messy | 4 February 2011

  77. ass

    kayak nya apa kata kk k g di atas itu benar
    sekalian jga kan buk bisa menanyakan tentang sman plus 17.
    kalau kmi menanyakan sesuatu dan kmi harus ke palembang kan kami agar gerogi buk dan tegang kalu di chat itu bisa lebih akrab gitu buk

    Comment by putri misbawati | 4 February 2011

  78. saya sgt kagum dg acara osis jubel bgi2 donk kiat suksesnya

    Comment by yunita ika sari | 13 March 2011

  79. saya harap,
    biayanya sedikit lebih murah,biar orang yg menengah ke bawah bisa bersekolah di sana, aminnnnnnnnnnnn

    Comment by rama | 17 March 2011

  80. @rama: tersedia beasiswa untuk anak2 yang tidak mampu secara ekonomi namun lulus tes masuk. beasiswa yang diberikan bervariasi hingga 100%.
    SMAN 17 pernah meluluskan seorang anak yatim dan ibunya adalah seorang buruh cuci pakaian. anak tsb bahkan mendapat beasiswa ke malaysia setelah lulus SMAN 17. ada juga anak2 yang orang tuanya bekerja sebagai tukang becak, supir angkot, penjaga kebun, dll.

    Comment by wyd | 18 March 2011

  81. saya ingin masuk d SMA 17 !!

    Comment by lrz | 30 March 2011

  82. permisi
    mau tanya nih..
    kalau tes buat msuk sma 17 plg yg tuk kls 9 thun nih kpn ya?
    jka da infonya tlong dikbrin ya

    mksh

    Comment by fenny merselly | 29 September 2011

  83. bisa minta alamat lengkap serta nomer telfon sekolah ini,jika admin membaca tolong feedback tulisan saya ini ya..
    bisa balas ke alamat email saya yoga.pratomo@fremantlemedia.co.id
    -thx-

    Comment by yoga | 31 October 2011

  84. huwaaaaa…………
    kangen jubels…..
    kangen kantin…….
    kangen asrama…….
    kangen latdis……
    kangen rolling class sambil lari lari bareng……
    kangen pas tidur d kelas……
    kangen dihukum lari keliling lapangan satu kelas sambil gigit bunga kemboja…….
    pokok ny kangen semuaaaaa nya,,,, T^T…

    Comment by silvie | 23 January 2012


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s